Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap dan Jurnalnya

Konten [Tampil]

Contoh soal penghentian aktiva tetap dan jurnal transaksi dilaksanakan setelah perusahaan memutuskan tidak menggunakan lagi aset tersebut. Mengapa penghentian pemakaian aset tetap dapat diputuskan oleh manajemen karena pihak internal mengetahui jenis kerusakan yang menyebabkan kerugian perusahaan.

Jurnal penghentian aset tetap jika memperoleh laba dan rugi adalah bergantung pada kekayaan perusahaan yang diinvestasikan. Ketika aktiva tetap yang sudah dilakukan depresiasi penuh tetapi masih dapat digunakan maka perusahaan tidak perlu membuat jurnal transaksi penyusutan setiap periodenya.

Cara menghentikan aset tetap dapat dilakukan dengan melaksanakan transaksi jual beli yang mendatangkan kas atau setara kas. Aktiva tetap adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan produksi dan memiliki usia lebih dari satu periode akuntansi.

Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap dan Jurnalnya


Alasan Menghentikan Pemakaian Aset Tetap

Jelaskan alasan penghentian pemakaian aset tetap bergantung kebijakan perusahaan ketika menggunakan peralatan produksinya. Perbedaan masa manfaat dan usia ekonomis berdampak pada jumlah penyusutan yang dilaksanakan perusahaan selama satu periode mengikuti aturan perpajakan yang berlaku di perusahaan tersebut.

Mengapa aset tetap dapat diakhiri pemakaiannya dan diputuskan oleh manajemen karena bergantung pada kondisi keuangan di perusahaan tersebut. Aktiva tetap memiliki masa manfaat yaitu jangka waktu diperkirakan mesin dapat melaksanakan kegiatan operasional secara efektif untuk meningkatkan omzet perusahaan.

Kondisi seperti apa perusahaan melakukan penghapusan aset tetap ketika kekayaan perusahaan tidak mendatangkan manfaat di masa mendatang. Kapan aktiva tetap dihentikan? ketika entitas menaksir bahwa tidak dapat diperolehnya manfaat di akhir periode akuntansi dan tidak diterimanya kas penjualan.

Baca Juga: Jurnal Aktiva Tetap yang Dibangun Sendiri

Contoh Soal Essay Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap dan jawabannya akan dilaksanakan dengan menggunakan metode penyusutan. Nilai buku dan harga wajar diperlukan karena perusahaan diharuskan dapat menaksir kerugian ketika melaksanakan penghapusan aktiva tetap.

Soal dan jawaban penghentian pemakaian aktiva tetap dilaksanakan ketika manajemen memutuskan waktu berakhirnya mesin bekerja. Nilai buku adalah estimasi harga aset perusahaan yang diperoleh dari pengurangan antara biaya perolehan dengan biaya penyusutan menggunakan metode depresiasi sesuai kebijakan manajemen.

Mengapa harga perolehan berpengaruh terhadap penghentian pemakaian aset tetap sebab perusahaan akan menaksir kerugian ketika mesin dan bangunan sudah tidak digunakan lagi. Biaya perolehan adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka mempersiapkan aktiva tetap untuk kegiatan operasionalnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Jurnal Penghentian Pemakaian Aset Tetap Ketika Memperoleh Laba atau Rugi

Jurnal penghentian pemakaian aset tetap jika memperoleh laba atau rugi adalah ketika entitas belum mencapai depresiasi penuh. Aktiva tetap yang belum mencapai depresiasi penuh tetapi dilakukan penghentian pemakaian maka akan mendatangkan kerugian bagi perusahaan jika tidak diterimanya  kas.

Contoh soal essay dan pilihan ganda penghentian pemakaian aset tetap akuntansi keuangan menengah terjadi pada PT Masraffi yang memiliki komputer server seharga Rp 8.500.000 dan didepresiasi selama 4 tahun. Pihak manajemen memutuskan menghentikan pemakaian aset tetap karena sudah tidak produktif diakhir tahun ketiga.

Bagaimana cara menghitung nilai buku, nilai residu dan biaya perolehan aktiva tetap yang didapatkan ketika perusahaan melaksanakan tindakan pelepasan aset tetap yaitu penjualan atau penghentian aset tetap. Adapun contoh perhitungan penghentian pemakaian aset tetap adalah:

Harga Perolehan Rp    8.500.000
Depresiasi Rp 6.375.000
Kerugian Perusahan Rp 2.125.000

Jurnal penghentian aktiva tetap jika memperoleh rugi dan laba berpengaruh terhadap harga perolehan dan laporan keuangan tahun berjalan. Kerugian akibat pelepasan aset tetap akan dianggap sebagai kejadian luar biasa. Adapun jurnal transaksi penghapusan aset tetap yaitu:

TanggalKeteranganDebitKredit
04/02/2021Akumulasi Depresiasii Rp 6.375.000
Beban Kerugian Penghentian Aset Tetap Rp 2.125.000
Komputer Rp 8.500.000

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Perolehan Aktiva Tetap menurut PSAK

Demikian contoh soal penghentian aktiva tetap dan jurnal akuntansi keuangan menengah semoga dapat menjawab pertanyaan pilihan ganda dan soal essay. Apabila terdapat penjelasan yang kurang dimengerti, dapat menghubungi kami melalui kontak kami di halaman website ini.

0 Response to "Contoh Soal Penghentian Aktiva Tetap dan Jurnalnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel