Rumus Persamaan Dasar Akuntansi dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Rumus persamaan dasar akuntansi dan contoh soalnya diperlukan untuk membuktikan adanya keterkaitan antara akun riil dan akun nominal. Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi bertujuan menentukan akun yang digunakan dalam jurnal umum sesuai asersi manajemen yang dipergunakan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi dan jawabannya terjadi pada perusahaan dagang, jasa dan manufaktur. Hubungan akun riil dengan laporan posisi keuangan atau neraca adalah akun yang dipergunakan berfungsi menerangkan komposisi sumber daya kekayaan perusahaan yang berasal dari hutang atau modal.

Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi harus dapat membuktikan adanya siklus akuntansi. Siklus akuntansi adalah proses pencatatan bukti transaksi yang diawali dengan jurnal umum, jurnal penyesuaian, jurnal penutup dan jurnal pembalik atas penyesuaian yang telah dilakukan dimasa lampau oleh perusahaan.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi dan Contoh Soal

Unsur-Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi terdiri dari komponen aktiva, liabilitas, ekuitas perusahaan. Laporan posisi keuangan adalah laporan yang memuat informasi kekayaan perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis yang berasal dari pinjaman pihak ketiga atau setoran modal pemilik sesuai akta pendirian yang disepakati.

Sebutkan perubahan dalam komponen persamaan dasar akuntansi akan meliputi aset, hutang dan modal perusahaan. Kesalahan dalam penyusunan neraca saldo berdampak pada kewajaran saldo dilaporan keuangan terutama untuk item-item yang memiliki nilai material dalam proses penyusunannya.

Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa hampir sama. Ketidaksesuaian neraca saldo dan buku besar pembantu piutang, hutang dan persediaan berakibat pada ketidakseimbangan laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan untuk tujuan pelaporan pajak penghasilan badan.

Baca Juga: Contoh Soal Payback Period Mesin dan Kendaraan

Rumus dan Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus dan contoh soal persamaan dasar akuntansi harus menerbitkan izin dari perusahaan ketika mengadakan audit laporan keuangan. Entitas harus dapat menerapkan prinsip akuntansi yang berterima umum yaitu memiliki keberlangsungan usaha dan informasi keuangan harus dapat diandalkan ketika pengambilan keputusan.

Rumus persamaan dasar akuntansi adalah harta harus sama dengan hutang dan modal perusahaan. Liabilitas dan ekuitas dianggap sebagai sumber kekayaan perusahaan yang berguna ketika entitas menjalankan kebijakan akuntansi terutama melaporkan harta kekayaan untuk tujuan perpajakan.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa terjadi pada PT Masraffi yang didirikan dengan menyetorkan kendaraan seharga Rp 41.150.000 dan kas senilai Rp 11.210.000. Bagaimana analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi yang diperlukan?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Kendaraan Modal Mamas Raffi
- Setoran Awal Rp 11.210.000 Rp 41.150.000 Rp 52.360.000

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Penggabungan Usaha

Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya

Contoh soal essay persamaan dasar akuntansi dan jawabannya diperuntukkan bagi perusahaan yang akan berdiri. Siklus akuntansi harus dapat menerangkan komponen laporan keuangan syariah dan konvensional. Fungsi utama persamaan akuntansi adalah menerangkan penggunaan modal dan liabilitas perusahaan.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay persamaan dasar akuntansi terjadi ketika PT Masraffi mengadakan pembelian kredit senilai Rp 44.500.000 dan tunai sebesar Rp 11.300.000. Bagaimana cara menganalisis transaksi keuangan berdasarkan bukti transaksi yang didapatkan dari pelanggan atau supplier tersebut?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Peralatan Modal Mamas Raffi
- Pembelian Tunai Rp (11.300.000) Rp 11.300.000
- Pembelian Kredit Rp 44.150.000 Rp 44.150.000

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang terjadi pada PT Masraffi yang melakukan pembayaran hutang senilai Rp 14.260.000 dan biaya telepon senilai Rp 11.000.000. Bagaimana analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi yang harus dibuat?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Modal Mamas Raffi
- Pembayaran Tagihan Rp (14.260.000) Rp (14.260.000)
- Bayar Sewa Rp (11.000.000) Rp (11.000.000)

Baca Juga: Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi

Demikian rumus persamaan dasar akuntansi dan contoh soalnya melalui materi akuntansi pengantar perpajakan. Aktiva perusahaan harus sama dengan liabilitas dan ekuitas yang telah dihitung berdasarkan saldo laporan keuangan perusahaan sesuai kebijakan akuntansi yang telah diterapkannya.

0 Response to "Rumus Persamaan Dasar Akuntansi dan Contoh Soal"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel