Pengertian Akuntansi Sektor Publik Adalah, Ruang Lingkup dan Karakteristik

Konten [Tampil]

Pengertian akuntansi sektor publik adalah sistem informasi yang digunakan untuk melaporkan penggunaan dana masyarakat baik penerimaan dan pengeluaran dalam bentuk laporan posisi keuangan. Tujuan, ruang lingkup dan karakteristik akuntansi sektor publik harus dapat dibedakan dengan akuntansi swasta.

Ruang lingkup akuntansi sektor publik meliputi seluruh organisasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk partai politik dan tempat peribadatan. Tujuan akuntansi sektor publik adalah melaporkan dana masyarakat yang digunakan untuk membuat fasilitas umum seperti penerangan jalan dan pembangunan fasilitas publik.

Sifat dan karakteristik akuntansi sektor publik akan mempublikasikan laporan keuangan kepada masyarakat untuk melaporkan kegiatan pengadaan barang dan jasa publik. Perumusan tujuan dan cara mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi sektor publik tersebut.

Pengertian Akuntansi Sektor Publik Adalah, Ruang Lingkup dan Karakteristik


Pengertian Akuntansi Sektor Publik Menurut Para Ahli

Pengertian akuntansi sektor publik menurut para ahli adalah sistem yang digunakan untuk mempertanggungjawabkan dan masyarakat ketika terjadi penerimaan dan pengeluaran organisasi sektor publik. Contoh organisasi sektor publik adalah BUMN, BUMN, Partai Politik dan Lembaga Pendidikan.

Pengertian akuntansi sektor publik menurut para ahli adalah sistem yang berasal dari input proses dan output untuk menghasilkan laporan kinerja dana masyarakat sebagai hasil dari perencanaan anggaran pemerintah. Akuntansi sektor publik muncul ketika adanya kekosongan pengaturan dalam mempertanggungjawabkan dana masyarakat.

Definisi akuntansi sektor publik menurut para ahli adalah proses perencanaan dan penganggaran dana untuk membuat fasilitas publik sehingga realisasi anggaran publik dapat diadakan. Pengadaan barang dan jasa publik akan diterapkan guna mengidentifikasi masalah yang ada diperusahaan tersebut.

Baca Juga: Kerangka Konseptual Akuntansi Sektor Publik

Karakteristik Akuntansi Sektor Publik dan Sektor Swasta

Karakteristik akuntansi sektor publik dan sektor swasta tentu mengakibatkan adanya perbedaan dan persamaan sehingga laporan kinerja keuangan harus segera dipublikasikan. Akuntansi menjadi bahasa bisnis sebab seluruh informasi keuangan perusahaan sudah ada di laporan posisi keuangan seperti aktiva dan hutang perusahaan.

Karakteristik akuntansi sektor publik adalah sistem yang hanya mempertanggungjawabkan dana masyarakat sehingga tidak mencari keuntungan disetiap pelaksanaan kegiatannya. Elemen akuntansi sektor publik menjadi hal yang dibutuhkan dalam pengelolaan manajemen keuangan organisasi sektor publik.

Karakteristik akuntansi sektor publik adalah dilakukannya audit oleh badan pemeriksa keuangan atau BPK pemerintah. Pertanggungjawaban penggunaan dana masyarakat untuk membangun fasilitas publik sebaiknya dilaporkan dalam laporan posisi keuangan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Publik

Ruang lingkup akuntansi sektor publik meliputi seluruh organisasi yang didirikan untuk mensejahterakan masyarakat dan tidak mencari keuntungan. Sifat dan karakteristik akuntansi sektor publik harus diketahui agar akuntan publik yang melakukan pemeriksaan dapat memisahkan antara laporan keuangan perusahaan dan organisasi sektor publik.

Ruang lingkup akuntansi sektor publik dipengaruhi oleh adanya globalisasi yang menjadikan pemerintah harus bertanggungjawab atas dana yang telah diberikan masyarakat. Kesadaran perlunya perbaikan fasilitas umum membuat pemerintah harus menggunakan dana masyakarat untuk memperbaikinya.

Ruang lingkup akuntansi sektor publik dapat digunakan sebagai alat mengatasi penggunaan dana yang telah diberikan oleh masyarakat. Jenis-jenis organisasi sektor publik diantaranya:

  1. Pemerintah pusat dan daerah
  2. Partai politik
  3. Lembaga swadaya masyarakat
  4. Yayasan dan lembaga pendidikan
  5. Tempat peribadatan dan kesehatan masyarakat

Baca Juga: Sifat dan Contoh Subsequent Event

Demikian pengertian akuntansi sektor publik, ruang lingkup dan karakteristiknya semoga dapat membantu proses pembuatan laporan posisi keuangan untuk mempertanggungjawabkan dana masyarakat.

0 Response to "Pengertian Akuntansi Sektor Publik Adalah, Ruang Lingkup dan Karakteristik"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel