Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal analisis umur piutang tak tertagih dan jawabannya diperuntukkan bagi perusahaan yang menjalankan transaksi penjualan kredit. Mengapa daftar usia piutang diperlukan auditor dan perlu dilaksanakan konfirmasi karena entitas harus menguji ketepatan pencatatan tagihan dan pembayaran pelanggan.

Contoh soal penghapusan piutang metode tidak langsung dengan membuat akun cadangan kerugian piutang menjadi prioritas terutama ketika pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan. Skedul umur piutang bermanfaat untuk menentukan prioritas pemberian barang saat adanya permintaan dari pelanggan.

Cara membuat analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih didasarkan pada pertimbangkan buku besar pembantu piutang. Apa itu analisis piutang? Bagaimana penyebab piutang tak tertagih? mengapa perusahaan perlu menilai usia piutang dan adanya konfirmasi piutang dari auditor?

Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Analisis Umur Piutang

Analisis umur piutang merupakan tindakan menentukan jumlah hari yang terlewat dari termin pembayaran sejak barang dikirimkan ke pelanggan. Penyebab terjadinya piutang dagang adalah entitas menerapkan kebijakan penjualan kredit untuk meningkatkan omzet atas barang yang hendak diperdagangkan.

Apa yang dimaksud analisis umur piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih merupakan metode untuk memperhitungkan total estimasi nilai piutang yang tidak mampu dibayarkan customer. Piutang tak tertagih termasuk akun beban, cadangan kerugian piutang termasuk akun kontra dari piutang dagang.

Pengertian analisis umur piutang merupakan aktivitas penting ketika entitas telah mengirimkan barang kepada pelanggan. Customer yang membayarkan tagihan melewati termin pembayaran menandakan adanya kesulitan keuangan dalam pembayaran dan mengurangi keberlangsunga kerjasama dengan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal PPh Badan Omzet Diatas 50 Milir dan Perhitungannya

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar terutama bab piutang dagang. Penyebab terjadinya piutang tak tertagih adalah entitas kurang memperketat syarat pembayaran kepada pelanggan dan adanya kesalahan dalam penentukan nilai kredit score atas penjualan cicilan.

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih dijalankan setiap akhir periode. Penghapusan piutang boleh dilaksanakan ketika mendapatkan bukti terjadinya kebangkrutan dari lawan transaksi yang telah dipublikasikan oleh media online setempat.

Cara menghitung umur piutang diawali dengan menentukan tanggal faktur pajak penjualan diterbitkan. Masa cut-off periode laporan keuangan menjadi dasar penilaian kualitas kredit dari pelanggan. Apabila PT Masraffi memiliki saldo cadangan kerugian piutang sebesar Rp 1.240.000 dan buku besar sebagaimana terlampir. Buatlah jurnal penghapusan piutang yang diperlukan?

Kode PelangganNama PelangganTanggal Faktur PajakTermin pembayaran
C001PT Adek Raffi14/07/2022n/30
C002PT Mbak Raffi15/10/2022n/30
C004PT Kakak Raffi07/12/2022n/30

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Jawabannya

Cara Menghitung Umur Piutang Dagang

Cara menghitung umur piutang dagang berdasarkan contoh soal analisis usia piutang tak tertagih diprioritaskan pada tagihan yang memiliki kemungkinan tidak dapat dibayar. Cadangan kerugian piutang perlu dibentuk agar meningkatkan pemanfaatan laporan keuangan dalam pengambilan keputusan.

Cara menghitung umur piutang dagang bertujuan agar entitas dapat menentukan kualitas pembayaran tagihan pelanggan. Metode penghapusan piutang terdiri dari menghapus piutang langsung atau membentuk cadangan kerugian piutang. Perpajakan tidak mengakui adanya biaya kerugian akibat tidak dibayarkannya tagihan pelanggan.

Apa kegunaan analisis umur piutang bagi perusahaan adalah agar piutang dagang yang dilaporkan menunjukkan nilai yang dapat ditagihkan atas penjualan kredit dimasa lampau. Cara menghitung umur piutang dagang harus menentukan tanggal berakhirnya periode laporan keuangan dan tahun fiksal.

Nama PelangganTanggal Faktur PajakTermin pembayaranUmur Piutang
PT Adek Raffi14/07/2022n/30140 hari
PT Mbak Raffi15/10/2022n/3047 hari
PT Kakak Raffi07/12/2022n/30-6 hari

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang

Cara membuat jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang dapat dibuat setelah perusahaan menentukan dasar biaya kerugian piutang. Penyisihan piutang tak tertagih dapat didasarkan pada nilai penjualan kredit dan nilai piutang dagang yang telah jatuh tempo sesuai persentase dalam kebijakan akuntansi.

Apa kegunaan analisis umur piutang bagi perusahaan dan auditor adalah mengkaji ulang perihal ketepatan waktu pembayaran dari pelanggan. Cadangan kerugian piutang bertujuan agar entitas memperoleh membebankan biaya kerugian piutang tak tertagih tanpa mempengaruhi informasi keuangan.

Adapun jurnal penyesuaian penghapusan piutang metode tidak langsung dengan membuat akun cadangan kerugian piutang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Kerugian Piutang Rp 10.260.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 10.260.000

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Jasa dan Jawabannya

Demikian contoh soal analisis umur piutang tak tertagih dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar. Setiap sistem pengendalian internal harus dijalankan agar dapat memberikan estimasi nilai yang tepat sesuai kewajaran saldo laporan keuangan yang telah diciptakan oleh perusahaan dalam pelaporan pajak.

0 Response to "Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel