Contoh Soal dan Jawaban Persediaan Metode Fifo Periodik

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban persediaan metode fifo periodik dan perpetual menjadi bagian dari sistem pencatatan dan asumsi biaya pokok penjualan. Ketika menentukan hpp dan nilai persediaan akhir perusahaan dapat menerapkan kebijakan akuntansi fifo, lifo, average, identifikasi khusus bahkan metode ritel.

Cara menghitung hpp dengan metode fifo, average, identifikasi khusus, lifo bahkan ritel berhak dijadikan sebagai beban pengurang penghasilan kena pajak. Fifo adalah metode persediaan barang dimana barang yang diperjualbelikan diambil dari barang yang pertama kali masuk ke kartu persediaan barang jadi entitas.

Alasan perlu pencatatan biaya persediaan dengan metode fifo dan lifo adalah perusahaan harus menentukan biaya barang yang diperjualbelikan selama penjualan berlangsung. Metode laba bruto cocok digunakan untuk perusahaan supermarket dan entitas yang mengalami kerugian ditahun berjalan karena adanya kebakaran.

Contoh Soal dan Jawaban Persediaan Metode Fifo Periodik

Akuntansi Persediaan Barang Dagang Perusahaan Manufaktur

Akuntansi persediaan barang dagang perusahaan manufaktur dan dagang akan dipertimbangkan sebagai upaya melaporkan harga pokok penjualan barang di laporan laba rugi komprehensif. FOB destination point artinya biaya pengiriman barang dan kerusakan sebelum barang sampai gudang pembeli akan ditanggung penjual.

Persediaan barang di laporan posisi keuangan terdiri dari persediaan barang di gudang, persediaan barang konsinyasi dan persediaan dalam perjalanan. FOB shipping point artinya biaya pengiriman barang dan pemilikan barang akan beralih ketika barang sudah berangkat dari gudang penjual.

Sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang harus dapat memisahkan antara pertanggungjawaban pihak gudang dengan produksi. Pemakaian bahan baku dan pengeluaran barang untuk diperjualbelikan harus dapat diperhitungkan secara akurat untuk mempertimbangkan biaya perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Soal Persediaan Metode Fifo Periodik dan Perpetual

Contoh soal persediaan metode fifo periodik dan perpetual akan menghasilkan nilai harga pokok penjualan dan persediaan akhir yang sama. Sistem periodik artinya perusahaan akan melakukan pengecekan sisa barang dagang melalui pengamatan langsung dengan program stock opname inventory.

Siklus akuntansi perusahaan dagang dimulai dari pemberian bukti transaksi oleh pelanggan dan supplier yang diperhitungkan sebagai hutang dan piutang. Asumsi dasar akuntansi terdiri dari basis akrual dan prinsip keberlangsungan usaha sehingga neraca saldo diharapkan mampu memberikan informasi beberapa tahun kemudian.

Contoh soal dan jawaban persediaan metode fifo perpetual dan periodik terjadi pada PT Masraffi yang berhasil menjual kendaraan sebanyak 14.000. Hitunglah nilai persediaan akhir dan harga pokok penjualan barang apabila kartu persediaan kendaraan menunjukkan informasi sebagai berikut:

TanggalPembelianPenjualanSaldo Awal
Unit Harga
01/08/20214000 @Rp 4,500
06/08/202120.000 Rp 5.000
12/08/202116.000 Rp 6.000
15/08/202115.000
21/08/20212.000 Rp 5.700

Baca Juga: Download Aplikasi Persediaan Barang Dagang Fifo dan Rata-Rata Tertimbang

Cara Menghitung Hpp dan Persediaan Akhir Metode Fifo Periodik

Cara menghitung hpp dan persediaan akhir metode fifo periodik akan mempengaruhi laba bersih yang dilaporkan perusahaan. Perbedaan fifo dan lifo adalah jenis barang yang dikeluarkan perusahaan dari gudang untuk memenuhi pesanan pelanggan dan biaya pembelian barang yang dilaporkan pihak purchasing.

Barang tersedia untuk dijual adalah persediaan barang awal ditambah pembelian serta pengurangan retur barang serta potongan diskon pembelian. Persediaan merupakan aset material yang dimiliki perusahaan dagang sebagai upaya memperoleh penghasilan dari transaksi penyerahan barang kena pajak.

Metode fifo first in first out dapat dipergunakan entitas untuk melaksanakan sistem persediaan barang dagang mulai dari penyerahan barang sampai penagihan. Persediaan yang terbakar dapat dihitung secara fisik melalui metode stock opname. Adapun cara menghitung hpp dan persediaan akhir metode fifo periodik adalah

TanggalJumlahHarga Total Biaya
06/08/202110.000 Rp 5.000 Rp 50.000.000
12/08/202116.000 Rp 6.000 Rp 96.000.000
21/08/20212.000 Rp 5.700 Rp 11.400.000
Persediaan Akhir28.000 Rp 157.400.000
Barang Tersedia Untuk Dijual Rp 225.400.000
Persediaan Akhir Rp 157.400.000
Harga Pokok Penjualan Rp 68.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan yang Terbakar dengan Metode Laba Kotor

Demikian contoh soal dan jawaban persediaan barang dagang metode fifo periodik dan perpetual sebagai dasar menentukan laba bersih tahun berjalan. Sistem informasi akuntansi persediaan harus dapat memberikan informasi tentang jenis barang dagang yang masih tersisa digudang produk jadi.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Persediaan Metode Fifo Periodik"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel