Contoh Soal Obligasi Yang Diterbitkan Diantara Tanggal Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi yang diterbitkan diantara tanggal bunga akan terjadi ketika penjualan obligasi memiliki jangka waktu dengan penerbitan obligasi. Penerbitan obligasi menggunakan bunga efektif atau metode garis lurus dalam mengakui adanya beban bunga yang harus ditanggung.

Penjualan obligasi dengan premium dan diskonto akan terjadi ketika bunga pasar naik atau turun terhadap bunga obligasi. Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya akan membuktikan bahwa sumber daya modal dapat bertambah selain pemilik harus menyetorkan uang kepada perusahaan.

Contoh soal liabilitas jangka panjang dan jawabannya dapat berupa pilihan ganda soal obligasi. Jurnal penerbitan obligasi dan jurnal pembelian kembali obligasi dapat muncul ketika perusahaan mewajibkan adanya obligasi sinking fund sebagai alat untuk menjamin pembayaran obligasi ketika jatuh tempo.

Contoh Soal Obligasi Yang Diterbitkan Diantara Tanggal Bunga


Jenis-Jenis Obligasi

Jenis-jenis obligasi bergantung pada persyaratan dan tata cara pembayaran yang dilakukan perusahaan penerbit. Terdapat obligasi berseri, obligasi sinking fund, obligasi atas nama dan obligasi atas anjuk yang dapat diperjualbelikan untuk menambah jumlah modal yang ada diperusahaan.

Obligasi Berseri

Obligasi berseri adalah obligasi yang memiliki tanggal jatuh tempo berbeda walapun pada nilai nominal yang sama.

Obligasi Sinking Fund

Obligasi sinking fund adalah obligasi yang mempunyai tanggal jatuh tempo yang sama tetapi perusahaan diwajibkan menyisihkan sejumlah uang untuk melunasi obligasi pada saat jatuh temponya.

Obligasi Atas Nama dan Obligasi Atas Unjuk

Obligasi atas nama adalah obligasi yang mencantumkan nama pemilik atau pihak yang memberikan pinjaman kepada perusahaan. Jenis obligasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian ketika pemilik kehilangan obligasi dan akan melakukan penagihan pada akhir periode.

Obligasi atas unjuk adalah obligasi yang diterbitkan dengan nilai nominal saja sehingga siapa saja yang memiliki surat hutang ini berhak meng-klaim sejumlah bunga kepada perusahaan penerbit.

Baca Juga: Perbedaan Wesel dan Obligasi

Contoh Soal Nilai Obligasi dan Jawabannya

Contoh soal nilai obligasi dan jawabannya akan dilakukan dengan pembayaran berupa kurs persentase dari nilai nominal surat hutang. Pemilik obligasi dapat menjual obligasi yang dimilikinya untuk memperoleh tambahan sumber daya modal agar dapat menjalankan kegiatan operasional secara efisien, efektif dan ekonomis.

Contoh soal nilai obligasi dan jawabannya biasanya akan dijual berdasarkan nilai pasar pada saat transaksi penjualan terjadi. Harga obligasi akan dinyatakan dalam bentuk kurs sehingga menjadi salah satu bentuk pembayaran sesuai dengan presentase dari nilai nominalnya.

Cara menghitung nilai obligasi dan jawabannya bergantung pada kurs yang telah disepakati antara penjual dan pembeli. Contoh penjualan obligasi terjadi pada PT Masraffi yang menerbitkan obligasi sebesar Rp 70.000.000. Kurs yang berlaku pada tanggal transaksi penjualan adalah 95% sehingga perusahaan akan menerima uang sebesar Rp 66.500.000.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Bunga Efektif

Contoh Soal Penjualan Obligasi Dengan Premi

Contoh soal penjualan obligasi dengan premi akan terjadi ketika perusahaan memberikan bunga yang lebih besar daripada bunga yang tercantum pada lembar obligasi. Obligasi akan dijual dengan nilai nominal yang lebih rendah guna menghindari adanya kerugian yang lebih besar lagi.

Penjualan obligasi dengan premi tentu akan memberikan bunga obligasi yang lebih tinggi daripada bunga yang berlaku dipasaran. Premi obligasi adalah selisih lebih antara harga jual dengan nilai nominal obligasi pada saat transaksi penjualan terjadi.

Contoh soal penjualan obligasi dengan premi terjadi pada PT Masraffi yang mengeluarkan obligasi sebesar Rp 400.000.000 dengan bunga 10% selama 5 tahun. Bunga obligasi akan dibayarkan per semester dan pada saat penjualan tingkat bunga pasar adalah 12%. Tentukan nilai jual obligasi dan jurnal penjualan obligasi tersebut.

Nilai Nominal Obligasi = (Nilai nominal x 1 / (1+bungapasar)^periode) + Nilai kupon x (1-(1+bungapasar)^-periode / Bunga pasar)
Nilai nominal obligasi = Rp 445.634.321 + Rp 166.480..985
Nilai nominal obligasi pada saat penjualan adalah Rp 612.115.306

Jurnal penjualan obligasi jangka panjang dan jawabannya adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2020Kas Rp 400.000.000
Premium Obligasi Rp 212.115.306
Hutang Obligasi Rp 612.115.306

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Demikianlah contoh soal obligasi yang diterbitkan diantara tanggal bunga berjalan dan bunga efektif semoga dapat membantu materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Yang Diterbitkan Diantara Tanggal Bunga"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel