Bagaimana Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Konten [Tampil]

Bagaimana perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih menjadi permasalahan liabilitas jangka pendek. Pertanyaan tentang wesel tagih berkaitan dengan pengakuan wesel, perhitungan bunga, penilaian piutang wesel bahkan penyelesaian piutang yang harus diselenggarakan entitas selama periode tersebut.

Transaksi yang menyebabkan terjadinya piutang wesel terdiri dari tiga kejadian. Piutang wesel diakui ketika penjualan kredit, peminjaman hutang piutang bahkan pergantian piutang satu dengan piutang sejenisnya. Wesel bayar termasuk akun liabilitas, wesel tagih termasuk piutang dalam kategori piutang usaha.

Contoh soal utang wesel bunga dan pembahasannya berlangsung dari transaksi yang pernah berjalan di perusahaan. Piutang wesel kurang dari satu tahun diberlakukan sebagai tambahan kekayaan perusahaan agar dapat melangsungkan transaksi selama tahun berjalan. Pendapatan bunga termasuk objek pajak penghasilan.

Bagaimana Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Transaksi yang Menyebabkan Terjadinya Piutang Wesel

Transaksi yang menyebabkan terjadinya piutang wesel terdiri dari penjualan kredit, peminjaman uang bahkan pelunasan sebuah piutang oleh piutang lainnya. Pengertian penjualan kredit adalah transaksi jual beli barang dimana pembayarannya akan dilakukan kemudian hari setelah barang diterima pelanggan.

Tiga situasi yang menyebabkan timbulnya piutang wesel terdiri dari peminjaman uang. Transaksi hutang piutang akan terjadi ketika salah satu pihak memberikan bunga karena terdapat konsep nilai waktu dari uang. Hutang wesel adalah liabilitas yang harus dibayarkan entitas selama periode tertentu.

Berikut ini yang bukan penyebab munculnya transaksi piutang wesel adalah penjualan tunai dan pembelian tunai. Penjualan tunai adalah transaksi jualbeli dimana pelanggan akan membayarkan tagihan bersamaan dengan barang yang diterima. Penjualan tunai akan terutang pajak penghasilan.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Penjualan Kredit

Contoh Soal dan Jawaban Piutang Wesel Bunga

Contoh soal dan jawaban piutang wesel bunga dan tidak berbunga bergantung kesepakatan antara pihak yang terlibat. Pengertian wesel adalah surat yang berisikan informasi tentang pelunasan hutang yang harus dilaksanakan pihak pembuat dalam waktu yang ditentukan disertai pembayaran tingkat bunga tertentu.

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya akan dilakukan berdasarkan catatan atas laporan posisi keuangan. Pendapatan bunga dan biaya bunga akan mempengaruhi jumlah laba ditahan yang dilaporkan sebagai bukti pembayaran pajak penghasilan badan tahunan oleh akuntan perusahaan.

Contoh soal hutang wesel bunga dan jawabannya terjadi pada PT Kakraffi yang melakukan penjualan kredit sebesar Rp 49.875.000. Atas penjualan kredit, PT Kakraffi menerima wesel tagih dengan bunga sebesar 9% dan masa 90 hari. Apabila penarikan wesel dilakukan pada tanggal 26 Juni 2021, Kapan batas waktu pembayaran wesel tersebut?

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Bank dan Pembahasannya

Contoh Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Contoh perhitungan tanggal jatuh tempo wesel bayar dan wesel tagih bergantung kesepakatan. Jangka waktu jatuh tempo wesel dapat dinyatakan dalam satuan hari, bulan bahkan tahun. Apabila dinyatakan dalam satuan bulan, maka perhitungan bunga dan pembayaran tagihan akan dilaksanakan pada akhir bulan.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel bunga harus disesuaikan dengan surat wesel yang diterbitkan. Tiga situasi yang menyebabkan timbulnya piutang wesel adalah penjualan kredit. Perusahaan dapat melakukan pendiskontoan wesel tagih agar menerima kas lebih cepat daripada jangka waktu pelunasan.

Contoh soal dan cara menghitung bunga wesel dan tanggal jatuh tempo wesel dilakukan dengan orientasi pada kekayaan perusahaan. Piutang wesel kurang dari satu tahun dianggap sebagai aktiva lancar. Adapun rumus perhitungan tanggal jatuh tempo piutang wesel dan hutang wesel adalah:

Tanggal Penerbitan26/06/2021
Jatuh Tempo90 Hari
Bulan Juni30/06/20214 Hari
Bulan Juli31/07/202131 Hari
Bulan Agustus31/08/202131 Hari
Bulan September24/09/202124 Hari

Baca Juga: Contoh Perhitungan Bunga Wesel dan Rumusnya

Demikian contoh perhitungal tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bunga wesel bayar akuntansi pengantar. Liabilitas jangka pendek terdiri dari uang wesel, utang gaji dan utang pajak penghasilan masa. Apabila ada pertanyaan tentang wesel dapat berkomentar ya.

0 Response to "Bagaimana Perhitungan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel