Pengertian Manajemen Letter dan Contohnya

Konten [Tampil]

Pengertian manajemen letter adalah surat yang diberikan kepada manajemen perusahaan berisikan tentang kelemahan pengendalian internal yang telah diterapkan di perusahaan. Akuntan publik akan memberikan saran atau upaya untuk memperbaiki kelemahan sistem pengendalian internal yang ada di perusahaan.

Tujuan auditor meminta surat representasi klien adalah menyatakan bahwa pihak yang bertanggungjawab untuk membuat laporan keuangan berdasarkan bukti transaksi adalah manajemen perusahaan. Manajemen letter akan diberikan setelah auditor melakukan pemeriksaan lapangan agar menghindari kecurangan yang mungkin terjadi.

Pertanyaan tentang manajemen letter harus diberikan setelah akuntan publik menyakini bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal yang ada diperusahaan yang harus diperbaiki sebelum terjadi penyalahgunaan wewenang. Akuntan publik dapat mengevaluasi sistem pengendalian internal menggunakan internal control questionnaires, flow chart dan narrative memo.

Pengertian Manajemen Letter dan Contohnya


Pengertian Manajemen Letter dan Formatnya

Pengertian manajemen letter adalah surat yang dibuat oleh auditor berkenaan dengan temuan audit yang berkaitan dengan adanya indikasi kelemahan pengendalian internal yang ada diperusahaan. Pertanyaan management letter akan diberikan ketika ruang lingkup pemeriksaan terlalu luas karena pengujian ketaatan yang tidak mampu dilakukannya.

Management letter menjadi surat yang diberikan sebelum auditor mengotorisasi laporan keuangan perusahaan dapat diterbitkan. Alasan laporan posisi keuangan harus diaudit adalah meminimalisir kemungkinan kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja oleh akuntan perusahaan.

Pengertian management letter dan contohnya dibuat ketika klien tidak lolos dari pengujian ketaatan (compliance test). Oleh karena itu, pihak manajemen harus diberitahu tentang kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan yang disebabkan lemahnya pengendalian internal yang ada diperusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Contoh Management Letter Pdf

Contoh management letter pdf akan memberikan informasi bahwa akuntan publik telah mendeteksi adanya kelemahan pengendalian internal yang ada di perusahaan. Auditor akan diberikan tugas untuk mengevaluasi pengendalian internal melalui pengujian ketaatan atau compliance test.

Contoh management letter dapat disesuaikan dengan urutan pos laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi. Manajemen letter sebaiknya dibuat dengan bahasa yang halus dan baik walapun seorang auditor akan mengevaluasi hasil pemeriksaan terhadap pengendalian internal yang ada di perusahaan.

Format management letter (surat manajemen) yang diberikan auditor dalam rangka menginformasikan terdapat kelemahan pengendalian internal harus diurutkan sesuai pos dalam laporan posisi keuangan. Pertanyaan tentang management letter biasanya diberikan ketika auditor mengetahui adanya kesalahan pengendalian internal yang telah diterapkan pada perusahaan klien.

Baca Juga: Manfaat Manajemen Letter Bagi Perusahaan dan Bagi Auditor

Pertanyaan Tentang Management Letter

Pertanyaan tentang management letter dapat digunakan setelah akuntan publik melakukan pengujian terhadap bukti transaksi yang dimilikinya. Compliance test dapat digunakan sebagai langkah untuk mengevaluasi bukti transaksi yang dibuat dan diterima oleh perusahaan dengan menggunakan flowchart dan internal control questionnaires.

Pertanyaan tentang management letter seperti apakah kepentingan publik dapat dapat mengetahui management letter. Akuntan publik tidak diperkenankan memberikan informasi tentang klien kepada pihak ketiga apabila klien tidak menyetujui adanya pembagian informasi tersebut.

Pertanyaan tentang management letter biasanya berkaitan dengan bagaimana cara melakukan penilaian dan evaluasi sistem pengendalian internal yang diterapkan di perusahaan. Kapan management letter diterbitkan? Tentunya pada waktu yang tepat dimana perusahaan dapat mencegah terjadinya kecurangan yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Sifat dan Contoh Subsequent Event

Demikian pengertian management letter dan contohnya semoga dapat meningkatkan kualitas pengendalian internal yang diterapkan di perusahaan klien. 

0 Response to "Pengertian Manajemen Letter dan Contohnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel