Contoh Soal dan Jurnal Pembelian Barang Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal pembelian barang dagang terjadi ketika perusahaan melakukan pencatatan atas transaksi penyediaan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi. Persediaan barang dagang akhir harus dilaporkan sesuai dengan ketentuan metode perpetual dan metode fisik yang digunakan perusahaan.

Jurnal penyesuaian persediaan barang dagang metode fisik dan perpetual dilakukan untuk mencegah kecurangan yang mungkin terjadi. Jurnal khusus digunakan untuk mencatat transaksi dibawah ini kecuali untuk transaksi yang melibatkan arus kas keluar dan arus kas masuk yang tidak sesuai sistem pengendalian internal.

Jurnal transaksi pembelian meliputi transaksi pengakuan awal, perhitungan beban bunga pembayaran angsuran dan pelunasan tagihan. Liabilitas terjadi dari kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panjang yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan setiap periode yang dilalui perusahaan tersebut.

Contoh Soal dan Jurnal Pembelian Barang Dagang

Bukti Transaksi Atas Pembelian Barang Secara Kredit

Bukti transaksi atas pembelian barang secara kredit meliputi faktur pajak dan tagihan. Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi retur pembelian adalah akun kontra dari pembelian. Retur dan potongan pembelian akan mengurangi jumlah tagihan yang dibebankan perusahaan kepada lawan transaksi.

Bukti transaksi pembelian dan penjualan barang secara kredit memerlukan bukti transfer bank, faktur pajak dan faktur penjualan. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice karena akan mempermudah dilakukan pengecekan apabila terjadi kesalahan dalam pembebanan transaksi tersebut.

Bukti transaksi pembelian atau penjualan barang secara kredit diharuskan karena sebagai dasar perusahaan melakukan pembayaran tagihan. Bukti transaksi eksternal terdiri dari seluruh dokumen yang diberikan lawan transaksi untuk kegiatan menjalankan operasionalnya dikemudian harinya.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Sepaket

Contoh Soal dan Jawaban Pembelian Barang Dagang Secara Kredit

Contoh soal dan jawaban pembelian barang dagang secara kredit akan melibatkan pihak gudang dan pembayaran. Sistem pengendalian internal pembelian harus mampu mendesain agar tidak terjadi pembayaran berulang untuk satu invoice dan faktur pajak yang diterbitkan oleh lawan transaksi.

Contoh soal pembelian barang dagang dan jawabannya akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar berguna untuk melaksanakan kegiatan operasional entitas. Pengertian liabilitas menurut para ahli adalah hutang perusahaan sebagai akibat transaksi masa lalu dan melibatkan penyerahan aktiva di masa depan.

Soal dan jawaban pembelian barang dagang terjadi pada PT Masraffi yang membeli bahan baku sebesar Rp 156.000.000 dan telah dibayarkan uang muka sebesar Rp 51.000.000. Apabila PT Masraffi melalukan cicilan terhadap sisa hutang selama 6 periode. Bagaimana jurnal pembelian yang harus dicatat?

Baca Juga: Contoh Kasus Pendiskontoan Wesel Tagih dan Jawabannya

Jurnal Pembayaran Angsuran Pembelian Barang Dagang

Jurnal pembayaran angsuran pembelian barang dagang hendaknya dipertimbangkan biaya bunga yang dibebankan ke perusahaan. Surat wesel adalah surat yang digunakan untuk memperpanjang jangka waktu pelunasan tagihan sesuai dengan tanggal dan bunga yang dikeluarkan lawan transaksi.

Jurnal pembayaran cicilan pembelian barang dagang secara kredit melibatkan akun kas dan setara kas serta liabilitas jangka pendek. Pengertian liabilitas jangka pendek adalah kewajiban perusahaan yang harus dilunasi dalam waktu kurang dari satu tahun pajak. Liabilitas menjadi tambahan kekayaan perusahaan.

Contoh soal dan jurnal pembelian barang dagang secara kredit seharusnya diterbitkan faktur pajak dan faktur penjualan. Dalam jurnal umum, pembelian barang dagang secara kredit termasuk akun nominal Akun riil berarti akan dibawa ke periode selanjutnya. Adapun jurnal penyesuaian yang dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/09/2021Persediaan Bahan Baku Rp 156.000.000
PPN masukan Rp 15.600.000
Kas Rp 51.000.000
Hutang Dagang Rp 120.600.000
(Jurnal Pembelian Barang Secara Kredit)
30/09/2021Hutang Dagang Rp 20.100.000
Biaya Bunga Rp 804.000
Kas Rp 20.904.000
(jurnal pembayaran tagihan pertama)
31/10/2021Hutang Dagang Rp 20.100.000
Biaya Bunga Rp 670.000
Kas Rp 20.770.000
(jurnal pembayaran tagihan kedua)

Baca Juga: Metode Penghapusan Piutang Dagang dan Contoh Soal

Demikian contoh soal dan jurnal pembelian barang dagang secara tunai dan kredit yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Jenis-jenis hutang jangka pendek terdiri dari hutang pajak penghasilan, hutang gaji dan hutang yang akan jatuh tempo pada bulan berikutnya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Pembelian Barang Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel