Jurnal dan Contoh Soal Penjualan Aset Tetap Sejenis

Konten [Tampil]

Jurnal dan contoh soal penjualan aset tetap sejenis dilaksanakan ketika perusahaan memiliki kendaraan dan mesin yang rusak dan menyebabkan biaya perbaikan cenderung mahal. Pertukaran aktiva tetap dapat menjadikan perusahaan memperoleh keuntungan dan kerugian ketika jumlah yang diterimanya tidak sesuai dengan nilai buku.

Contoh soal penjualan aktiva tetap dan jawabannya akan dijadikan pembanding antara  nilai buku dengan hasil yang diterima oleh perusahaan. Apabila perusahaan memperoleh hasil penjualan lebih besar daripada nilai buku maka entitas memperoleh keuntungan yang harus dipotongkan pajak penghasilan badan tahunan.

Pelepasan aktiva tetap dapat dilakukan perusahaan dengan mempertimbangkan kekayaan yang disetorkan ke kas negara. Penghentian pemakaian aset tetap terjadi karena adanya penjualan aktiva tetap dan pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis bergantung kebijakan perusahaan merealiasaikan aset non kas.

Jurnal dan Contoh Soal Penjualan Aset Tetap Sejenis


Pajak atas Penjualan Aset Tetap Perusahaan

Pajak atas penjualan aset tetap perusahaan tetap dikenakan sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku di indonesia. Setiap tambahan manfaat ekonomis yang diterima wajib pajak akan terutang pajak penghasilan badan atau orang pribadi sehingga perusahaan harus menyetorkannya ke kas negara.

Tarif pajak penjualan aktiva tetap selain tanah dan bangunan adalah bergantung omzet yang didapatkan pada tahun fiskal tersebut. Penjualan tanah dan bangunan akan dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang bersifat final sehingga entitas tidak diperkenankan menggunakannya sebagai kredit pajak.

Pajak penghasilan atas penjualan aset tetap berlaku bagi setiap perusahaan yang telah menjadi pengusaha kena pajak. Akun rugi dalam jual beli aktiva tetap memiliki saldo normal debit. Akun laba dalam jual beli aset tetap memiliki saldo normal kredit. Hal ini disesuaikan dengan akun pendapatan dan beban tahun berjalan.

Baca Juga: Alasan Perusahaan Menjual Mesin dan Bangunan yang Dimilikinya

Contoh Soal dan Jurnal Jual Beli Aset Tetap

Contoh soal dan jurnal penjualan aset tetap akan membandingkan antara nilai buku dengan jumlah yang didapatkan perusahaan yaitu kas dan setara kas. Nilai wajar adalah harga sekarang dari aktiva tetap sejenis yang dibeli perusahaan dimasa lalu. Nilai wajar akan dibandingkan dengan biaya perolehan aktiva tetap.

Contoh soal dan jawaban penjualan aktiva tetap sejenis dapat berupa kekayaan perusahaan yang digunakan produksi. Pelepasan aset tetap dilaksanakan dengan menghitung nilai buku terlebih dahulu agar dapat ditentukan harga jual barang sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan tahun berjalan.

Contoh soal penjualan aset tetap dan jawabannya harus dilaporan pada catatan atas laporan posisi keuangan sebagai pendapatan luar biasa. Biaya perolehan adalah harga jual barang, biaya transportasi bahkan biaya restorasi mesin dan peralatan untuk sampai ke gudang pembeli.

Baca Juga: Pajak Penghasilan atas Revaluasi Aktiva Tetap

Pencatatan Transaksi Penjualan Aset Tetap Sejenis

Pencatatan transaksi penjualan aset tetap sejenis dan tidak sejenis bergantung laba dan rugi yang didapatkan perusahaan. Laba pertukaran aktiva tetap dengan kas dan setara kas akan menghasilkan pendapatan yang dilaporkan sebagai tambahan penghasilan luar biasa karena tidak berasal dari aktivitas operasional.

Soal penjualan aktiva tetap sejenis terjadi pada PT Masraffi yang menjual kendaraan yang telah dibelinya seharga Rp 84.000.000 dan dipakai selama 3 tahun. Perusahaan akan memperoleh kas sebesar Rp 65.000.000. Bagaimana cara menghitung laba dan rugi pertukaran aset tetap sejenis?

Keterangan Perhitungan
Biaya Perolehan Rp 84.000.000
Biaya Depresiasi Rp 31.500.000
Nilai Buku Rp 52.500.000
Kas dan Setara Kas Rp 65.000.000
Laba Rugi Penjualan Aset Rp 12.500.000

Jurnal penjualan aktiva tetap sejenis dan tidak sejenis berlaku bagi seluruh kekayaan yang diperjualbelikan dalam rangka memperoleh kas dan setara kas. Bagi perusahaan, penjualan aktiva akan menambah arus kas operasional yang berguna untuk membayar tagihan jatuh tempo. Adapun jurnal pertukaran aset tetap:

TanggalKeteranganDebitKredit
05/06/2021Akumulasi Penyusutan Rp 31.500.000
Kas Rp 65.000.000
Kendaraan Rp 84.000.000
Laba Penjualan Rp 12.500.000

Baca Juga: Contoh Kasus Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Demikian contoh soal dan jurnal penjualan aset tetap akuntansi keuangan menengah semoga dapat membantu menjawan pertanyaan wawancara dan soal essay. Penjualan aktiva tetap berarti melepaskan penggunaan mesin dan peralatan produksi untuk kegiatan operasional perusahaan.

0 Response to "Jurnal dan Contoh Soal Penjualan Aset Tetap Sejenis"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel