Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi premium dan jawabannya berlangsung ketika perusahaan melakukan pinjaman jangka panjang dan jangka pendek kepada perbankan. Pengertian liabilitas adalah kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan di masa depan atas manfaat penggunaan aktiva yang sudah dipakai di masa lalu.

Obligasi terdiri dari obligasi premium, obligasi diskonto dan obligasi nilai pari. Obligasi diterbitkan dengan premium berarti perusahaan menjual obligasi dengan nilai yang lebih tinggi daripada nilai nominal yang tercantum dan harus dibayarkan entitas di akhir periode pembayaran pokok dan bunganya.

Cara menghitung keuntungan obligasi berkaitan dengan konsep nilai waktu dari sebuah uang. Bunga obligasi ditentukan berdasarkan. Penerbitan obligasi ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran atas risiko relatif dan kondisi pasar serta keadaan ekonomi perusahaan di masa mendatang tersebut.

Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya

Pengertian dan Macam-Macam Obligasi

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat hutang yang diterbitkan perusahaan dalam rangka sebagai jaminan kepastian pembayaran dimasa mendatang beserta pemberitan bunga. Penerbit obligasi memiliki kewajiban membayarkan bunga secara rutin selama periode yang telah disepakati pada surat obligasi.

Macam-macam obligasi terdiri dari obligasi jangka pendek dan obligasi jangka panjang. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai bunga obligasi adalah tingkat bunga pasar dan keadaan ekonomi di pasar modal. Nilai obligasi pada present value merupakan arus kas di masa depan yang diharapkan ketika terjadi pelunasan.

Obligasi diterbitkan diantara dua tanggal terjadi ketika surat obligasi telah diterbitkan tetapi penjualannya dilakukan pada masa berikutnya. Rate of return adalah jumlah bunga yang harus dibayarkan perusahaan kepada pembeli dengan tingkat bunga dan masa yang telah ditentukan.

Baca Juga: Cara Install Candy Cbt di Xampp dan Cpanel

Cara Menghitung Keuntungan Obligasi

Cara menghitung keuntungan obligasi terjadi ketika terjadi selisih antara nilai obligasi dengan tingkat bunga sekarang. Apakah obligasi cocok untuk masa depan tentu saja karena berpengaruh terhadap arus kas investasi perusahaan dimasa depan. Kegunaan obligasi adalah jaminan atas hutang yang telah terjadi.

Obligasi termasuk akun liabilitas karena adanya penggunaan sumber daya miliki pihak ketiga dimana entitas wajib membayarkan transaksi tersebut. Investasi manakah yang lebih menguntungkan antara saham dan obligasi yaitu obligasi karena adanya kepastian tentang jumlah yang didapatkan diakhir periode.

Cara menghitung keuntungan obligasi perlu mempertimbangkan present value. Pengertian present value adalah nilai yang akan diterima perusahaan dimasa depan sebagai akibat tindakan investasi kas dan setara kas. Manfaat obligasi adalah memperoleh pendapatan bunga yang rutin dibayarkan setiap periodenya.

Baca Juga: Cara Menentukan Kode Akun Transaksi Jurnal Umum

Contoh Soal Utang Obligasi Premium dan Jawabannya

Contoh soal utang obligasi premium dan jawabannya akan terjadi ketika perusahaan memperoleh kas lebih besar dari nilai nominal yang tercantum. Suku bunga pasar adalah suku bunga yang diberikan oleh penerbit obligasi sesuai dengan tingkat risiko atas pembelian obligasi oleh investor.

Contoh soal obligasi jangka panjang terjadi ketika PT Masraffi melakukan pembelian obligasi senilai Rp 45.000.000 dengan bunga 8% selama 4 tahun. Suku bunga pasar yang berlaku adalah 6%. Bagaimana cara menghitung present value nilai nominal dan present value pembayaran bunga setiap periodenya?

PV Nilai Nominal = Rp 45.000.000 x (1/(1+6%)^4)
PV Nilai Nominal = Rp 35.644.215

PV Pembayan Bunga = Rp 3.600.000 x (1-(1+6%)^-4)/6%)
PV Pembayaran Bunga = Rp 12.474.380

PV Harga Jual Obligasi = Rp 48.118.595

Jurnal transaksi penerbitan obligasi, jurnal pembayaran bunga setiap periodenya dan pelusan tagihan perlu dilakukan karena adanyan tambahan manfaat ekonomis selama tahun berjalan. Apakah obligasi cocok untuk masa depan tentu saja karena adanya keuntungan pasti setiap kali pembeliannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2021Kas Rp    48.118.595
Hutang Obligasi Rp 48.118.595
(Jurnal Penerbitan Obligasi)

Baca Juga: Contoh Kasus Pelepasan Aktiva Tetap dan Jawabannya

Demikian contoh soal obligasi premium akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Soal essay dan pilihan ganda tentang pertanyaan obligasi seharusnya menjadi dasar dalam menilai ulang hutang jangka pendek yang dimiliki perusahaan di laporan posisi keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Premium dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel