Contoh Soal Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas perusahaan dagang menjadi bagian dari proses pencatatan transaksi melalui jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal khusus adalah jurnal untuk mencatat transaksi seperti penerimaan dan pengeluaran kas, penjualan dan pembelian barang dagang yang selalu dilakukan.

Contoh jurnal pembelian barang dagang secara tunai dan kredit bergantung kepada termin pembayaran yang disepakati. Pada awal perjanjian kerjasama, perusahaan tentu diberikan termin pembayaran tunai untuk melihat kemampuan pembayarannya sesuai masa waktu kerjasama yang dimilikinya diakhir periode.

Contoh jurnal pengeluaran kas perusahaan dagang bertujuan agar entitas memperoleh kepastian tentang pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Posting ke buku besar adalah proses memindahkan ayat jurnal di jurnal umum dan jurnal khusus ke buku besar pembantu untuk melihat saldo akhir masing-masing akun.

Contoh Soal Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas Perusahaan Dagang

Perbedaan Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan

Perbedaan jurnal pembelian dan jurnal penjualan terletak pada jenis transaksi yang dilakukan dengan supplier atau customer. Supplier atau pemasok adalah pihak yang memberikan bahan baku kepada perusahaan dalam rangka membantu kegiatan produksi atau menyediakan barang yang hendak dijualkannya.

Apa saja yang masuk dalam jurnal pembelian adalah transaksi pembayaran kas atau hutang, persediaan bahkan pemotongan pajak pertambahan nilai. Bagi pengusaha kena pajak, setiap aktivitas pembelian dan penjualan barang harus dilakukan pemungutan ppn karena menjadi subjek pajak atas transaksi tersebut.

Perbedaan jurnal pembelian dan jurnal penjualan terletak pada aktivitas jual beli yang dilakukan oleh perusahaan. Customer atau pelanggan adalah pihak yang menggunakan jasa dan membeli barang dagangan dari perusahaan untuk keperluan pribadinya secara tunai atau diberikan termin pembayarannya.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Pemasok dan Pelanggan

Contoh Soal Jurnal Pembelian Barang Secara Tunai dan Kredit

Contoh soal jurnal pembelian barang secara tunai dan kredit dapat dilihat dari mekanisme pembayaran tagihan mulai dari barang dikirimkan sampai diterima oleh gudang. Jurnal khusus untuk mencatat pembelian berfungsi agar entitas dapat mencatat transaksi yang berulang-ulang tanpa adanya kesalahan.

Contoh soal jurnal pembelian barang secara tunai terjadi ketika perusahaan dagang mewajibkan pembayaran sebelum barang dikirimkan. PT Masraffi mengirimkan barang sebanyak 90 buah dengan harga Rp 70.000 yang dibayar melalui transfer bank. Bagaimana jurnal pembelian yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Persediaan Rp 6.300.000
PPN Masukan Rp 693.000
Kas Rp 6.993.000
(Jurnal pembelian barang secara tunai)

Contoh jurnal pembelian barang secara kredit akan diberikan termin pembayaran seperti 2/10 n/30 atau 3/10 n/30. Perusahaan dagang memberikan diskon kepada pelanggan yang mau melunasi tagihan sebelum masa jatuh temponya. Berikut langkah-langkah membuat jurnal pembelian barang secara kredit?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Persediaan Rp 6.300.000
PPN Masukan Rp 693.000
Hutang Dagang Rp 6.993.000
(Jurnal pembelian barang secara kredit)
31/03/2022Hutang Dagang Rp 6.993.000
Kas di Bank Rp 6.993.000
(Jurnal pembayaran barang)

Baca Juga: Langkah-Langkah Posting ke Buku Besar

Contoh Jurnal Khusus Pengeluaran Kas Perusahaan Dagang

Contoh jurnal khusus pengeluaran kas perusahaan dagang berfungsi agar entitas dapat mengklasifikasikan transaksi untuk mencatat pembayaran tagihan yang tidak berkaitan perolehan barang dagang. Jurnal pengeluaran kas digunakan mencatatan biaya administrasi dan biaya pemasarannya.

Contoh jurnal khusus pengeluaran kas perusahaan dagang dilaksanakan setiap kali adanya permintaan untuk akun peralatan kantor, perlengkapan toko bahkan pembelian aktiva tetap. Transaksi apa saja yang masuk ke dalam jurnal adalah segala aktivitas yang mengakibatkan kas masuk dan kas keluar.

Contoh soal jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas perusahaan dagang terjadi ketika PT Masraffi membeli kendaraan seharga Rp 85.000.000 dan biaya perakitannya sebesar Rp 1.000.000. Bagaimana jurnal pengeluaran kas apabila nilai transaksi belum termasuk pajak pertambahan nilai?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Kendaraan Rp 86.000.000
PPN Masukan Rp 9.460.000
Kas Rp 95.460.000

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Sistem Perpetual dan Periodik

Demikian contoh soal jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Setelah proses pembuatan jurnal transaksi, maka akuntan akan melaksanakan kegiatan posting ke buku besar. Posting ke buku besar bertujuan agar entitas memperoleh nilai akhir masing-masing akun.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Pembelian dan Jurnal Pengeluaran Kas Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel