Contoh Soal BOP Dibebankan Terlalu Tinggi atau Rendah

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya overhead pabrik dibebankan terlalu tinggi atau terlalu rendah terhadap bop aktual terjadi sebab adanya ketidakefisiensi kegiatan produksi dari proses penganggaran bop yang dilaksanakan. Materi akuntansi biaya berkaitan dengan pertanyaan biaya bahan langsung dan biaya konversi produk jadi.

Contoh analisis selisih biaya overhead pabrik sesungguhnya ke pembebanan bop dibebankan dilaksanakan setiap awal kegiatan produksi. Bagaimana perlakuan jika jumlah pembebanan terlalu tinggi dan terlalu rendah hanya memperlakukan sebagai biaya tambahan atas kegiatan produksi barang jadi.

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik diketahui oleh akuntan perusahaan setelah memeriksa sistem pengendalian internal. Internal control inventory digunakan sebagai dasar informasi harga pokok penjualan barang jadi yang dilaksanakan setiap bulan oleh pihak marketing perusahaan.

Contoh Soal BOP Dibebankan Terlalu Tinggi atau Rendah


Penyebab dan Perlakuan BOP Dibebankan Terlalu Tinggi atau Rendah

Penyebab dan perlakuan bop dibebankan terlalu tinggi atau rendah berakibat pada harga jual barang yang tidak mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Harga pokok penjualan barang jadi diperoleh dari seluruh pengeluaran perusahan dalam menjalankan kegiatan produksi barang yang dipesan pelanggan.

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik dilaksanakan guna menghindari adanya pembebanan biaya yang tidak sesuai peruntukkannya. Bedanya BOP applied dan BOP aktual adalah dasar penetapan biaya produksi yang diperuntukkan untuk menghitung keuntungan perusahaan periode tersebut.

Penyebab terjadinya bop dibebankan tidak sesuai bop aktual karena proses produksi tidak berjalan sesuai rencana perusahaan. Ketidakefisiensi kegiatan produksi dan proses penetapan tarif bop yang tidak menunjukkan kewajaran saldo akhir perusahaan berakibat pada laporan laba rugi dan pajak penghasilannya.

Baca Juga: Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Contoh Soal dan Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Per Unit Produksi

Contoh soal dan cara menghitung biaya overhead pabrik per unit produksi dihasilkan dari kegiatan perusahaan mendayagunakan seluruh kemampuannya melaksanakan kegiatan produksi. Macam-macam biaya produksi terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel terhadap persediaan barang jadi perusahaan.

Contoh soal biaya overhead pabrik per unit produksi yang dihasilkan harus dapat dipertanggungjawabkan pihak perusahaan di akhir periode. Biaya bahan baku dan tenaga kerja berakibat pada penetapan harga pokok penjualan barang jadi setiap akhir periode akuntansi.

Cara menghitung biaya overhead pabrik per unit didapatkan dari bop variabel dan bop tetap yang dibagikan ke seluruh produk yang berhasil dibuat. Total bop harus sesuai dengan anggaran bop dibebankan agar tidak menjadikan perusahaan bertambah kerugian di akhir periode akuntansi.

Baca Juga: Langkah Menghitung Unit Ekuivalen Akuntansi Biaya

Perbedaan Bop Dibebankan dan Bop Aktual

Perbedaan bop dibebankan dan bop aktual dilakukan untuk mempertanggungjawabkan biaya yang dikeluarkan perusahaan setiap bulannya. Adanya biaya produksi maka dijadikan sebagai dasar harga pokok penjualan barang sehingga didapatkan penjualan kotor yang harus dikurangi biaya administrasi.

Contoh soal analisis biaya overhead pabrik telah terjadi pada PT masraffi yang telah memperhitungkan bop sesungguhnya sebesar Rp 24.000.000. Proses penganggaran bop dibebankan perusahaan dilaksanakan dan didapatkan hasil sebesar Rp 23.500.000. Bagaimana cara menghitung bop per unit.

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/04/2021PDP - BOP Rp 23.500.000
BOP Aplied Rp 23.500.000
(Jurnal Anggaran BOP)
14/04/2021BOP Aktual Rp 24.000.000
Kas Rp 4.800.000
Persediaan Bahan Penolong Rp 6.000.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 8.400.000
Akumulasi Penyusutan Rp 4.800.000
(Jurnal BOP Sesungguhnya)
30/04/2021BOP Applied Rp 23.500.000
Selisih BOP Rp 500.000
BOP Aktual Rp 24.000.000
(Jurnal Perlakukan Selisih BOP)

Baca Juga: Bedanya Biaya Bahan Baku dan Biaya Konversi

Demikian contoh perhitungan biaya overhead pabrik per unit produksi, jam mesin, jam kerja karyawan bahkan biaya tenaga kerja langsung. Sistem pengendalian internal atas biaya overhead digunakan sebagai dasar pembayaran atas produk yang dihasilkan perusahaan setiap periodenya.

0 Response to "Contoh Soal BOP Dibebankan Terlalu Tinggi atau Rendah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel