Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang wesel berbunga dan jawabannya dilakukan agar dapat memperoleh penghasilan dengan menggunakan prinsip akrual. Wesel tagih terdiri dari wesel berbunga dan wesel tanpa bunga yang diberikan kepada perusahaan karena adanya pemberian kenikmatan dimasa lampau yang belum terpenuhi.

Bagaimana cara menghitung wesel berbunga berhubungan dengan tanggal penerbitan tagihan dan persentase bunga yang disetujui oleh penerbit. Pengertian wesel menurut para ahli adalah surat perintah kepada pihak ketiga untuk melaksanakan kewajiban pembayaran hutang yang telah jatuh tempo sesuai kesepakatan.

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tidak berbunga memiliki kekuatan hukum untuk dilakukan penagihan. Surat wesel dapat dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo yang disebut pendiskontoan wesel. Penjualan kredit mengakibatkan adanya kekayaan perusahaan yang belum diserahkan ketika barang atau jasa diberikan.

Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Jawabannya


Piutang Wesel Berbunga dan Tanpa Bunga

Pengertian wesel berbunga menurut para ahli adalah surat perintah untuk membayarkan sejumlah uang kepada perusahaan dalam rangka melunasi tagihan jatuh tempo. Manfaat wesel tagih adalah perusahaan akan memperoleh kepastikan tentang pembayaran hutang yang belum dapat dilunasi oleh pelanggan.

Perbedaan wesel tagih dan wesel bayar adalah pengakuannya dilaporan posisi keuangan. Wesel tagih diakui sebagai kekayaan perusahaan. Sedangkan, wesel bayar diakui sebagai liabilitas perusahaan. Laporan posisi keuangan harus dapat merepresentasikan kekayaan perusahaan selama satu periode akuntansi.

Pengertian wesel tanpa bunga adalah surat pemberian kepastikan tentang jadwal pembayaran hutang yang jatuh tempo. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat bunga wesel adalah total pinjaman dan jangka waktu pinjaman tersebut. Pelanggan yang memiliki riwayat bagus dalam pembayaran akan diberikan jangka waktu lebih lama.

Baca Juga: Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Contoh Perhitungan Piutang Wesel Bunga

Contoh perhitungan piutang wesel bunga akan terjadi jika dalam surat perjanjian telah menyebitkan bunga tertentu. Catatan atas laporan posisi keuangan harus dapat menilai tingkat bunga yang menjadi pendapatan tahun berjalan dan pendapatan tahun berikutnya agar mengikuti standar akuntansi keuangan.

Contoh soal perhitungan piutang wesel bunga harus mempertimbangkan tanggal yang tercantum dalam surat perjanjian. Wesel bayar adalah surat perintah untuk membayarkan sejumlah dana dari rekening penerbit wesel dalam waktu yang ditentukan bersamaan dengan tingkat bunga yang dijanjikannya.

PT Masraffi membeli peralatan dengan menerbitkan wesel bayar sebesar Rp 8.000.000 dengan bunga 10% pertahun. Bagaimana jurnal transaksi pada waktu penerbitkan wesel, pengakuan bunga wesel dan jurnal pelunasan wesel apabila dibayarkan secara tunai pada akhir bulan 10?

Baca Juga: Bedanya Wesel Tagih dan Surat Promes

Bagaimana Cara Menghitung Wesel Berbunga

Bagaimana cara menghitung wesel berbunga bergantung pada kebijakan pembayaran pada akhir periode tentang piutang wesel. Piutang wesel merupakan akun aktiva perusahaan sehingga menambahkan kekayaan dan terutang pajak penghasilan badan ketika melaporkan spt tahunan badan.

Cara menghitung bunga wesel dilakukan melalui rumus tingkat bunga x jumlah hari x nilai nominal wesel. Ketika menghitung bunga wesel maka dianggap per hari adalah 365hari atau 12 bulan. Bagaimana cara menghitung piutang wesel yang jatuh tempo pada akhir periode yaitu:

Nilai NominalBungaJumlah Hari per Tahun Bunga Per Tahun
Rp    8.000.000 10%0,83 Rp 666.667

Contoh jurnal piutang wesel berbunga harus dibuat pada waktu penerbitan wesel, pengakuan piutang bunga wesel dan pembayaran wesel bayar pada akhir periode. Pengakuan piutang wesel dapat berasal dari penjualan kredit dan pemberian pinjaman. Adapun jurnal transaksi penerbitan wesel tagih adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Piutang Wesel Rp 8.000.000
Kas Rp 8.000.000
31/12/2021Kas Rp 8.666.667
Piutang Wesel Rp 8.000.000
Pendapatan Bunga Wesel Rp 666.667

Baca Juga: Contoh Laporan Harga Pokok Produksi 2 Departemen

Demikian contoh soal piutang wesel berbunga dan jawabannya semoga dapat menambah wawasan tentang pertanyaan akuntansi keuangan menengah dan sistem informasi akuntansi. Piutang wesel harus dilaporkan dan dicatat sebagai piutang atau liabilitas perusahaan diakhir periode.

0 Response to "Contoh Soal Piutang Wesel Berbunga dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel