Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa salon dan dagang diperlukan untuk menyesuaikan pendapatan dan beban yang berkaitan dengan laporan posisi keuangan. Tujuan pembuatan adjusment journal adalah menunjukkan kondisi keuangan perusahaan sebenarnya ketika pelaporan keuangannya.

Soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang, jasa dan manufaktur akuntansi pengantar menjadi materi tentang pembuatan neraca saldo. Perbedaan akun nominal dan akun riil adalah pelaporan kondisi keuangan diperiode selanjutnya dan atau berakhir periode sekarang untuk memaksimalkan laba ditahan.

Cara menyusun jurnal penyesuaian dikategorikan sebagai kelompok deferal dan akrual. Kelompok deferal adalah akun yang digunakan untuk mencatat penundaan pengakuan pendapatan dan biaya periode berjalan. Kelompok akrual adalah akun yang digunakan untuk mencatat biaya dan pendapatan yang telah terjadi.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Dagang

Akun Deferal dan Akun Akrual

Perbedaan kelompok deferal dan kelompok akrual berkaitan dengan laporan pos laporan posisi keuangan tentang akun yang terbawa di periode selanjutnya. Kelompok deferal terdiri dari beban ditunda dan pendapatan ditunda pengakuannya sampai terjadinya kepastian tentang pemanfaatan sumber daya perusahaan.

Bedanya akun nominal dan akun riil dalam pos laporan posisi keuangan berkaitan dengan informasi keadaan keuangan perusahaan periode tersebut. Akun nominal hanya mengakui pendapatan dan biaya selama periode terjadinya dengan menerapkan prinsip perbandingan pengeluaran dan pemasukan kas.

Akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar akan membahas tentang siklus akuntansi. Pengertian siklus akuntansi adalah metode pencatatan yang dilakukan perusahaan dimulai dari bukti transaksi hingga menjadi neraca keuangan dan dapat dibuktikan ketika melaksanakan kegiatan audit keuangan.

Baca Juga: Contoh Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Pengertian dan Akun-Akun Jurnal Penyesuaian

Pengertian jurnal penyesuaian adalah transaksi keuangan yang berkaitan dengan alokasi saldo-saldo agar sesuai dengan kondisi di akhir periode. Ayat jurnal penyesuaian wajib dibuat sebelum perusahaan membuat neraca saldo setelah penyesuaian agar diperoleh informasi kas yang akurat diakhir periode.

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian terdiri dari beban dibayar dimuka, depresiasi aktiva tetap, beban yang masih harus dibayar, pendapatan yang akan diterima dan pendapatan diterima dimuka. Tabel perbedaan akun kelompok akrual dan kelompok deferal sebagai berikut:

KeteranganPeriode BerjalanPeriode Selanjutnya
Kelompok DeferalKas Diterima atau dibayarPendapatan dan beban dicatat
Kelompok AkrualPendapatan dan beban dicatatKas Diterima atau dibayar

Bedanya dasar akrual dan dasar kas berkaitan dengan pengakuan pendapatan dan biaya pada periode terjadinya transaksi. Pengertian transaksi adalah segala kegiatan perusahaan yang menimbulkan kas masuk dan kas keluar. Standar akuntansi keuangan di indonesia menghendaki penggunaan dasar akrual.

Baca Juga: Pengertian Jurnal Pembalik dan Penutup

Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka

Pengertian beban dibayar dimuka adalah pengeluaran perusahaan dalam rangka penggunaan kekayaan untuk beberapa periode yang akan datang. Contoh transaksi biaya dibayar dimuka adalah pembelian perlengkapan kantor, pajak dibayar dimuka bahkan asuransi dibayar dimuka periode berjalan.

Contoh soal penyesuaian asuransi dibayar dimuka terjadi pada PT Masraffi yang melakukan perlindungan gedung dengan nilai Rp 40.000.000 selama 2 tahun. Pada periode 2021, asuransi telah berjalan selama 5 bulan. Buatlah jurnal pembelian premi asuransi dan penyesuaiannya diakhir periode.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2021Asuransi Dibayar Dimuka Rp 40.000.000
Kas di Bank Rp 40.000.000
(Jurnal Pembelian Premi Asuransi)
31/12/2021Beban Asuransi Rp 8.333.333
Asuransi Dibayar Dimuka Rp 8.333.333
(Jurnal Penyesuaian Pemakaian Asuransi)

Contoh soal penyesuian pembukuan atas transaksi pemakaian perlengkapan kantor terjadi ketika PT Masraffi melakukan opname perkakas kantor senilai Rp 7.000.000. Pada awal periode, PT Masraffi membeli perlengkapan senilai Rp 14.800.000. Buatlah jurnal penyesuaian dan pembelian perlengkapan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2021Perlengkapan Kantor Rp 14.800.000
Kas Kecil Rp 14.800.000
(Jurnal Pembelian Perlengkapan Kantor
31/12/2021Beban Pemakaian Perlangkapan Rp 7.800.000
Perlengkapan Kantor Rp 7.800.000
(Jurnal Pemakaian perlengkapan Kantor)

Baca Juga: Contoh Kasus Neraca Saldo 10 Kolom dan 12 Kolom

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa salon dan dagang akuntansi pengantar kelas 11 dan 12. Bagi badan usaha yang telah memenuhi syarat sebagai pengusaha kena pajak diwajibkan mendaftarkan diri untuk memperoleh nomor pokok wajib pajak sebagai syarat pelaporan spt tahunan.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel