Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas memungkinkan akuntan publik mendapatkan informasi tentang pengendalian internal yang diterapkan untuk memperoleh bukti transaksi. Pertanyaan pemeriksaan terkait ekuitas/modal diberikan dalam rangka memperoleh kebenaran dari saldo modal yang dilaporkan pada akhir periode.

Contoh kasus pemeriksaan ekuitas pemegang saham akan memberikan informasi bahwa jumlah modal disetor tidak boleh lebih dari jumlah modal ditanam. Akta pendirian akan berisikan tentang bagaimana struktur permodalan dan siapa saja yang menanamkan saham di perusahaan tersebut.

Pertanyaan pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas menjadikan perusahaan memperoleh pemahaman terhadap pengendalian internal perusahaan. Pengujian substantif dan pengujian compliance terhadap saldo modal pemegang saham harus dipertanggungjawaban untuk memastikan tidak adanya pengeluaran perusahaan yang tanpa otorisasi dari pejabat berwenang.



Pertanyaan Pengujian Substantif Tentang Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas

Pertanyaan pemeriksaan pengujian substantif tentang pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas harusnya dicarikan bukti audit yang cukup dan tepat seperti akta pendirian dan surat ijin mendirikan usaha. Ekuitas adalah hak kekayaan pemegang saham terhadap kekayaan perusahaan sesuai dengan persentase jumlah saham yang dimilikinya.

Pertanyaan pengujian substantif pemeriksaan terkait modal ekuitas perusahaan akan menjadikan akuntan publik dapat mengetahui jumlah modal tertanam diperusahaan. Adanya penjualan dan biaya luar biasa menyebabkan perseroan terbatas memiliki harga istimewa kepada para distributor dan konsumennya.

Pertanyaan pengujian substantif tentang pemeriksaan ekuitas perseroaan terbatas harus dikerjakan melalui kertas kerja pemeriksaan yang berisikan riwayat transaksi masuk dan keluarnya jumlah modal saham masing-masing pemegang saham. Adanya laba tahun berjalan dan indikasi manajemen laba membuat perusahaan harus membayar pajak penghasilan badan lebih besar.

Baca Juga: Contoh Substantive Test dan Compliance Test Ekuitas Pemegang Saham

Contoh Sistem Pengendalian Internal Terhadap Ekuitas Modal Pemilik Saham

Contoh sistem pengendalian internal terhadap ekuitas modal pemilik saham dapat dijadikan sebagai alat untuk menguji ketaatan dalam memperoleh bukti transaksi. Adanya bukti audit yang tepat dan cukup dapat mendukung pemberian opini audit terhadap laporan keuangan yang disampaikan setelah klien menyerahkan surat representasi klien.

Pengendalian internal terhadap ekuitas atau modal adalah alat untuk mendeteksi adanya kecurangan dalam menciptakan bukti transaksi. Alangkah baiknya setiap transaksi pembayaran yang telah dilakukan sudah di cap lunas agar transaksi tidak digunakan untuk pembayaran kedua kalinya.

Sistem pengendalian internal terhadap ekuitas modal pemilik saham akan berlangsung untuk mengetahui jumlah modal yang tertanam di perusahaan. Pengujian substantif adalah pemeriksaan akuntan publik untuk membuktikan kewajaran saldo laporan keuangan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Audit Hutang Jangka Panjang dan Pembahasannya

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemeriksaan Ekuitas Modal Pemegang Saham

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan ekuitas modal pemegang saham dilakukan dengan memenuhi prinsip akuntansi yang berterima umum. Prinsip konservatisme seharusnya diterapkan guna memastikan dasar pencatatan menggunakan basis accrual daripada basis kas.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan ekuitas modal pemegang saham diantaranya pemeriksaan terhadap bukti pendirian perusahaan yaitu akta pendirian. Akta pendirian adalah perjanjian antar pemegang saham untuk mendirian suatu badan usaha dalam bentuk perseroan terbatas.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan modal perseroan terbatas juga memerlukan otorisasi dari pejabat yang berwenang untuk memastikan ada tidaknya dividen saham, dividen properti dan dividen saham yang dibagikan. Oleh sebab itu, akuntan publik diharapkan menyimpan akta pendirian perusahaan sebagai permanent file selama minimal 5 tahun.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Demikian contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas dengan mengeluarkan kertas kerja pemeriksaan untuk memastikan bahwa tidak terjadi adanya manipulasi saham sebelum adanya perubahan terhadap akta pendirian perseroan terbatas.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel