Contoh Audit Hutang Jangka Panjang dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh audit hutang jangka panjang dan pembahasannya akan mempelajari bagaimana pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan pemeriksaan liabilitas jangka panjang. Pertanyaan pengendalian internal atas kewajiban jangka panjang sebaiknya dilakukan guna menghindari adanya manipulasi data keuangan terutama bagian pembayaran.

Contoh kasus pemeriksaan liabilitas jangka panjang menjadikan akuntan publik harus menggunakan bukti audit seperti bukti transfer atau pembayaran yang terotorisasi dan adanya audit prosedur yang dijalankan. Compliance test kewajiban jangka panjang dapat dilakukan dengan pemeriksaan atas penerimaan pembayaran, pembayaran cicilan pinjaman, perhitungan dan pembayaran bunga pinjaman bahkan keluar masuknya kas perusahaan.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan liabilitas jangka panjang adalah pembuktian bahwa bukti transaksi yang didapatkan ketika melakukan pengujian pengendalian internal telah dicatat perusahaan sebagaimana mestinya. Audit risk adalah kesalahan auditor dalam pemberian opini audit terhadap laporan keuangan dimana masih terdapat salah saji material.

Contoh Audit Hutang Jangka Panjang dan Pembahasannya


Prosedur Audit Pemeriksaan Hutang Jangka Panjang

Prosedur audit pemeriksaan hutang jangka panjang adalah tindakan akuntan publik memperoleh bukti audit dan memeriksa kebenaran saldo kewajiban jangka panjang yang dimilikinya. Penambahan dan pembayaran liabilitas jangka panjang sebaiknya harus terdapat otorisasi pada pinjaman kredit.

Prosedur audit pemeriksaan liabilitas jangka panjang seharusnya telah mengantisipasi adanya kecurangan pada saat penerimaan pinjaman, pembayaran cicilan pinjaman, perhitungan dan pembayaran beban bunga. Adanya perubahan terhadap diskon dan premium hutang menjadikan adanya perubahan terhadap saldo hutang perusahaan.

Audit prosedur pemeriksaan kewajiban jangka panjang yang disarankan oleh akuntan publik sebagai berikut.

  1. Mempelajari pengendalian internal perusahaan.
  2. Memeriksa adanya perubahan terhadap hutang jangka panjang terutama terjadinya diskon dan premium.
  3. Apabila terdapat pinjaman bank, maka dapat mengirimkan surat konfirmasi adanya plafon hutang, saldo per tanggal laporan keuangan dan tingkat bunga yang dibebankan.
  4. Carilah perjanjian kredit yang digunakan.
  5. Lakukan pengujian analitik terhadap beban bunga tahun lalu dengan beban bunga tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Pengendalian Internal atas Hutang Jangka Panjang

Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek pada dasarnya memastikan klien telah mencatat hutang sesuai keadaan sebenarnya perusahaan. Perbedaan sewa operasi dan sewa pembiayaan menjadikan perusahaan harus mempertimbangkan dalam proses pencatatan sesuai PSAK No 30.

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka panjang adalah mendapatkan saldo sebenarnya dari hutang yang digunakan untuk membiayai kegiatan perusahaan dalam bidang investasi. Keuntungan dan kerugian dari selisih kurs ketika melakukan pinjaman dalam mata uang asing menjadikan perusahaan harus dilindungi melalui program off-shore load.

Contoh audit hutang jangka panjang akan memberikan pemahaman bahwa perusahaan harus merepresentasikan hutang yang akan dibayarkannya pada tahun depan. Pinjaman jangka pendek dapat berubah menjadi liabilitas jangka panjang ketika terjadi perjanjian pembayaran baru dari klien.

Baca Juga: Cara Mengetahui Faktur Pajak Fiktif

Contoh Audit Hutang Jangka Panjang dan Kasus Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Contoh audit hutang jangka panjang dan kasus pemeriksaan liabilitas jangka panjang akan membuktikan tidak adanya salah saji material ketika mengakui hutang perusahaan. Liabilitas jangka panjang adalah pembayaran hutang yang diharapkan dapat dilakukan dalam jangka waktu 12 bulan sejak laporan keuangan diajukan.

Contoh kasus pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan audit hutang jangka panjang akan membuktikan bahwa perusahaan telah mengakui adanya beban bunga dan pembayaran cicilan setiap bulannya. Sewa operasi dan sewa pembiayaan menjadi jenis sewa yang berbeda sehingga akuntan publik dapat membedakan antara kedua jenis sewa perusahaan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan hutang jangka pendek terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saldo hutang sebesar Rp 30.000.000 dimana pembayarannya dilakukan cicilan selama 15x. Apabila perusahaan telah membayar cicilan selama 14x dan berdasarkan temuan audit hanya dibayarkan selama 10x, buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan?

PencatatanTanggalKeteranganDebitKredit
Klien01/01/2020KasRp30.000.000
Hutang BankRp30.000.000
Klien31/12/2020Hutang BankRp14.000.000
KasRp14.000.000
Auditor31/12/2020Hutang BankRp10.000.000
KasRp10.000.000
Audit Adjustment31/12/2020KasRp4.000.000
hutang BankRp4.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Audit Ekuitas dan Surat-Surat Berharga

Berikut ini penjelasannya dalam bentuk video animasi pemeriksaan liabilitas jangka panjang



Demikian contoh audit hutang jangka panjang dan pembahasannya semoga dapat membantu bagaimana cara menggunakan prosedur audit ketika memeriksa laporan keuangan.

0 Response to "Contoh Audit Hutang Jangka Panjang dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel