15 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya

Konten [Tampil]

15 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya menjadi pembahasan materi akuntansi pengantar. Apa itu jurnal umum, pengertian persamaan dasar akuntansi dan prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum harus dilaksanakan untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan setiap periodenya.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana perusahaan dagang dan jasa menjadi prioritas dalam pelaksanaan sistem informasi keuangan. Kebijakan akuntansi harus dapat mendistribusikan seluruh kekayaan perusahaan sebagai dasar pembayaran pajak penghasilan dan pelaporan spt tahunan badan.

Cara membuat jurnal umum dari bukti transaksi merupakan langkah awal sebuah pembukuan dilaksanakan. Jurnal umum dikenal dengan istilah book of original entry. Setiap transaksi sebelum dimasukkan ke buku besar harus dicatat pada jurnal khusus dan jurnal umum yang diterbitkan oleh perusahaan.

15 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal dan jawaban jurnal umum perusahaan dagang dan jasa diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mengalokasikan informasi keuangan. Fungsi utama jurnal umum adalah alat pencatatan yang menggambarkan pengaruh transaksi terhadap akun riil dan akun nominal pada saat pembentukan laporan keuangan.

15 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya akan memberikan gambaran secara kronologis dan menyediakan ruang untuk mencatat keterangan dari transaksi tersebut. Apabila transaksi langsung dicatat pada buku besar, mengakibatkan kesulitan dalam mendeteksi kesalahan dan proses audit laporan keuangan perusahaan.

Contoh soal jurnal umum perusahaan jasa terjadi pada PT Masraffi yang menerima uang muka sebesar 40% dari total tagihan sebesar Rp 84.200.000. Apabila PT Masraffi memberikan kebijakan penjualan kredit kepada pelanggan, bagaimana cara membuat jurnal pendapatan jasa dan pendapatan lain-lain?

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Pembahasannya

Cara Menentukan Nama Akun di Jurnal Umum

Cara menentukan nama akun di jurnal umum diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mempublikasikan laporan keuangan. Jurnal adalah alat pencatatan pertama kali setelah perusahaan mendapatkan bukti transaksi. Setiap penerimaan dan pengeluaran kas harus mempublikasikan informasi keuangannya.

Bagaimana cara menentukan nama akun pada saat pembuatan jurnal umum harus dapat berkaitan dengan transaksi yang dilakukan. Posting buku besar adalah kegiatan memindahkan informasi keuangan ke buku besar pembantu piutang, hutang dan persediaan untuk diketahui mutasi penambahn dan pengurangannya.

Cara menentukan nama akun pada saat menyusun jurnal umum dari bukti transaksi dapat menggunakan asersi manajemen. Entitas memiliki hak untuk menentukan pengklasifikasian biaya dan pendapatan sesuai asersi manajemen yang digunakan. Adapun langkah-langkah membuat jurnal umum adalah

  1. Meminta bukti transaksi dari pelanggan atau supplier
  2. Melakukan proses asersi manajemen
  3. Mengklasifikasikan transaksi sesuai peruntukkannya.

Baca Juga: Cara Install E-SPT PPh Pasal 4 Ayat 2 Versi 2.0

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Jasa

Langkah-langkah membuat jurnal umum perusahaan dagang dan jasa diawali dengan mengetahui proses asersi manajemen. Manajemen memiliki hak untuk mengkategorikan biaya dan pendapatan dalam rangka mengukur kinerja perusahaan selama satu periode sesuai laporan laba rugi komprehensif.

Prinsip dasar dalam membuat jurnal umum adalah mengetahui sifat-sifat akun nominal dan akun riil. Akun nominal adalah akun yang dipergunakan menilai kinerja perusahaan. Akun riil adalah akun yang menunjukkan total kekayaan perusahaan selama penerapan prinsip keberlangsungan usaha perusahaan.

15 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin posting ke buku besar. Bagaimana cara menganalisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi berdasarkan aktivitas pendapatan jasa dan penjualan barang kena pajak sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2022Kas Rp 37.048.000
Uang Muka Pembelian Rp 33.680.000
PPN Keluaran Rp 3.368.000
(Jurnal penerimaan uang muka pembelian)
10/08/2022Barang Dikirim Rp 67.360.000
Persediaan Barang Dagang Rp 67.360.000
(Jurnal pengiriman barang ke pelanggan)
12/08/2022Piutang Rp 55.572.000
Uang Muka Pembelian Rp 33.680.000
Penjualan Rp 84.200.000
PPN Keluaran Rp 5.052.000
HPP Rp 67.360.000
Barang Kirim Rp 67.360.000
(Jurnal penjualan barang dagang)

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Pembiayaan Produk Berdasarkan Pesanan

Demikian contoh soal jurnal umum dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Jurnal umum merupakan sistem pembukuan pertama perusahaan setelah mendapatkan bukti transaksi dan harus dilaporkan berdasarkan tingkat penjualan yang ada di perusahaan tersebut.

0 Response to "15 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel