Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar 1. Akun-akun dalam laporan posisi keuangan dikategorikan sebagai akun riil dan akun nominal. Akun riil adalah pos laporan keuangan yang berisikan informasi aktiva, liabilitas dan ekuitas yang dimiliki perusahaan.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay jurnal penutup perusahaan dagang dilaksanakan karena perusahaan harus menghentikan pengakuan periode sebelumnya. Akun nominal adalah pos laporan keuangan yang berisi informasi pendapatan dan biaya yang dikeluarkan setiap periode akuntansi.

Setelah melakukan jurnal penutup maka selanjutnya akuntan akan memiliki laporan posisi keuangan yang digunakan untuk periode selanjutnya. Laba ditahan adalah keuntungan perusahaan dimana entitas tidak akan membagikan laba periode tersebut kepada para pemilik untuk meningkatkan biaya operasionalnya.

Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Dagang dan Jawabannya


Pengertian Jurnal Penutup Perusahaan Jasa dan Dagang

Jurnal penutup menurut para ahli adalah transaksi yang digunakan untuk memindahkan akun nominal agar dapat dibuat laporan posisi keuangan periode selanjutnya. Saldo laba bersih dicatat agar dapat diketahui laba per departemen yang mengelola bahan baku menjadi barang jadi yaitu transfer pricing.

Pengertian jurnal penutup perusahaan dagang dan jasa adalah pencatatan yang diselenggarakan dalam rangka mengakhiri penggunaan akun nominal dalam suatu periode. Akun nominal bertujuan untuk menentukan keefektifan kinerja perusahaan dalam satu periode yang dibandingkan dengan biaya yang diperolehnya.

Tujuan pembuatan jurnal penutup adalah menunjukkan saldo modal diakhir periode akuntansi dengan membandingkan antara pendapatan dan biaya. Perusahaan biasanya menggunakan akun ikhtisar laba rugi untuk mengakhiri biaya dan pendapatan sehingga akan menghasilkan laba bersih periode berjalan.

Baca Juga: Perbedaan Shipping Point dan Destination Point

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penutup

Langkah-langkah membuat jurnal penutup perusahaan dagang dan jasa bergantung jenis perusahaan. Perusahaan perseorangan adalah entitas yang didirikan oleh seseorang untuk menjalankan kegiatan usaha agar didapatkan keuntungan pada periode tersebut. Pemilik perusahaan perseorangan sering melaksanakan transaksi pengambilan pribadi atau prive.

Penutupan pembukuan akuntansi di perusahaan jasa dan dagang mengharuskan akuntan membuat rekening sementara yang disebut ikhtisar laba rugi. Adapun cara menyusun jurnal penutup pada entitas dagang dan jasa yaitu;

  1. Menutup akun pendapatan dan penghasilan dengan memindahkan ke akun ikhtisar laba rugi.
  2. Menutup akun beban dengan mengnolkan saldonya ke rekening ikhtisar laba rugi.
  3. Menutup akun prive ke modal pemilik
  4. Menjumlahkan selisih saldo dan memasukkannya ke rekening ikhtisar laba rugi.

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa Akuntansi Pengantar

Contoh Kasus Penutupan Pembukuan Perusahaan Dagang

Contoh kasus penutupan pembukuan perusahaan dagang dan jasa dilaksanakan dengan membedakan akun nominal dan akun riil. Bagi perusahaan, keuntungan akan menghasilkan tambahan modal pemilik. Pembagian laba rugi didapatkan setelah entitas membagikan dividen kepada para pemegang saham.

Contoh soal jurnal penutup akuntansi pengantar terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan penghasilan sebesar Rp 51.000.000 dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 24.360.000. Pemilik mengambil uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp 1.560.000. Bagaimana cara membuat jurnal penutupnya:

Jurnal Penutup Pendapatan dan Beban

Jurnal penutup pendapatan dan penghasilan akan dibuat perusahaan agar transaksi periode lalu tidak dibawa ke periode selanjutnya. Penggunaan prinsip matching cost againt revenue yaitu penandingan antara biaya dan penghasilan agar didapatkan keuntungan sesuai periode akuntansinya.

Adapun urutan-urutan membuat jurnal penutup akun pendapatan dan beban adalah:

TanggalKeteranganDebit Kredit
31/08/2021Pendapatan Rp 51.000.000
Ikhtisar Laba Rugi Rp 26.640.000
Biaya Rp 24.360.000
(Menutup Akun Pendapatan dan Biaya)

Jurnal Penutup Prive dan Laba Ditahan

Akun prive adalah akun yang digunakan untuk mutasi segala pengeluaran pribadi pemilik modal yang dibiayai oleh perusahaan. Laba ditahan adalah keuntungan kegiatan operasional perusahaan setiap periode. Akun prive memiliki saldo normal debit dan laba ditahan memiliki saldo normal kredit.

Jurnal penutup prive bertujuan menentukan modal akhir dari saldo laporan perubahan modal pemilik. Posting jurnal umum ke buku besar harus diselenggarakan agar seluruh riwayat transaksi dapat dijalankan.

Adapun jurnal penutup akun laba ditahan dan prive yang harus dibuat oleh perusahaan adalah:

TanggalKeteranganDebit Kredit
31/08/2021Ikhtisar Laba Rugi Rp 26.640.000
Prive Rp 1.650.000
Ekuitas Rp 24.990.000
(Menutup Akun Prive)

Baca Juga: Jurnal Penjualan Aktiva Tetap Sejenis dan Tidak Sejenis

Demikian contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang dan jasa akuntansi pengantar. Tujuan pembuatan jurnal penutup adalah mengakhiri penggunaan akun nominal agar dapat ditentukan keuntungan ekonomis yang didapatkan dalam satu periode akuntansi.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Dagang dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel