Jurnal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak

Konten [Tampil]

Jurnal dan metode penghapusan piutang tak tertagih menurut pajak seharusnya dilaporkan perusahaan dalam spt tahunan badan. Sistem pengendalian internal atas piutang berkaitan dengan penerimaan kas, otorisasi penjualan kredit dan pengiriman barang dari gudang penjual menuju gudang pembeli.

Bagaimana cara membuat jurnal penghapusan piutang karyawan dan metode pnghapusan piutang tak tertagih dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Syarat-syarat piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih dalam menghitung penghasilan kena pajak tentu memiliki persentase dari penjualan tertentu.

Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan dalam ketentuan perpajakan yaitu metode tidak langsung. Cadangan kerugian piutang yang boleh dijadikan pengurang penghasilan kena pajak adalah persentase tertentu sesuai jenis entitas seperti perbankan, asuransi bahkan koperasi simpan pinjam.

Jurnal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak

Tata Cara Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Tata cara penghapusan piutang tak tertagih menurut perpajakan harus menyesuaikan kebijakan akuntansi keuangan menengah. Piutang dagang dalam bahasa inggris disebut account recaivables artinya akun yang diperuntukkan mencatat seluruh penerimaan perusahaan dimasa depan atas penjualan sekarang.

Tata cara penghapusan piutang karyawan seharusnya diberlakukan sistem pengendalian internal atas pendapatan diterima dimuka. Pihak-pihak yang melaksanakan transaksi piutang seperti kreditur dan debitur. Debitur adalah pihak yang meminta penjualan kredit dan melaksanakan pembayaran dimasa depan.

Bagaimana ketentuan perpajakan mengatur tentang penghapusan piutang yang tidak tertagih yaitu tidak dapat dijadikan sebagai kredit pajak. Entitas memiliki waktu untuk melakukan penagihan kepada pelanggan sebelum masa jatuh tempo. Piutang boleh dihapuskan ketika adanya bukti perusahaan tidak dapat membayarkan tagihan tersebut.

Baca Juga: Penyajian Piutang Dagang dalam Laporan Posisi Keuangan

Contoh Soal Penghapusan Piutang Metode Tidak Langsung

Contoh soal penghapusan piutang metode tidak langsung dalam akuntansi keuangan menengah diharuskan menyesuaikan kebijakan pemberian kredit. Piutang dagang akan diakui pada laporan posisi keuangan sebesar tagihan yang dapat direalisasikan pada akhir periode laporan keuangan perusahaan.

Tata cara penyampaian daftar piutang tak tertagih diharuskan entitas melampirkan dokumen perkara pembayaran tagihan. Mengapa akuntansi memperbolehkan membentuk cadangan kerugian piutang karena entitas harus dapat menagihkan seluruh invoice dan faktur pajak yang telah dikeluarkan kepada pelanggan.

Contoh soal dan jawaban penghapusan piutang tak tertagih terjadi pada PT Masraffi yang memberikan kredit sebesar Rp 168.520.000 selama 8 bulan. Perusahaan membentuk cadangan kerugian piutang sebesar Rp 200.000 tetapi dipembayaran ke 6 pelanggan tidak mampu membayar. Bagaimana jurnal penghapusan piutang dalam bahasa inggris?

Baca Juga: Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Piutang Dagang

Jurnal Penghapusan Piutang dalam Bahasa Inggris

Jurnal penghapusan piutang dalam bahasa inggris menyesuaikan peraturan international financial report standard. Menghapus piutang tentu akan mengkreditkan sejumlah tagihan yang tidak dapat dibayarkan dengan melampirkan berkas perkara ke pengadilan negeri setempat untuk dijadikan biaya fiskal.

Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan peraturan perpajakan adalah metode tidak langsung. Dalam metode tidak langsung, entitas akan mendebitkan akun cadangan kerugian piutang dan mengkreditkan piutag tak tertagih setelah memperoleh kepastian di pengadilan negeri setempat.

Bagaimana jurnal penghapusan piutang dengan metode tidak langsung di myob dan accurate sebaiknya dilaksanakan setelah proses evaluasi kredit. Biaya fiskal adalah biaya yang diperbolehkan sebagai pengurang penghasilan kena pajak. Adapun jurnal penghapusan piutang tak tertagih sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Biaya Kerugian Piutang Rp 224.493.333
Cadangan Kerugian Piutang Rp 200.000
Piutang Usaha Rp 224.693.333

Baca Juga: Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Pembahasannya

Demikian contoh jurnal dan metode penghapusan piutang tak teragih menurut ketentuan umum perpajakan. Agar biaya kerugian piutang dapat dijadikan biaya fiskal maka perusahaan harus menyerahkan daftar piutang tak tertagih bersamaan dengan pelaporan pajak penghasilan tahunan badan.

0 Response to "Jurnal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel