Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Memiliki Substansi Komersial

Konten [Tampil]

Contoh soal pertukaran aktiva tetap memiliki substansi komersial menjadi materi akuntansi keuangan menengah bab aset tetap. Perhitungan biaya perolehan aktiva tetap ditentukan berdasarkan nilai wajar pada saat penjualan terjadi, apabila nilai wajar tidak ditemukan maka dapat digunakan nilai buku entitas.

Aktiva tetap diakui pada saat manfaat ekonomis diperoleh perusahaan dan biaya perolehannya dapat diukur handal. Apabila aktiva tetap dibeli pada bulan januari tetapi digunakan pada bulan februari maka yang digunakan sebagai dasar amortisasi dan depresiasi aktiva tetap adalah bulan digunakannya aktiva tersebut.

Berapakah jenis pertukaran aktiva tetap terdiri dari penjualan, penghentian pemakaian bahkan pertukaran aset tetap yang memperoleh laba atau rugi tahun berjalan. Depresiasi merupakan proses alokasi harga perolehan kekayaan perusahaan selama periode yang telah ditentukan oleh perusahaan sesuai kebijakannya.

Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Memiliki Substansi Komersial

Perbedaan Pertukaran yang Memiliki Substansi Komersial dan Tidak Memiliki Substansi Komersial

Bedanya pertukaran aktiva tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak memiliki substanssi komersial berkaitan dengan ada tidaknya keuntungan yang diperoleh perusahaan untuk beberapa periode mendatang. Aset yang diperjualbelikan akan mempengaruhi arus kas masuk dan arus kas keluar di masa depan.

Perbedaan pertukaran aset yang memiliki substansi komersial dan tidak memiliki substansi komersial diberlakukan sebagai alat pertanggungjawaban biaya perolehan dan biaya penyusutannya. Capital expenditure dan revenue expenditure diwajibkan dalam mengakui pos informasi laporan posisi keuangan tahun berjalan.

Bagaimana perlakuan aset tetap jika terjadi pertukaran yang memiliki substansi komersial tentu melibatkan adanya arus kas masa depan yang keluar dan masuk ke rekening bank perusahaan. Harga perolehan adalah seluruh pengeluaran perusahaan dalam upaya mendatangkan aset untuk kegiatan produksi.

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembelian Barang Dagang Tunai dan Kredit

Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Yang Memiliki Substansi Komersial

Contoh soal dan jawaban pertukaran yang memiliki substansi komersial diberlakukan setelah perusahaan memperoleh kepastian tentang manfaat ekonomis yang didapatkan dan dapat diukurnya biaya perolehan secara handal. Aktiva tetap merupakan aset untuk kegiatan operasional selama beberapa periode.

Pada pertukaran aset yang memiliki substansi komersial keuntungan dan kerugian tidak diakui ketika tidak terdapatnya kepastian perolehannya. Keuntungan penghentian pemakaian aktiva tetap akan diakui pada awal periode atas kas dan setara kas yang diperoleh perusahaan untuk beberapa periode mendatang.

Contoh soal pertukaran aset tetap yang mempunyai substansi komersial terjadi pada PT Masraffi yang menukarkan tanah dengan nilai buku Rp 75.000.000 untuk memperoleh mesin seharga Rp 30.000.000 dan kas Rp 50.000.000. Nilai wajar tanah diestimasikan senilai Rp 80.000.000. Buatlah jurnal penjualan aktiva tetap?

Baca Juga: Cara Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam dan Contoh Soal

Jurnal Penjualan Aktiva Tetap (Laba atau Rugi)

Jurnal penjualan aktiva tetap akan memperoleh laba atau rugi bergantung pada nilai buku yang diperolehnya. Nilai buku adalah nilai yang dicatat perusahaan yang berasal dari harga perolehan dikurangkan dengan biaya penyusutan yang telah dilakukannya selama beberapa periode yang berlalu.

Materi aktiva tetap akuntansi keuangan menengah berisikan informasi tentang bagaimana cara memperoleh aktiva tetap, pembuatan tabel amortisasi dan depresiasi setiap periodenya serta penjualan aset tetap ketika perusahaan memiliki nilai residu untuk memperoleh laba atau rugi tahun berjalan.

Aktiva tetap akan diakui pada saat dipergunakannya untuk kegiatan operasionalnya. Arti substansi komersial dalam pertukaran aset tetap adalah ada tidaknya arus kas yang keluar dan masuk ke perusahaan sebagai akibat pelepasan aset tersebut. Jurnal penjualan aset tetap yang memiliki substansi komersial:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Mesin Rp 30.000.000
Kas Rp 50.000.000
Tanah Rp 75.000.000
Keuntungan Pelepasan Tanah Rp 5.000.000
(Jurnal Penjualan Aset Tetap Substansi Komersial)

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Demikian contoh soal pertukaran aktiva tetap memiliki substansi komersial akuntansi keuangan menengah. Aset tetap diakui ketika dipergunakan dan diakhiri penggunaannya ketika tidak terdapatnya manfaat ekonomis di masa depan. Biaya perolehan dan biaya penyusutan hendaknya dilakukan setiap periodenya.

0 Response to "Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Memiliki Substansi Komersial"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel