Contoh Kasus Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan atas perkiraan laba rugi melibatkan keluarnya pendapatan operasi, harga pokok penjualan, beban pemasaran dan beban administrasi. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan laba rugi tentunya pengevaluasian terhadap pengendalian internal perusahaan.

Pertanyaan tentang pemeriksaan atas akun laba rugi tentu bergantung bagaimana cara perusahaan mengakui adanya pendapatan dan beban tahun berjalan. Perusahaan kontrak konstruksi diberikan hak untuk memilih metode persentase penyelesaian untuk mengakui pendapatan ketika jumlah pendapatan dapat diukur handal.

Pertanyaan pemeriksaan atas laba rugi perseroan terbatas melibatkan pengakuan pendapatan dan pengakuan beban tahun berjalan. Pendapatan dapat diakui ketika terdapat kemungkinan manfaat ekonomis yang diterima pada masa depan, biaya transaksi dan biaya penyelesaian dapat diukur handal dengan metode akrual.

Contoh Kasus Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi


Kapan Suatu Pendapatan Baru Akan Diakui

Kapan suatu pendapatan dapat diakui berkaitan dengan bagaimana cara mengukur pendapatan berdasarkan nilai wajar atas pembayaran yang diterima dan masih harus diterima. Apakah piutang diakui sebagai pendapatan sebab penjualan kredit akan menghasilkan piutang usaha sehingga harus diakui sebagai pendapatan tahun berjalan.

Contoh kriteria terealisasi dan cukup terealisasi melibatkan adanya pengakuan pendapatan dari penjualan suatu aset yang berasal dari penjualan kredit atau penjualan tunai. Contoh soal pengakuan pendapatan pada saat penjualan bergantung pada jenis perusahaan seperti perusahaan konstruksi atau perusahaan manufaktur.

Kapan suatu pendapatan dapat diakui yaitu pada saat penghasilan dapat diukur dengan handal. Syarat-syarat pendapatan dapat diakui sebagai penghasilan tahun berjalan adalah.

  1. Perusahaan telah menyerahkan risiko dan manfaat atas penggunaan barang yang dijual.
  2. Pendapatan dapat diukur dengan handal
  3. Adanya manfaat ekonomis yang diterima pada masa yang akan datang.
  4. Biaya untuk memperoleh penghasilan dapat diukur dengan handal
  5. Perusahaan tidak meneruskan keterlibatan penggunaan aset yang dijual tersebut.

Baca Juga: Prosedur Audit Pemeriksaan Aktiva Tak Berwujud

Metode dan Kriteria Pengakuan Pendapatan

Metode pengakuan pendapatan terdiri dari persentase penyelesaian dan pekerjaan diselesaikan. Ketika penghasilan yang berasal dari kontrak konstruksi dapat diukur dengan handal maka perusahaan dapat mengukur sesuai dengan tingkat penyeelsaian aktivitas kontrak pada akhir periode pelapora keuangan.

Kriteria pengakuan pendapatan yaitu dapat diukur dengan handal dan adanya manfaat yang akan diterima pada akhir periode pelaporan keuangan. Estimasi penghasilan yang dapat diukur dengan handal adalah tingkat penyelesaian, pengumpulan tagihan dan biaya yang terjadi masa depan.

Metode dan kreteria pengakuan pendapatan akan disesuaikan proporsi biaya dan survey tentang pekerjaan yang telah diselesaikan. Penghasilan bunga, dividen dan royalti dapat diakui ketika pendapatan dapat diukur dengan handal dan adanya aliran manfaat ekonomis pada akhir periodenya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Faktur Pajak Fiktif

Contoh Kasus Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Contoh kasus pemeriksaan atas perkiraan laba rugi melibatkan taksiran terhadap penghasilan tahun berjalan dikurangi biaya tahun berjalan. Pendapatan bunga dan royalti dapat diakui secara akrual dan pendapatan dividen diakui setelah penerimaan pembayaran dari dividen kas, dividen properti dan dividen saham.

Contoh kasus pemeriksaan perkiraan laba rugi diharuskan mengungkapkan kebijakan akuntansi yang digunakan. Pertanyaan pemeriksaan perkiraan laba rugi melibatkan keuntungan dan penghasilan sehingga akuntan publik dapat membedakan antara keuntungan dan penjualan sebagai kas masuk perusahaan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan perkiraan laba rugi terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan keuntungan sebesar Rp 124.000.000. Temuan audit menyatakan bahwa sebesar Rp 6.000.000 merupakan penghasilan tahun depan dan Rp 8.000.000 menjadi beban dibayar dimuka, bagaimana cara membuat audit adjustment yang diperlukan.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/20PendapatanRp 6.000.000
Laba Tahun BerjalanRp 2.000.000
   Beban Dibayar DimukaRp 8.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Hutang Jangka Pendek

Berikut adalah contoh pemeriksaan perkiraan laba rugi komprehensif.



Demikian contoh kasus pemeriksaan atas perkiraan laba rugi perusahaan, laba dan keuntungan menjadi hal yang berbeda sehingga akuntan publik diharapkan mengetahui kapankan suatu pendapatan dapat diakui?

0 Response to "Contoh Kasus Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel