Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik Metode Bertahap

Konten [Tampil]

Contoh soal departementalisasi biaya overhead pabrik metode bertahap berguna untuk menentukan alokasi biaya yang ditentukan oleh pengguna kegiatan produksi di segmen-segmen perusahaan. Departemen adalah tempat dimana perusahaan mengalokasikan seluruh biaya untuk menjalankan kegiatan produksi.

Contoh soal alokasi biaya departemen pendukung dapat menggunakan metode bertahap, metode langsung dan metode simultan. Penentuan tarif biaya overhead pabrik berguna dalam rangka mencegah terjadinya kecurangan penggunaan sumber daya perusahaan tanpa adanya otorisasi dari pejabat yang berwenang di perusahaan.

Alokasi biaya departemen jasa ke departemen produksi diperlukan karena kegiatan perubahan bahan baku menjadi produk pesanan entitas tidak dapat dilakukan tanpa adanya bahan penolong. Penentuan tarif biaya overhead pabrik digunakan agar pembebanan biaya lebih akurat dan dapat mengendalikan biaya perusahaan.

Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik Metode Bertahap


Pengertian Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik Menurut Para Ahli

Pengertian departementalisasi biaya overhead pabrik menurut para ahli adalah tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan seluruh pengeluaran yang berkaitan dengan biaya produk dan biaya pesanan. Perbedaan biaya prima dan biaya konversi harus mempertimbangkan pengeluaran perusahaan setiap periodenya.

Departementalisasi biaya overhead pabrik menurut para ahli bertujuan untuk mendayagunakan seluruh kekayaan perusahaan setiap periodenya. Mengapa setiap departemen yang dilalui produk memiliki tarif yang berbeda-beda karena dianggap sebagai penjualan dalam segmen perusahaan melalui transfer pricing.

Apa yang dimaksud departementalisasi biaya overhead pabrik buku mulyadi akan mempresentasikan seluruh biaya per unit produk yang dihasilkan. Biaya konversi terdiri dari pengeluaran perusahaan dalam rangka membuat barang jadi baik tenaga kerja atau penggunaan bahan penolong secara bulanan.

Baca Juga: Sistem Perhitungan Biaya dan Alokasi Biaya

Contoh Soal Alokasi Biaya Departemen Pendukung dan Jawabannya

Contoh soal alokasi biaya departemen pendukung dan jawabannya berkaitan dengan proses penentuan seluruh pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan produksi. Biaya utama dan biaya konversi akan dibuatkan laporan harga pokok produksi per departemen yang dilalui.

Contoh soal alokasi biaya departemen jasa ke departemen produksi bertujuan agar proses pembebanan biaya overhead pabrik sesuai realita yang ada di perusahaan. Departemen produksi adalah segmen perusahaan yang melakukan kegiatan membuat pesanan sesuai spesifikasi yang diminta oleh pelanggan.

Langkah-langkah menentukan tarif biaya overhead pabrik per departemen akan berguna untuk menyesuaikan tagihan jasa yang dipakai perusahaan. Biaya overhead pabrik adalah pengeluaran perusahaan yang tidak dapat ditelusuri langsung ke produk jadi sehingga harus diklasifikasikan sendiri.

Baca Juga: Contoh Kasus Just in Time dan Backflush Costing

Contoh Perhitungan Alokasi Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Departementalisasi biaya overhead pabrik ditentukan sesuai kebijakan perusahaan dalam rangka menggunakan sumber daya modal yang dimilikinya. Metode alokasi BOP melalui metode langsung, metode simultan dan metode bertahap agar dapat ditentukan prioritas pembangunan perusahaan.

Contoh soal alokasi biaya departemen pembantu ke departemen produksi terjadi pada PT masraffi yang menjalankan kegiatan produksi sesuai pesanan pelanggan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan dikerjakan melalui departemen produksi dan departemen jasa diantaranya.

Departemen BOP Sebelum Alokasi Jasa Disediakan oleh
Desain ProdukAdministrasi
Perakitan Rp 20.455.200 40%30%
Pengemasan Rp 22.159.800 60%50%
Desain Produk Rp 28.125.900 20%
Administrasi Rp 23.012.100

Contoh soal alokasi BOP metode bertahap akan menyesuikan penggunaan jasa yang dilakukan departemen pendukung sesuai kebijakan perusahaan. Apabila departemen telah menerima manfaat dari departemen lain maka segmen entitas seharusnya tidak dikenakan biaya atas kegiatan produksi.

Keterangan Jumlah Departemen ProduksiDepartemen Jasa
PerakitanPengemasanDesain ProdukAdministrasi
BOP Sebelum Alokasi Rp 93.753.000 Rp 20.455.200 Rp 22.159.800 Rp 28.125.900 Rp 23.012.100
Administrasi Rp 6.903.630 Rp 11.506.050 Rp 4.602.420 Rp (23.012.100)
Desain Produk Rp 13.091.328 Rp 19.636.992 Rp (32.728.320)
BOP Setelah Alokasi Rp 93.753.000 Rp 40.450.158 Rp 53.302.842 Rp - Rp -

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Konversi Akuntansi Biaya

Demikian contoh soal departementalisasi biaya overhead pabrik metode bertahap semoga dapat membantu sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan. Alokasi biaya departemen jasa ke departemen produksi hendaknya harus ada manfaat yang diperoleh dari pembebanan biaya tersebut.

0 Response to "Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik Metode Bertahap"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel