Contoh Soal PPN dan PPh Pasal 22 Pembelian Barang Bendaharawan Pemerintah

Konten [Tampil]

Contoh soal ppn dan pph pasal 22 pembelian barang dari bendaharawan pemerintah akan dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka penyediaan barang dan jasa terhadap instansi pemerintah secara online atau offline. Pengertian pajak penghasilan pasal 22 adalah iuran yang harus dibayarkan perusahaan terhadap pemerintahan pusat atau daerah.

Cara menghitung ppn dan pph pasal 22 pedagang pengumpul, bendaharawan pemerintah, impor barang dan pembelian barang mewah harus diselenggarakan melalui pelaporan spt tahunan badan. Impor barang apa saja yang tidak dikenakan pph pasal 22 diantaranya adalah barang keperluan masyarakat banyak.

Siapa saja pemungut dan objek pajak penghasilan pasal 22 adalah instansi pemerintah, bank devisa dan pihak yang ditunjuk langsung oleh dirjen pajak. Pertanyaan tentang pph pasal 22 berkaitan dengan objek pajak dan subyek pajak yang dikenakan terhadap penjualan barang dan jasa terhadap barang istimewa.

Contoh Soal PPN dan PPh Pasal 22 Pembelian Barang Bendaharawan Pemerintah

Siapa Pemungut PPh Pasal 22 dan Objeknya

Siapa saja pemungut pajak penghasilan pasal 22 diantaranya adalah bumn, bendaharawan pemerintah dan agen tunggal pemegang merek. Pengertian objek pajak penghasilan adalah segala sesuai yang digunakan sebagai sarana menambah manfaat ekonomis dan nilai dari suatu barang yang diserahkan kepada lawan transaksi.

Objek pajak penghasilan pasal 22 adalah seluruh transaksi impor, pembelian barang dagang dari bendaharawam pemerintah dan bumn, transaksi barang mewah bahkan pedagang pengumpul. Pengertian pajak pertambahan nilai adalah seluruh tambahan manfaat ekonomis yang diserahkan kepada lawan transaksi.

Berapakah pph pasal 22 yang dipungut bendaharawan pemerintah atas transaksi pembelian barang dan jasa adalah 1,5 % dari nilai transaksi. Pajak pertambahan nilai yang dipungut oleh bumn dan instansi pemerintah memiliki tarif 10% yang langsung dipotongkan dari nilai transkasi oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga: Peraturan PPh Pasal 22 Terbaru dari Menteri Keuangan

Contoh Soal PPn dan PPh Pasal 22 Bendaharawan Pemerintah

Contoh soal ppn dan pph pasal 22 bendaharawan pemerintah dilaksanakan oleh perusahaan yang bertransaksi dengan bumn, bumd atau pihak lain yang ditunjuk dirjen pajak sebagai pemungut pajak penghasilan. Cara mengisi spt pph pasal 22 harus melampirkan bukti pemotongan transaksi jual beli.

Contoh soal dan jurnal transaksi pembelian barang bendaharawan pemerintah wajib dipotongkan pajak penghasilan pasal 1,5% apabila nilai transaksi lebih dari Rp 10.000.000 dengan nilai yang tidak terpisah-pisah. Bukti pemotongan pph pasal 22 akan diberikan ketika pelunasan tagihan yang dilakukan instansi.

Contoh pph pasal 22 bendahawaran pemerintah dan pajak pertambahan nilai terjadi pada PT Masraffi yang menjual barang seharga Rp 15.000.000 kepada pemerintah semarang. Bagaimana cara menghitung dan jurnal transaksi ketika penjualan terjadi dan pelunasan tagihan yang telah dilaksanakan.

Baca Juga: Download Materi Akuntansi Perpajakan dan Contoh Soal

Cara Menghitung PPh Pasal 22 dan PPn Pembelian Barang Instansi Pemerintah dan BUMN

Cara menghitung pph pasal 22 pembelian barang dari instansi bumn dan bendaharawan pemerintah akan dikenakan pajak penghasilan dengan tarif 1,5% dari dasar pengenaan pajak. Hal ini hanya berlaku bagi transaksi dengan nilai lebih dari Rp 10.000.000 untuk setiap invoice yang diajukan pembayarannya.

Perhitungan ppn dan pajak penghasilan harus menyesuaikan ketentuan umum perpajakan yang berlaku terutama ketika dilakukannya pelaporan spt masa. Bukti pemotongan akan diberikan oleh instansi pemerintah ketika dilakukannya pembayaran uang muka atau pelunasan tagihan yang dilakukannya.

Cara menghitung pph 22 dan jurnal transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan akrual basis. Piutang akan diakui entitas ketika terjadi penyerahan barang dan jasa. Pelunasan tagihan akan diberikan bukti pemotongan dan faktur pajak penjualan yang tidak dapat dikreditkan dimasa berikutnya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/02/2021Piutang Rp 16.500.000
Penjualan Rp 15.000.000
PPN Keluaran Pemungut Rp 1.500.000
(jurnal penjualan barang ke instansi pemerintah)
23/02/2021Kas Rp 14.775.000
PPN Keluaran Pemungut Rp 1.500.000
PPh Pasal 22 Dibayar Dimuka Rp 225.000
Piutang Rp 16.500.000
(Jurnal Pelunasan tagihan)

Baca Juga: Contoh Kasus PPh Pasal 22 Impor Barang

Demikian contoh soal ppn dan pph pasal 22 pembelian barang bendaharawan pemerintah dan bumn serta agen tunggal pemegang merek. Subyek dan objek pajak penghasilan harus ditentukan karena menyangkut pemotongan tagihan yang akan diselenggarakan oleh pemerintah pusat atau daerah.

0 Response to "Contoh Soal PPN dan PPh Pasal 22 Pembelian Barang Bendaharawan Pemerintah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel