Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Sebuah Wesel

Konten [Tampil]

Cara menentukan tanggal jatuh tempo sebuah wesel berbunga dan wesel tanpa bunga menjadi materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Piutang wesel adalah surat perintah kepada pelanggan untuk membayarkan tagihan sesuai tanggal jatuh tempo wesel yang telah diberikan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban wesel berbunga dan wesel tanpa bunga dilaksanakan setelah perusahaan mendapatkan kepastian tentang pembayaran dan penagihan. Pendiskontoan wesel berbunga dapat dilakukan ketika entitas menginginkan memperoleh pelunasan hutang lebih cepat daripada tanggal wesel.

Perbedaan wesel bayar dan wesel tagih terletak pada pengakuan pos laporan posisi keuangan. Wesel berbunga artinya surat perintah pembayaran dimana entitas akan memperoleh pendapatan bunga dari adanya pelunasan tagihan yang ditentukan perusahaan. Bunga wesel dapat diperhitungkan berdasarkan hari, bulan dan tahun.

Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Sebuah Wesel

Penentuan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Penentuan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar dapat ditentukan berdasarkan penagihan, tanggal tertentu dan akhir bulan. Apabila jangka waktu wesel berbunga dinatakan dalam satuan bulan maka tanggal penarikan pendapatan bunga wesel hanya dapat dilakukan pada akhir bulan tersebut.

Masalah-masalah dalam penentuan tanggal jatuh tempo bunga wesel dilakukan berdasarkan bunga per tahun. Tanggal jatuh tempo berarti waktu dimana entitas harus membayarkan tagihan sesuai yang diperjanjikan sehingga pemilik wesel dapat mengajukan tuntutan hukum ketika tidak mampu melaksanakan kewajibannya.

Pengertian wesel bunga menurut para ahli adalah surat berharga yang berisikan informasi tentang perintah pembayaran sejumlah uang pada tanggal tertentu. Wesel terdiri dari wesel tagih yang diakui sebagai piutang wesel dan wesel bayar yang diakui sebagai hutang wesel pada akhir tahun fiskal.

Baca Juga: Contoh Kasus Kredit Pajak Luar Negeri PPh Pasal 24

Contoh Soal Utang Wesel Bunga dan Pembahasannya

Contoh soal utang wesel bunga dan pembahasannya menjadi bagian materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Pengertian akuntansi menurut para ahli adalah seni untuk memperhitungkan seluruh kekayaan perusahaan yang berasal dari modal pemilik dan pinjaman pihak ketiga.

Contoh soal dan jawaban piutang wesel bunga dan hutang wesel tanpa bunga akan terjadi ketika perusahaan memperoleh keterlambatan pembayaran hutang dari pelanggannya. Wesel diberikan sebagai tanda perpanjangan waktu pembayaran hutang, pelunasan sebuah piutang bahkan pembayaran aktiva tetap.

Contoh soal wesel bunga dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang memperoleh wesel bayar sebesar Rp 156.000.000 dengan bunga 8% per tahun. Wesel tersebut memiliki jangka waktu 90 hari dari penerbitannya yaitu tanggal 8 Juli 2021. Kapan waktu jatuh tempo wesel tersebut?

Baca Juga: Jurnal Penjualan Kredit dan Pelunasan Piutang Wesel

Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel bayar dan wesel tagih akuntansi keuangan menengah dan pengantar harus memperhitungkan dengan tepat karena berlaku sistem konsep nilai waktu dari sebuah uang. Piutang wesel timbul dari transaksi penjualan dan pelunasan piutang lainnya.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo sebuah wesel bergantung pada satuan waktu yang dipergunakan. Bunga wesel dapat diterbitkan berdasarkan satuan hari, bulan bahkan tahun. Perlu diingat bahwa bunga wesel yang diberikan kepada pelanggan adalah per tahun atau annualy.

Contoh perhitungan tanggal jatuh tempo sebuah wesel bunga dan wesel tanpa bunga harus dilandasi ketentuan penjualan kredit. Penjualan kredit adalah jualbeli barang atau jasa dimana pelunasan tagihan akan dilaksanakan kemudian hari. Rumus menghitung waktu jatuh tempo piutang wesel dan hutang wesel adalah:

Jatuh Tempo90 Hari
Tanggal Awal08/07/2021
Akhir Bulan Juli31/07/202123 Hari
Akhir Bulan Agustus31/08/202131 Hari
Akhir Bulan September30/09/202130 Hari
Bulan Oktober06/10/20216 Hari

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Sepaket

Demikian cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar akuntansi keuangan. Perhitungan bunga wesel dan waktu pembayaran menjadi faktor penting penerbitkan karena adanya konsep nilai waktu dari sebuah uang. Penerbitan wesel bayar menjadi pelunasan piutang dagang.

0 Response to "Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Sebuah Wesel"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel