Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Bunga dan Wesel Tanpa Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal pendiskontoan wesel bunga dan wesel tanpa bunga akan melibatkan pendapatan bunga yang diterima oleh pihak terutang. Kelebihan surat wesel adalah dapat dipindahtangankan kepada pihak lain untuk memperoleh kas dan setara kas sesuai dengan schedule arus kas yang didapatkan perusahaan.

Pengertian pendiskontoan piutang wesel menurut para ahli adalah tindakan perusahaan melakukan penjualan surat wesel sebelum masa jatuh tempo. Pemegang wesel akan memperoleh kas yang lebih kecil daripada tingkat bunga yang seharusnya didapatkan perusahaan karena penggunaan konsep nilai waktu dari uang.

Jurnal pencatatan pendiskontoan wesel tagih hanya dapat dilakukan ketika entitas memprioritaskan memperoleh arus kas operasional lebih cepat. Arus kas terdiri dari arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas modal yang akan dilaporkan setiap bulannya melalui laporan arus kas tahun berjalan.

Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Bunga dan Wesel Tanpa Bunga

Pengertian Pendiskontoan Wesel Tagih

Pengertian pendiskontoan wesel tagih adalah proses mencairkan kas dari adanya penyerahan piutang wesel lebih cepat daripada tanggal jatuh tempo wesel tersebut, Jurnal pelunasan piutang wesel dapat berasal dari penerimaan pembayaran kas dan penjualan piutang wesel sebelum masa jatuh tempo.

Contoh soal wesel bunga dan wesel tanpa bunga menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan tentang liabilitas jangka pendek. Piutang wesel tidak dapat ditagihkan dapat dilakukan penghindaran kerugian dengan membuat jurnal cadangan kerugian piutang perusahaan sehingga dapat memenuhi konsep perbandingan pendapatan dan biaya.

Definisi diskonto wesel bunga dan wesel tanpa bunga bertujuan memperoleh kas dan setara kas sebelum masa jatuh tempo piutang wesel. Harga jual wesel yang lebih rendah daripada nilai nominal wesel menyebabkan penghasilan bunga perusahaan berkurang dari yang seharusnya didapatkannya.

Baca Juga: Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Bunga dan Jawabannya

Contoh soal pendiskontoan wesel bunga dan jawabannya akuntansi keuangan menengah bertujuan agar entitas dapat melaporkan aktiva sesuai pernyataan standar akuntansi keuangan. Piutang wesel diakui ketika terjadi penjualan kredit dan penerimaan pinjaman uang atau perpanjangan masa pelunasan tagihan.

Contoh soal dan jawaban diskonto wesel tagih dan wesel bayar berlaku ketika entitas memperoleh surat wesel sebagai bentuk pertanggungjawaban pelunasan hutang. Meminjam uang ke bank dengan menggunakan wesel sebagai jaminan disebut proses terjadinya liabilitas jangka panjang atau kredit keuangan.

Contoh kasus dan cara menghitung pendiskontoan wesel tagih terjadi pada PT Masraffi yang menerima pelunasan penjualan sebesar Rp 78.400.000. Pembayaran tagihan dilakukan dengan menyerahkan wesel tagih dengan bunga 12% per tahun dan masa 90 hari. PT Masraffi memutuskan menjual wesel di 70 harinya dengan diskonto 14%?

Baca Juga: Kapan Piutang Wesel Diakui dan Dihapuskan pada Laporan Keuangan

Cara Menghitung Harga Jual Wesel Diskonto

Bagaimana cara menghitung bunga diskonto dan jangka waktu diskonto dapat dilakukan perusahaan dengan meminta pihak perbankan untuk membayarkan kas terlebih dahulu. Nilai nominal wesel adalah nilai yang tercantum pada surat wesel yang diperuntukkan menghitung tingkat bunga dan tingkat diskonto.

Tarif diskonto wesel tagih adalah harga yang ditawarkan oleh pihak pemberi kas agar entitas dapat memperoleh arus kas lebih cepat daripada tanggal jatuh tempo. Pertanyaan tentang piutang wesel adalah kapan piutang wesel akan dihapuskan? yaitu pada saat entitas telah melunasi tagihan beserta bunganya.

Cara menghitung pendiskontoan wesel tagih dapat dilakukan dengan membandingkan tingkat bunga dan tingkat diskontonya. Pendapatan bunga yang diperoleh perusahaan akan berkurang ketika entitas melakukan proses diskonto. Diskonto wesel bertujuan agar pelunasan tagihan dapat segera terselesaikan.

Nilai Nominal Wesel Rp 78.400.000
Tingkat Bunga Per Tahun12%
Tingkat Diskonto Wesel14%
Jatuh tempo90 hari
Hari Dijualnya wesel70 hari
Nilai wesel ketika jatuh tempo Rp 80.752.000
Nilai diskonto wesel Rp 2.198.249
Harga Jual Wesel ke Bank Rp 78.553.751

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Demikian contoh soal pendiskontoan wesel bunga dan wesel tanpa bunga akuntansi keuangan menengah. Liabilitas jangka pendek dan aktiva lancar harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan setiap periodenya agar dapat dipotongkan pajak penghasilan badan per tahun yang ditanggung entitas.

0 Response to "Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Bunga dan Wesel Tanpa Bunga"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel