Contoh Soal Perlakuan Selisih Biaya Overhead Pabrik

Konten [Tampil]

Contoh soal perlakuan selisih biaya overhead pabrik akan menimbulkan permasalahan keuntungan dan kerugian proses pembuatan produk. Bagaimana mekanisme dalam pengawasan biaya overhead pabrik dilaksanakan dengan menggunakan sistem pengendalian internal atas persediaan dan proses produksi.

Contoh soal analisis selisih biaya overhead pabrik terjadi karena penggunaan tarif yang direkapitulasi dalam akun biaya pengendali. Kapasitas produksi yang diinginkan akan dilaksanakan guna mengindari adanya kecurangan pembuatan produk diantaranya kapasitas teoritis, kapasitas normal dan kapasitas sesungguhnya yang diharapkan.

Penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah ketidaksesuaian penggunaan anggaran yang ditetapkan dalam setiap proyek produksi. Pertanyaan tentang biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik bertujuan untuk menetapkan harga pokok penjualan per unit produk yang dibuatnya.

Contoh Soal Perlakuan Selisih Biaya Overhead Pabrik


Penyebab Terjadinya Selisih Biaya Overhead Pabrik

Penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah rencana produksi yang tidak sesuai dengan kapasitas yang diinginkan. BOP applied adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk setiap produknya yang dialokasikan berdasarkan kapasitas sesungguhnya yang diinginkan perusahaan.

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhread pabrik menurut para ahli tentu berkaitan dengan proses penentuan tarif bop aktual. Penyusunan anggaran untuk setiap elemen produksi dibedakan menjadi biaya variabel dan biaya tetap sehingga akan menghasilkan BOP total per unit produksi yang diinginkan.

Penyebab terjadinya analisis selisih biaya overhead pabrik dilaksanakan dalam rangka menjalankan kegiatan produksi barang jadi. Penggunaan satu tarif atau beberapa tarif untuk setiap departemen produksi memungkinkan perusahaan memperoleh hasil akurat tentang harga pokok penjualan barang jadi.

Baca Juga: Contoh Kasus Transfer Pricing Akuntansi Biaya

Metode Perlakuan Selisih Biaya Overhead Pabrik

Metode perlakuan selisih biaya overhead pabrik harus dilaksanakan setiap periodenya guna menentukan terjadinya kurang dibebankan atau lebih dibebankan. Menutup biaya overhead pabrik dibebankan ke bop sesungguhnya harus didasarkan pada tingkat keuntungan yang diharapkan.

Perlakuan selisih biaya overhead pabrik sesungguhnya dan biaya overhead pabrik dibebankan harus didasarkan pada buku pembantu persediaan. Penyebab terjadinya selisih BOP aktual dengan BOP applied adalah kesalahan dalam menentukan tarif dan ketidakefisiensi kegiatan produksi barang dagang.

Contoh soal dan jawaban selisih biaya overhead pabrik terjadi pada PT Masraffi yang menetapkan tarif bop dibebankan sebesar Rp 900 untuk 70.000 unit produksi. Apabila diketahui BOP aktual yang terjadi sebesar Rp 70.000.000. Berapakah jumlah bop aktual yang kurang dibebankan periode tersebut.

Baca Juga: Macam-Macam Biaya Produksi

Cara Menghitung Selisih BOP Kurang Dibebankan atau Lebih Dibebankan

Cara menghitung selisih bop kurang dibebankan atau lebih dibebankan bergantung kebijakan perusahaan. Bagaimana mekanisme dalam pengawasan biaya overhead pabrik akan menentukan efektifitas kegiatan produksi setiap hari yang dilaksanakan guna memenuhi pesanan pelanggan.

Contoh perhitungan analisis selisih biaya overhead pabrik harus dilaksanakan guna menetapkan biaya produksi. Besarnya harga pokok penjualan bergantung pada biaya bahan dan biaya konversi yang dilaporkan pada laporan laba rugi komprehensif. Adapun cara menghitung selisih bop sebagai berikut:

BOP Applied = Tarif BOP x Unit Produksi
BOP Applied = Rp 900 x 70.000 unit produksi
BOP Applied = Rp 63.000.000

Pengumpulan biaya overhead pabrik sesungguhnya akan dijadikan dasar dalam menentukan BOP Aktual. BOP aktual adalah biaya yang dikeluarkan pabrik untuk membuat barang jadi. Adapun jurnal transaksi penentuan tarif BOP akuntansi biaya yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/02/2021PDP - BOP Rp 63.000.000
BOP Aplied Rp 63.000.000
(Jurnal Anggaran BOP)
13/02/2021BOP Aktual Rp 70.000.000
Kas Rp 14.000.000
Persediaan Bahan Penolong Rp 17.500.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 24.500.000
Akumulasi Penyusutan Rp 14.000.000
(Jurnal BOP Sesungguhnya)
28/02/2021BOP Applied Rp 63.000.000
Selisih BOP Rp 7.000.000
BOP Aktual Rp 70.000.000
(Jurnal Perlakukan Selisih BOP)

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas

Demikian contoh soal perlakuan selisih biaya overhead pabrik semoga dapat membantu menjawab pertanyaan soal essay akuntansi biaya. Departementalisasi biaya overhead pabrik akan menentukan proses transfer pricing yang harus dikenakan pajak penghasilan atas orang pribadi di perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Perlakuan Selisih Biaya Overhead Pabrik"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel