Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik dan jawabannya berkaitan dengan alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi. Biaya overhead pabrik menurut para ahli adalah transaksi kegiatan produksi yang berkenaan dengan penggunaan bahan penolong, tenaga kerja tidak langsung dan biaya lainnya.

Perbedaan biaya overhead pabrik sesungguhnya dan biaya overhead pabrik dibebankan terjadi selama proses penganggaran. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan tarif biaya overhead pabrik tentu harus didasarkan pada pemilihan mesin dan kapasitas yang digunakan oleh departemen produksi.

Pertanyaan tentang biaya overhead pabrik merupakan transaksi yang fluktuatif karena adanya perubahan aktivitas produksi dan tingkat efisiensi atas pemakaian sarana fasilitas perusahaan. Pembebanan BOP aktual ke seluruh produk perusahaan akan dilaksanakan selama satu periode akuntansi di akhir periode.

Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya


Pertanyaan Tentang Selisih Biaya Overhead Pabrik

Pertanyaan tentang selisih biaya overhead pabrik berkaitan dengan proses penganggaran dan realisasi beban perusahaan. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan tarif biaya overhead pabrik adalah satuan produk, jam mesin, kartu kerja karyawan, biaya tenaga kerja dan penggunaan bahan utama.

Pertanyaan tentang selisih biaya overhead pabrik timbul ketika perusahaan mengalokasikan seluruh sumber daya untuk kegiatan produksi tetapi tidak sesuai dengan anggaran BOP dibebankan. Kewajaran biaya atas produk dijadikan dasar pemilihan pembebanan transaksi perusahaan dikemudian harinya.

Anggaran dan selisih biaya overhead pabrik akan timbul ketika selesai menjalankan kegiatan produksi. Tujuan penganggaran BOP adalah memastikan bahwa perusahaan telah mendistribusikan pengeluaran untuk membantu kegiatan produksi secara adil melalui penentuan tarif dan besarnya biaya yang ditimbulkan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Biaya Bahan Baku dan Tenaga Kerja Langsung

Perhitungan Tarif Biaya Overhead Pabrik

Perhitungan tarif biaya overhead pabrik terjadi ketika perusahaan telah menerapkan prinsip kehati-hatian. Penyusunan anggaran BOP dibebankan dan BOP aktual akan dgunakan sebagai dasar pengenaan pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan pasal 21 yang harus disetorkan ke negara.

Langkah-langkah menentukan tarif biaya overhead pabrik harus dilakukan untuk mengalokasikan seluruh sumber daya perusahaan. Perbedaan BOP aktual dan BOP dibebankan akan diperhitungkan sebagai selisih sehingga akan memperoleh keuntungan dan kerugian atas anggaran biaya overhead pabrik yang ditetapkan.

Perhitungan tarif biaya overhead pabrik dilaksanakan dengan menyusun anggaran untuk setiap elemen biaya yang timbul diperusahaan. Pemilihan dasar pembebanan yang tepat akan memudahkan mengalokasikan jenis biaya overhead pabrik yang timbul yang berkaitan dengan kegiatan produksi.

Baca Juga: Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Jurnal Transaksi BOP Aktual dan BOP Dibebankan

Jurnal transaksi selisih BOP aktual dan BOP dibebankan adalah seluruh pengeluaran perusahan yang tidak dapat ditelusuri ke produk yang harus dibebankan sesuai dengan tarif yang ditentukan atas kapasitas sesungguhnya perusahaan. Departementalisasi biaya overhead pabrik bertujuan untk mengalokasikan laba rugi per segmen produksu.

Contoh soal dan cara menghitung biaya overhead pabrik sesungguhnya dan biaya overhead pabrik dibebankan berlaku bagi perusahaan yang telah mengalokasikan pengeluaran untuk kegiatan produksi. Mengapa diperusahaan manufaktur menggunakan biaya produksi seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya bahan penolong.

Jurnal biaya overhead pabrik jika bop dibebankan kepada produk akan diakui sebagai bop aktual. Contoh soal penganggaran BOP terjadi pada PT Masraffi yang menggunakan BOP variabel sebesar Rp 53.000.000 dan BOP tetap sebesar Rp 32.000.000 untuk melaksanakan produksi barang sebanyak 60.000. Bagaimana penentuan tarif BOP dibebankan?

Tarif BOP Variabel=53000000:60000 Rp    883,33
Tarif BOP Tetap=32000000:60000 Rp 533,33
Penentuan Tarif BOP Rp 1.416,67

Perbedaan BOP sesungguhnya dan BOP dibebankan adalah prioritas dalam menentukan dasar pengenaan pajak pertambahan nilai. Penentuan BOP Applied berguna untuk melaksanakan pembebanan pengeluaran perusahaan terhadap produk yang berhasil diproduksi sebanyak 70.000.

Tarif BOP Applied=1.416,67*70000 Rp 99.166.667

Jurnal selisih biaya overhead pabrik akan terjadi ketika anggaran BOP dibebankan melebihi BOP aktual yang dipergunakan perusahaan. Elemen biaya overhead pabrik sesungguhnya yang telah terjadi sebesar Rp 100.000.000. Maka jurnal transaksi perlakukan selisih BOP dibebankan dan BOP Aktual adalah

TanggalKeteranganDebit Kredit
03/03/2021BOP Applied Rp 99.166.667
Selisih BOP Rp 833.333
BOP Aktual Rp 100.000.000

Demikian contoh soal selisih biaya overhead pabrik dan jawabannya semoga dapat menentukan tarif bop aktual dan bop applied. Departementalisasi biaya overhead pabrik bertujuan untuk memperhitungkan laba rugi yang didapatkan disetiap segmen produksi ketika menjalankan kegiatan operasional.

0 Response to "Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel