Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penutup dan pembalik perusahaan dagang bukan menjadi kewajiban karena untuk mempermudah pencatatan di periode selanjutnya. Pada awal tahun berikutnya, akuntan perlu melakukan penyesuaian kembali atas transaksi yang telah diakui periode sebelumnya seperti jurnal pembalik.

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa terdiri dari hutang gaji dan pendapatan piutang bunga. Apakah akuntan wajib membuat jurnal pembalik? tentu tidak diwajibkan karena kegunaan dari jurnal pembalik adalah mempermudah dan menyederhanakan pembuatan jurnal transaksi periode selanjutnya.

Transaksi-transaksi apa saja yang memerlukan jurnal pembalik yaitu transaksi berkaitan dengan pendapatan dan biaya dengan menggunakan dasar akrual. Mengapa disebut jurnal pembalik? karena akuntan melakukan pembalikan transaksi dari jurnal penyesuaian yang telah dilakukan tahun berjalan.

Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang


Mengapa Diperlukan Jurnal Penutup dan Jurnal Penyesuaian Kembali

Mengapa diperlukan jurnal penutup dan jurnal penyesuaian kembali karena pelaksanakan pembuatan laporan posisi keuangan perlu menutup akun nominal agar tidak diperhitungkan periode selanjutnya. Jurnal pembalik memiliki nama akun dan jumlah rupiah yang sama dengan jurnal penyesuaian yang telah dibuat.

Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik diantaranya pendapatan yang masih harus diterima dan biaya yang masih harus dibayar. Pembuatan jurnal penyesuaian kembali akan bermanfaat ketika perusahaan memiliki jurnal penyesuaian yang banyak jumlah di periode sebelumnya.

Mengapa diperlukan jurnal penutup dan jurnal penyesuaian kembali sebab entitas harus mempertimbangkan manfaat yang didapatkan dari pencatatan tersebut. Jurnal pembalik bersifat opsional karena hanya diperlukan agar memunculkan akun riil yang belum terdapat di laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Contoh Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Kapan Pembuatan dan Sumber Penyusunan Jurnal Pembalik

Kapan pembuatan dan sumber penyusunan jurnal pembalik dapat dilakukan perusahaan berdasarkan memo yang dibuat manajer akuntan. Neraca saldo setelah penutupan akan berisi tentang informasi akun riil yaitu aktiva, liabilitas dan ekuitas yang digunakan menjalankan kegiatan operasional perusahaan dimasa selanjutnya.

Kapan pembuatan jurnal pembalik yaitu dilaksanakan setelah perusahaan berganti periode akuntansi. Apa saja akun yang harus dibuat jurnal pembalik yaitu akun yang berkaitan dengan pendapatan yang masih harus diterima dan beban yang masih harus dibayarkan perusahaan sesuai dengan jurnal penyesuaiannya.

Sumber penyusunan jurnal pembalik berasal dari jurnal penyesuaian akhir periode. Langkah-langkah membuat jurnal penutup yang benar adalah memprioritaskan perhitungan laba ditahan periode tersebut dan menghitung total pengambilan pribadi yang telah dilaksanakan oleh pemilik saham perusahaan.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Perpetual dan Sistem Periodik Persediaan

Contoh Soal Jurnal Penutup dari Neraca Saldo

Contoh soal jurnal penutup dari neraca saldo dilaksanakan setelah akhir periode akuntansi untuk membandingkan antara pendapatan dan beban yang didapatkan perusaahan periode tersebut. Pembagian laba rugi ditahan harus disesuaikan rapat umum pemegang saham tahunan perusahaan.

Contoh soal jurnal penutup dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan penghasilan lokal sebesar Rp 81.000.000 dan penghasilan export sebesar Rp 140.000.000. Biaya administrasi dan pemasaran yang dikeluarkan perusahaan adalah Rp 86.500.000. Bagaimana cara membuat jurnal penutup?

Langkah-langkah membuat jurnal penutup yang benar diawali dengan mencari laba ditahan perusahaan. Selanjutnya, perusahaan dapat mengurangi jumlah pengambilan pribadi pemilik ke modal yang telah disetorkan perusahaan. Adapun jurnal penutup perusahaan dagang dan perusahaan jasa yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Penghasilan Lokal Rp 81.000.000
Penghasilan Export Rp 140.000.000
Biaya administrasi Rp 86.500.000
Ikhtisar Laba Rugi Rp 134.500.000
31/12/2021Ikhtisar Laba Rugi Rp 134.500.000
Laba Ditahan Rp 134.500.000

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Kredit dan Tunai Perusahaan Dagang

Demikian contoh soal jurnal penutup dan pembalik perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu alokasi laba ditahan yang berasal dari pendapatan dan beban perusahaan. Selanjutnya, akuntan dapat melakukan posting ke buku besar dan membuat necara saldo setelah penutupan/

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel