Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga akan terjadi ketika perusahaan menjual obligasi setelah terjadinya penerbitan surat hutang tersebut. Obligasi jangka pendek dan obligasi jangka panjang menjadi liabilitas yang harus dibayar perusahaan pada jangka waktu yang telah ditentukan.

Penjualan obligasi dengan premium dan diskonto akan selalu diberikan ketika perusahaan menjual saham dibawah atau diatas nilai nominal. Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi harus mempertimbangkan bunga berjalan dan pendapatan bunga yang akan didapatkan oleh pembeli.

Contoh soal obligasi pengantar akuntansi 2 harus mempertimbangkan kebutuhan dana jangka panjang perusahaan. Perbedaan saham dan obligasi tentunya membuat pemegang saham lebih cenderung memilih hutang jangka panjang sebab tidak akan mempengaruhi persentase kepemilikan saham di perusahaan tersebut.

Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga


Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan kepada pihak yang mau meminjami uang dan dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Jurnal penjualan saham dengan kurs tentunya melibatkan nilai nominal saham yang diperjualbelikan sesuai standar yang berlaku.

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai macam sumber dengan memberikan bunga sebagai balas jasanya. Perusahaan lebih menyukai menerbitkan obligasi dibandingkan saham sebab ketika menerbitkan saham baru maka presentase kepemilikan perusahaan akan berubah.

Definisi obligas menurut para ahli tentunya melibatkan nilai nominal obligasi dan bunga yang akan diberikannya. Obligasi tidak akan menambah jumlah pemilik perusahaan dengan mengurangi hak pemilik lama sebab obligasi hanya membebankan biaya bunga setiap periode yang telah dilaluinya.

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo

Contoh Soal Penjualan Obligasi Dengan Premium dan Diskonto

Contoh soal penjualan obligasi dengan premium dan diskonto akan terjadi ketika perusahaan menjual surat hutang diatas atau dibawah nilai nominal. Jual beli obligasi dapat terjadi sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran bunga dan pembayaran nilai obligasi sebagai liabilitas jangka panjang.

Penjualan obligasi dengan premi dan diskonto menjadi sumber daya modal yang tidak akan menambah pemilik baru di perusahaan. Bunga berjalan adalah beban bunga yang terjadi diantara tanggal penerbitan surat hutang dengan tanggal penjualan obligasi saham tersebut.

Contoh soal penjualan obligasi terjadi pada PT Masraffi yang menerbitkan obligasi tertanggal 3 maret 2020 senilai Rp 50.000.000 dengan bungan sebesar 12% pertahun. Apabila obligasi mampu terjual pada akhir april 2020. Bagaimana jurnal penjualan obligasi yang harus dibuat?

Baca Juga: Perbedaan Saham dan Obligasi

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dalam Akuntansi

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi tetap memperhatikan terjadinya premium dan diskonto atau dengan memperjualbelikan menggunakan kurs. Jurnal penjualan saham dengan kurs dan jurnal penjualan obligasi dengan kurs tetap mempertimbangkan presentase biaya bunga yang akan diperoleh oleh pembeli.

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi dilakukan dengan mengetahui nilai nominal obligasi. Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercantum dalam surat hutang obligasi yang diperjualbelikan yang berisikan informasi jumlah rupiah yang akan dilunasi pada tanggal jatuh temponya.

Cara menghitung penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga dilakukan dengan memperhatikan jumlah bunga berjalan. Bunga berjalan bukan menjadi hak pembeli sehingga penjual tidak perlu membayarkannya pada akhir jatuh tempo. Oleh sebab itu, jurnal penjualan obligasi dengan kurs sebagai berikut ini.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30 April 2020Kas Rp 51.000.000
Hutang Bunga Rp 1.000.000
Hutang Obligasi Rp 50.000.000

Jurnal pembayaran hutang obligasi dengan bunganya harus dibayarkan pada akhir periode pelunasan obligasi jangka panjang dan jawabannya. Adapun jurnal bayar bunganya sebagai berikut ini.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30 Agustus 2020Hutang Obligasi Rp 50.000.000
Hutang Bunga Rp 1.000.000
Beban Bunga Rp 2.000.000
Kas Rp 53.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang dan Pembahasannya

Demikian contoh soal penjualan obligasi diantara dua tanggal bunga semoga dapat membantu proses pembayaran dan penagihan hutang obligasi jangka panjang dan jawabannya.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel