Cara Membuat Rekonsiliasi Bank di Accurate Online dan Dekstop

Konten [Tampil]

Cara membuat rekonsiliasi bank di accurate online dan dekstop menjadi salah satu transaksi keuangan bulanan perusahaan. Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah tindakan perusahaan menyamakan saldo kas dengan rekening koran pada waktu diterbitkannya laporan bulanan oleh perbankan.

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank pada accurate 5 dan accurate online memudahkan pencatatan jurnal umum untuk mengakui pendapatan dan biaya perusahaan. Modul kas bank accurate berfungsi untuk menentukan tingkat penggunaan kas sebagai metode pembayaran utama dan penerimaan pelunasan tagihan pelanggan.

Cara melihat saldo bank di accurate berfungsi mengetahui saldo akhir untuk proses penjadwalan pembayaran. Menu rekonsiliasi bank pada accurate versi 5 terdapat di pilihan menu kas bank. Modul kas bank berisikan menu pembayaran, buku mutasi transaksi bank, penerimaan kas dan rekonsiliasi bank.

Cara Membuat Rekonsiliasi Bank di Accurate Online dan Dekstop

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank di Accurate 5

Contoh soal rekonsiliasi bank di accurate 5 berperan sebagai dasar pembuatan jurnal penyesuaian untuk biaya dan pendapatan lain-lain. Penyebab terjadinya perbedaan saldo kas dan rekening bank adalah tertundanya pencatatan transaksi dan terjadinya kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh nasabah atau perbankan.

Contoh soal rekonsiliasi bank di accurate online dan 5 bertujuan agar saldo akhir rekening giro akan sama dengan saldo di laporan perbankan. Penyebab perusahaan melakukan rekonsiliasi adalah mengakui pendapatan jasa giro dan biaya administrasi bank yang langsung dipotongkan dari rekening perusahaan.

Fungsi rekonsiliasi bank pada accurate adalah menerapkan sistem pengendalian internal untuk mengkoreksi setiap transaksi yang terjadi. Berbagai transaksi yang bukan termasuk bagian dari penjualan produk secara umum dicatat melalui modul kas dan bank untuk setiap pengggunaan dana perusahaan.

Baca Juga: Cara Mencatat Retur Pembelian dan Penjualan pada Accurate

Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank pada Accurate 5 dan Online

Langkah-langkah rekonsiliasi bank pada accurate 5 dan online harus diselenggarakan untuk memaksimalkan laba perusahaan. Penerimaan kas dan pengeluaran kas yang bukan berasal dari aktivitas bisnis seperti bunga, jasa giro dan biaya non produksi akan dicatat melalui modul banking.

Cara melakukan rekonsiliasi bank di accurate online dapat dilaksanakan dengan meminta terlebih dahulu rekening koran. Nilai mata uang yang digunakan haruslah sama dengan rekening bank. Membatalkan proses rekonsiliasi bank hanya perlu menghapus transaksi yang sudah dicentang oleh akuntan.

Bagaimana cara rekonsiliasi bank di accurate menjadi fitur andalan untuk memeriksa saldo kas diakhir periode. Menu rekonsiliasi bank pada accurate versi 5 terdapat di pilihan menu kas bank. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaian atas transaksi rekonsiliasi rekening bank pada aplikasi accurate sebagai berikut:

  1. Login ke Accurate Online
  2. Gunakan akun kasir
  3. Pilih modul Kas Bank > Menu Rekonsiliasi Bank
  4. Masukkan saldo akhir periode berjalan sesuai rekening koran
  5. Pilihlah tanggal rekonsilias yang diinginkan.
  6. Perhatikan transaksi yang belum pernah dicatat oleh perusahaan.

Baca Juga: Cara Melakukan Pembiayaan Pesanan di Accurate

Cara Membatalkan Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank di Accurate Dekstop

Cara membatalkan jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank di accurate dekstop hanya dapat dilakukan oleh supervisor accounting. Mengubah hak akses melihat dan mencatat transaksi akan memudahkan dilakukannya pemeriksaan laporan keuangan terutama untuk tujuan pelaporan pajak penghasilan badan.

Siapakah yang melakukan proses rekonsiliasi bank? yaitu pihak supervisor akuntan untuk menilai kinerja dari bagian kasir. Ketika melakukan rekonsiliasi bank kita perlu memperhatikan informasi keuangan terutama batas waktu pencatatan transaksi sebelum perpindahan masa atau periode pencatatan.

Cara membatalkan rekonsiliasi bank di accurate 5 memerlukan bantuan dari pihak supervisor akuntansi. Jurnal penyesuaian yang telah dibuat harus dapat menyesuaikan transaksi yang terjadi. Mata uang yang digunakan haruslah sama dengan rekening bank untuk meminimalisasi selisih kurs mata uang asing.

Baca Juga: Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Accurate

Demikian cara membuat rekonsiliasi bank di accurate online dan dekstop sesuai program komputer akuntansi myob. Penerimaan dan pembayaran kas selain untuk pembelian bahan baku dan penjualan barang jadi akan dicatat oleh perusahaan melalui modul kas dan bank untuk memudahkan alokasi informasi keuangan.

0 Response to "Cara Membuat Rekonsiliasi Bank di Accurate Online dan Dekstop"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel