Contoh Soal dan Jurnal Penjualan Kredit Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal penjualan kredit perusahaan dagang dan jasa akan berkaitan dengan pembayaran dan jatuh tempo tagihan. Maksud 2/10 n/30 artinya perusahaan dagang diberikan waktu 30 hari untuk melaksanakan pembayaran sebelum jatuh tempo dan memperoleh potongan ketika berhasil membayar dalam waktu 10 hari.

Cara mencatat transaksi penjualan kredit dengan ppn tentu harus dilaksanakan pemungutan pajak pertambahan nilai. Sistem periodik berarti perusahaan akan membuat jurnal penyesuaian untuk melaksanakan perhitungan ulang terhadap persediaan dan harga pokok penjualan barang dagang.

Contoh transaksi penjualan dan pembelian perusahaan jasa dan dagang terdiri dari retur penjualan, potongan penjualan bahkan pembayaran ongkos kirim. Jurnal penjualan kredit dengan ppn masukan dan ppn keluaran harus diselenggarakan ketika perusahaan berstatus sebagai pengusaha kena pajak.

Contoh Soal dan Jurnal Penjualan Kredit Perusahaan Dagang


Pengertian Penjualan Kredit Menurut Para Ahli

Pengertian penjualan kredit menurut para ahli adalah kegiatan jualbeli yang dilaksanakan perusahaan dengan memberikan barang terlebih dahulu kemudian dilakukan pembayaran setelah barang diterima. Penjualan kredit akan meningkatkan omzet perusahaan dan harus dipotongkan pajak penghasilan.

Penjualan kredit adalah transaksi penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak didaerah pabean untuk memperoleh keuntungan di tahun berjalan. Harga pokok penjualan harus ditetapkan untuk menentukan laba kotor yang didapatkan perusahaan dari kegiatan operasionalnya setiap hari.

Definisi penjualan kredit adalah kegiatan pembayaran atas pesanan yang telah diberikan di masa lalu sebelum masa jatuh temponya. Setiap transaksi perusahaan dagang dan jasa akan melibatkan transaksi pembelian dan penjualan. Kegiatan operasional diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Beban Pokok Penjualan Sistem Periodik

Contoh Soal Penjualan Kredit dan Jawabannya

Contoh soal penjualan kredit dan jawabannya akan mempengaruhi kondisi keuangan terutama laporan laba rugi komprehensif. Setiap pembelian dan penjualan akan melibatkan biaya angkut atau ongkos kirim atas barang yang diserahkan kepada pelanggan perusahaaan.

Transaksi penjualan terdiri dari penjualan tunai dan kredit, retur penjualan dan potongan penjualan ketika perusahaan membayar dalam waktu yang ditentukan. Perhitungan biaya pokok penjualan melibatkan seluruh biaya untuk membuat produk jadi baik biaya bahan baku dan biaya konversi.

Penjualan kredit dan tunai memiliki keuntungan dan kerugian bergantung metode pembayaran perusahaan. Transaksi yang tidak dapat dicatat pada jurnal khusus meliputi seluruh transaksi berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang dagang. Adanya retur dan potongan harga harus disetujui oleh manajer kredit.

Baca Juga: Contoh Kasus Potongan Pembelian Tunai dan Kredit

Jurnal Retur dan Potongan Penjualan

Jurnal retur dan potongan penjualan dilaksanakan perusahaan dalam rangka memperoleh keuntungan ditahun berjalan. Potongan penjualan disebut diskon ketika pelanggan mampu membayarkan tagihan sesuai jangka waktu yang ditetapkan penjual atau memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan.

Jurnal transaksi penjualan kredit terjadi pada PT Masraffi yang melakukan penjualan barang seharga Rp 5.700.000 dan membayarkan kendaraan angkut sebesar Rp 400.000 yang ditanggung penjual. Bagaimana cara membuat jurnal penjualan kredit perusahaan dagang dan jasa yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2021Piutang Rp 6.270.000
Biaya Kirim Rp 400.000
Penjualan Rp 5.700.000
PPN Keluaran Rp 570.000
Kas Rp 400.000

Retur penjualan akan dikeluarkan pembeli dengan mengakses aplikasi e-faktur. Bagi penjual, hanya perlu menunggu pembeli memberikan nota retur penjualan. Pembeli akan menerima kembali ppn yang telah dibayarkan kepada penjual. Adapun jurnal retur penjualan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/08/2021Penjualan Rp 1.710.000
PPN Keluaran Rp 171.000
Piutang Rp 1.881.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pembelian Kredit dan Tunai dengan PPn

Demikian contoh soal dan jurnal penjualan kredit perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu membuat jurnal umum dan jurnal khusus dalam rangka membuat laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif. Jurnal penjualan kredit dengan ppn dapat dilakukan retur dengan permintaan nota retur penjualan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Penjualan Kredit Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel