Contoh Soal Jurnal Penjualan dan Pembelian Barang di Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penjualan dan pembelian barang di perusahaan dagang bertujuan agar entitas dapat mencatat seluruh mutasi aliran kas masuk dan aliran kas keluar. Bagaimana cara membuat jurnal umum dan jurnal khusus atas penerimaan kas dan pengeluaran kas akan berdampak pada komposisi aktiva lancara perusahaan.

Contoh transaksi perusahaan dagang selama 1 bulan diperuntukkan bagi entitas yang ingin melaporkan aktiva dan passiva. 20 Transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya berfungsi agar aktivitas perusahaan yang memerlukan kas dapat dicatat agar memenuhi konsep entitas dan keberlangsungan usaha.

Cara membuat jurnal umum dari transaksi penjualan dan pembelian barang di perusahaan dagang dan jasa akan melibatkan harga pokok penjualan. Jurnal umum adalah jurnal mencatat transaksi yang tidak berkaitan dengan aktivitas kas. Jurnal khusus diperuntukkan mencatat transaksi aliran kas masuk dan keluar perusahaan.

Contoh Soal Jurnal Penjualan dan Pembelian Barang di Perusahaan Dagang

Apa Perbedaan Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan

Jurnal pembelian adalah jurnal yang dipergunakan mencatat aktivitas bisnis perusahaan sebagai sarana publikasi informasi persediaan barang dagang. Aktivitas pembelian akan mengakibatkan kekayaan perusahaan berubah dari aktiva lancar menjadi aktiva tetap seperti pembelian bahan baku dan pembelian aktiva tetap lainnya.

Jurnal penjualan adalah jurnal yang dibuat dengan tujuan mencatat aktivitas penjualan barang jadi milik perusahaan. Jurnal khusus adalah 4 diantaranya jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pembelian dan jurnal penjualan. Pengertian transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang melibatkan aliran kas.

Perbedaan jurnal pembelian dan jurnal penjualan terletak pada kebijakan akuntansi yang harus diterapkan perusahaan. Kenapa jurnal khusus ada di perusahaan dagang? Karena perusahaan dagang memiliki transaksi yang lebih spesifik dibandingkan perusahan jasa seperti terdapat pemilikan macam-macam persediaan.

Baca Juga: Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Perusahaan Jasa

20 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya

20 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya menjadi dasar dalam menentukan nama akun di jurnal. Akun adalah alat yang digunakan untuk mencatat aktivitas bisnis perusahaan berdasarkan riwayat transaksi sesuai kebijakan akuntansi yang dijalankan seperti penerapan konsep fifo, lifo dan rata-rata tertimbang.

Contoh transaksi perusahaan dagang selama 1 bulan diawali dengan adanya setoran modal, transaksi penjualan dan pembelian barang, adanya aktivitas rekonsiliasi bank. Fungsi utama persamaan dasar akuntansi adalah menciptakan alokasi kas untuk proses penciptaan aktiva lancar dan aktiva tetap lainnya.

15 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang menjual barang dengan harga Rp 89.450.000. Termin pembayaran yang diberikan adalah n/30 dan mewajibkan pelanggan memberikan uang muka penjualan sebesar 40%. Bagaimana cara membuat jurnal umum perusahaan dagang?

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Bagaimana cara membuat jurnal umum dan jurnal khusus perusahaan dagang harus diawali dengan melaksanakan analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi. Contoh transaksi jurnal pembelian dan jurnal penjualan menjadi aktivitas rutin yang diselenggarakan untuk mekanisme pembayaran.

Cara membuat jurnal umum perusahaan dagang dan jasa harus dapat memahami terlebih dahulu persamaan dasar akuntansi. Rumus persamaan dasar akuntansi adalah aktiva harus sama dengan passiva. Komposisi passiva terdiri dari liabilitas jangka Panjang dan jangka pendek disertai setoran modal pemilik perusahaan.

Langkah-langkah membuat jurnal umum perusahaan jasa dan dagang adalah diawali dengan proses analisis transaksi. Sistem pembukuan berganda mewajibkan perusahana mencatat setiap transaksi menggunakan minimal dua akun yang terpengaruh. Maka, contoh soal jurnal umum dapat dikerjakan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Cash Rp 39.358.000
Payment Advice Rp 35.780.000
VAT Out Rp 3.578.000
(Receipt Down Payment Journal)
06/08/2022Good Sending Rp 49.197.500
Finish Goods Rp 49.197.500
(Sending order to Customer)
25/09/2022Cash Rp 59.037.000
Payment Advice Rp 35.780.000
Sales Rp 89.450.000
VAT Out Rp 5.367.000
(Sales Journal)

Baca Juga: Apa itu Persamaan Dasar Akuntansi dan Contoh Soalnya

Demikian contoh soal jurnal penjualan dan pembelian barang di perusahaan dagang dan jasa. Persamaan dasar akuntansi menjadi pedoman dan langkah-langkah menyusun jurnal umum dari bukti transaksi yang didapatkan perusahaan ketika menjalin kerjasama dengan perusahaan terdekatnya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penjualan dan Pembelian Barang di Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel