Manfaat Management Letter Bagi Perusahaan dan Bagi Auditor

Konten [Tampil]

Manfaat managemen letter bagi perusahaan dan bagi auditor akan berdampak pada usulan saran perbaikan atas kelemahan pengendalian internal yang diterapkan diperusahaan. Kapan management letter dibuat yaitu waktu dimana perusahaan dapat memperbaiki kelemahan pengendalian internal agar dapat menghindari kecurangan yang terjadi.

Apakah kepentingan publik dapat mengetahui management letter? berikan alasannya menjadi pertanyaan tentang bagaimana cara membuat surat manajemen tentang sistem pengendalian internal yang buruk. Management representation letter adalah surat yang diberikan oleh akuntan publik kepada manajemen perusahaan tentang usulan perbaikan sistem pengendalian internal yang telah diterapkan.

Pengertian dan contoh management letter akan berguna untuk memberikan pemahaman dan evaluasi atas pengendalian internal yang diterapkan. Akuntan publik dapat menilai pengendalian internal melalui internal control questionnaires, flowchart dan narrative.

Manfaat Management Letter Bagi Perusahaan dan Bagi Auditor


Pengertian Management Letter dan Contohnya

Pengertian management letter adalah surat yang diberikan kepada manajemen perusahan tentang usulan perbaikan atas sistem pengendalian internal yang buruk. Akuntan publik dapat memberitahukan kelemahan sistem pengendalian internal perusahaan agar apabil terjadi kesalahan atau kecurangan dikemudian hari auditor tidak mengalami tuntutan atas hal tersebut.

Pengertian management letter dan contohnya akan berguna sebagai alat untuk mendeteksi kecurangan yang dapat dilakukan oleh setiap divisi di perusahaan. Contoh management letter harusnya dibuat sesuai kelemahan pengendalian internal diurutkan sesuai pos laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif.

Management letter dan contohnya melibatkan ketepatan waktu pembuatan surat pemberitahuan kepada pimpinan perusahaan atas hasil pemeriksaan lapangan oleh auditor. Auditor diharapkan memberikan saran yang dapat langsung diterapkan diperusahaan agar kesalahan dan kecurangan yang merugikan perusahaan dapat dihindari.

Baca Juga: Contoh Management Letter Pdf

Bagaimana Cara Membuat Management Letter Yang Baik dan Benar

Cara membuat management letter yang baik seharusnya dapat mencegah adanya indikasi kecurangan sebelum berakhirnya pemeriksaan lapangan auditor. Memahami dan mempelajari sistem pengendalian internal dapat dilakukan melalui pertanyaan pengendalian internal (internal control questionnaires), bagan alir (flow chart) dan narrative memo.

Bagaimana membuat management letter yang baik dan benar haruslah berisikan tentang saran-saran yang dapat langsung diaplikasikan ke perusahaan. Akuntan publik sebaiknya menghindari saran yang terlalu teoritis, tetapi memberikan saran yang dapat langsung diterapkan agar secepatnya dapat mencegah kecurangan yang mungkin terjadi.

Apakah kepentingan publik dapat mengetahui management letter tentunya memerlukan alasan penggunaan informasi rahasia perusahaan. Bagaimana cara membuat management letter yang baik dan benar dapat diurutkan dengan temuan audit tentang kelemahan pengendalian internal yang disesuaikan urutan pos laporan posisi keuangan dan laba rugi.

Baca Juga: Cara Menilai Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Apakah Kepentingan Publik Dapat Mengetahui Management Letter

Apakah kepentingan publik dapat mengetahui management letter tentu harus dimintakan izin dari klien. Akuntan publik tidak diperkenankan memberikan informasi rahasia klien kecuali telah mencapai persetujuan dari klien perusahaan. Saran-saran perbaikan sistem pengendalian internal harus menggunakan bahasa yang baik dan halus walaupun akuntan publik mengomentari kesalahan klien.

Contoh kasus management letter akan diberikan setelah akuntan publik melakukan pemeriksaan lapangan untuk menentukan ruang lingkup pemeriksaan yang dilakukan. Compliance test yang telah dilakukan auditor dapat dijadikan acuan menarik informasi kebaikan dan kelemahan pengendalian internal perusahaan.

Apakah kepentingan publik dapat mengetahui management letter haruslah didiskusikan dengan manajemen perusahaan dan dimintai komentarnya atas penerapan sistem pengendalian internal. Kelemahan dan saran yang akan diberikan sebaiknya diurutkan sesuai pos laporan keuangan kecuali terdapat item yang memerlukan penanganan lebih cepat.

Baca Juga: Perbedaan Compliance Test dan Substantive Test

Demikian manfaat management letter bagi perusahan dan bagi auditor semoga dapat meningkatkan klien kantor akuntan publik yang memiliki struktur kap lengkap.

0 Response to "Manfaat Management Letter Bagi Perusahaan dan Bagi Auditor"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel