Cara Mencatat Transaksi Pembelian Barang Secara Tunai dan Kredit di Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara mencatat transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit di accurate online dan accurate dekstop versi 5 menjadi tindakan untuk menambah dan mengurangi jumlah barang di gudang. Bagaimana langkah-langkah membuat invoice uang muka dengan accurate memerlukan bantuan faktur pajak penjualan oleh pelanggan.

Langkah-langkah input pesanan pembelian, penerimaan barang, faktur pembelian dan retur pembayaran tagihan harus diselenggarakan untuk setiap dokumen penagihan. Pembelian tunai adalah pembelian bahan baku oleh perusahaan dimana barang akan dikirimkan setelah perusahaan melakukan pelunasan tagihan kepada supplier.

Cara mencatat transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit di accurate bertujuan agar setiap barang yang diterima ditagih sesuai harga kesepakatan. Sistem pengendalian internal persediaan dapat menggunakan metode perpetual dan metode fisik untuk menilai harga pokok penjualan dan nilai persediaan akhir.

Cara Mencatat Transaksi Pembelian Barang Secara Tunai dan Kredit di Accurate Online

Perbedaan Pembelian Tunai dan Pembelian Kredit dalam Akuntansi Keuangan

Perbedaan pembelian tunai dan pembelian kredit dalam akuntansi keuangan diperlukan sebagai sarana menentukan alokasi pembagian laba rugi persekutuan. Pembelian tunai berakibat pada penurunan jumlah kas yang dimiliki perusahaan untuk membayarkan barang yang dipesanan pada waktu barang akan dikirimkan.

Bedanya pembelian tunai dan kredit terdapat pada pembayaran kas untuk mendatangkan barang tersebut. Cara mencatat transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit di accurate online harus melampirkan bukti pendukung transaksi seperti surat jalan, surat pesanan barang dan faktur pajak pembelian sebagai ppn masukkannya.

Pengertian pembelian tunai adalah pembelian barang yang diselenggarakan secara tunai ketika barang sampai digudang pembeli. FOB shipping point dan FOB destination point bertujuan menentukan pertanggungjawaban pengiriman barang oleh penjual yang dimulai dari gudang penjual atau gudang pembeli.

Baca Juga: Cara Membuat Nomor Batch di Accurate

Cara Input Pesanan Pembelian dan Penerimaan Barang di Accurate Online

Cara input pesanan pembelian dan penerimaan barang di accurate online dilakukan sebagai upaya pembiayaan biaya perusahaan. Pembiayaan beban produk adalah proses perhitungan harga pokok penjualan barang untuk menetapkan harga jual yang menguntungkan bagi perusahaan selama waktu tertentu.

Cara input penerimaan barang dan pesanan pembelian pada accurate dekstop versi 5 memerlukan informasi tentang permintaan pembelian barang. Setiap kali adanya permintaan barang maka perusahaan dapat mengajukan permohonan pembelian diserta dengan harga barang sesuai kesepakatan diawal.

Cara mencatat transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit di accurate online menjadi materi komputer akuntansi. Software accurate berasal dari negara indonesia. Format database accurate adalah gdb. Adapun langkah-langkah input pesanan pembelian dan penerimaa barang di accurate sebagai berikut:

  1. Buka aplikas Accurate Dekstop atau Accurate Online
  2. Pergi ke Modul Pembelian
  3. Pilih menu Pesanan Pembelian > New
  4. Masukkan detail barang yang ingin dipesan dan suppliernya
  5. Masukkan estimasi waktu kedatang barang
  6. Tunggu bagian gudang melakukan input barang ketika terjadi penerimaan barang
  7. Klik simpan.

Baca Juga: Cara Mengatur Termin Pembayaran di Myob Accounting

Cara Input Transaksi Pembelian Barang Secara Tunai dan Kredit di Accurate

Cara input transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit di accurate memerlukan bukti transaksi berupa faktur pembelian dan faktur pajak masukan. Tanggal faktur pajak masukan dan invoice pembelian haruslah sama untuk mengakui adanya pemungutan dan penyetoran pajak pertambahan nilai.

Cara memasukkan transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit pada accurate online dan accurate dekstop bertujuan agar seluruh persediaan barang dagang dapat dicatat secara akurat. Contoh program komputer akuntansi selain accurate adalah zahir, myob dan jurnal yang dapat disesuaikan kebutuhan anda.

Cara input faktur pembelian barang di accurate memerlukan informasi tentang harga beli, kuantitas barang dan pajak pertambahan nilai yang harus dibayarkan. Faktur pajak pembelian dapat dikreditkan pada masa yang sama dengan pelaporan spt masa ppn dengan batas waktu maksimal 3 bulan dari penerbitan faktur tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Rekonsiliasi Bank di Accurate

Demikian cara mencatat transaksi pembelian barang secara tunai dan kredit di accurate online dan accurate dekstop sesuai kebijakan akuntansi keuangan. Sistem pengendalian internal persediaan dapat menggunakan sistem perpetual dan sistem periodik untuk menghitung hpp dan nilai persediaan akhir barang dagang.

0 Response to "Cara Mencatat Transaksi Pembelian Barang Secara Tunai dan Kredit di Accurate Online"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel