Contoh Soal dan Jawaban Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dipergunakan oleh perusahaan untuk mendistribusikan aktiva tetap yang dimilikinya pada saat likuidasi. Pengertian firma menurut para ahli adalah akad kerjasama untuk menjalankan kegiatan operasional sesuai dengan akta pendirian yang disepakati.

Soal dan jawaban uas dan uts akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan biasanya berkaitan dengan prosedur masuknya sekutu baru, keluarnya sekutu lama, pembagian laba rugi persekutuan dan proses likuidasi firma. Sekutu dalam persekutuan merupakan pemilik modal yang beperan sebagai sekutu aktif.

Akuntansi pendirian persekutuan melibatkan pencatatan tambahan kekayaan yang disetorkan oleh masing-masing sekutu. Sekutu dapat menyetorkan kas dan setara kas untuk digunakan sebagai aliran kas operasional, aliran kas investasi dan aliran kas pendanaan kegiatan usaha perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh Laporan Keuangan Persekutuan

Contoh laporan keuangan persekutuan mengikuti kebijakan penggunaan buku baru atau meneruskan buku kegiatan usaha sekutu yang lainnya. Format laporan posisi keuangan firma menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan di indonesia atau mengikuti aturan pernyataan standar akuntansi keuangan.

Laporan posisi keuangan persekutuan terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas bahkan laporan arus kas perusahaan. Laporan biaya produksi dapat dibuat agar digunakan sebagai penentu harga jual produk yang diperjualbelikan oleh sekutu kepada pihak external perusahaan atau pembeli akhir.

Contoh laporan keuangan firma terdiri dari aktiva dan passiva perusahaan. Aktiva adalah kekayaan perusahaan yang disetorkan oleh pemilik dan pihak ketiga. Aset tetap terdiri aset lancar dan aset tetap. Liabilitas adalah hutang perusahaan kepada pihak ketiga akibat adanya transaksi dimasa lalu.

Baca Juga: Perbedaan Persekutuan dan Perseroan Terbatas

Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dijadikan pertanyaan wawancara dan soal essay. Akta pendirian firma digunakan sebagai landasan hukum didirikannya persekutuan dan kontrak kerjasama antara sekutu-sekutu yang terlibat diperusahaan serta pertanggungjawaban keuangannya.

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan hanya berisikan informasi tentang penyetoran kekayaan pribadi sekutu ke persekutuan. Setoran pribadi dan pengambilan pribadi sekutu harus diketahui oleh sekutu lain karena terdapat karakteristik firma yaitu ownership of interest in a partnership.

Firma didirikan oleh sekutu yang belum memiliki usaha dan sudah memiliki usaha akan memiliki perbedaan dalam pencatatan akuntansi. Metode akuntansi pendirian persekutuan terdiri dari pembukuan menggunakan buku baru dan pembukuan menggunakan buku lama milik sekutu yang memiliki usaha.

Baca Juga: Tujuan Didirikannya Persekutuan

Jurnal Mencatat Setoran Modal Sekutu Baru

Jurnal mencatat setoran modal sekutu baru dilaksanakan dalam rangka memperoleh informasi tentang modal ditanam dan modal disetorkan. Apabila firma didirikan oleh anggota yang belum memiliki usaha maka setoran pertama kali sekutu akan dianggap sebagai tambahan modal di buku besar pembantu perusahaan.

Contoh kasus akuntansi pembentukan persekutuan dapat diserahkan aktiva non kas seperti kendaraan dan bangunan. Sekutu yang menyerahkan aktiva non kas harus dinilai berdasarkan harga wajar yang terjadi pada saat penyerahan aset. Nilai wajar adalah harga sekarang dari aktiva tetap yang dibeli di masa lalu.

Prosedur akuntansi pendirian firma terjadi pada Firma Masraffi yang didirikan dengan setoran kas sebesar Rp 80.000.000, kendaraan sebesar Rp 42.000.000, tanah sebesar Rp 45.000.000 dan bangunan sebesar Rp 30.000.000. Bagaimana pembukuan firma yang harus dilaksanakan?

Metode untuk mencatat pendirian persekutuan menggunakan buku baru dapat dilaksanakan ketika awal setoran kas dan aktiva non kas. Adapun jurnal akuntansi pendirian persekutuan yang dapat dicatat oleh perusahaan di jurnal umum dan di posting ke buku besar dan buku besar pembantu adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/05/2021Kas Rp 80.000.000
Tanah Rp 45.000.000
Bangunan Rp 30.000.000
Kendaraan Rp 42.000.000
Modal Tuan Ali Rp 59.100.000
Modal Tuan Ahmad Rp 98.500.000
Modal Tuan Ardi Rp 39.400.000
(Jurnal mencatat transaksi penyerahan modal awal sekutu)

Baca Juga: Pengertian Persekutuan Menurut Para Ahli

Demikian contoh soal dan jawaban persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 semoga dapat memahami materi likuidasi, pembagian laba rugi persekutuan dan pembentukan firma. Agar dapat dipahami, kami memberikan video pembelajaran firma persekutuan sebagai berikut

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel