Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Tunai dan Kredit Serta Cara Pembuatannya

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penjualan barang secara tunai dan kredit serta cara pembuatannya berlaku bagi perusahaan dagang dan manufaktur. Setiap penerimaan kas dan pengeluaran kas harus mendapatkan persetujuan dari pejabat berwenang untuk memaksimalkan proses pengalokasikan aliran kas sebagai metode pembayaran tagihan.

Contoh soal jurnal penjualan barang dagang secara perpetual dan periodik bergantung kepada informasi keuangan yang didistribusikan oleh lawan transaksi. Macam-macam penjualan terdiri dari penjualan kredit, penjualan tunai dan penjualan konsinyasi yang disesuaikan kebutuhan omzet dari perusahaan.

Contoh siklus akuntansi perusahaan dagang metode perpetual dan periodik berguna agar entitas dapat memperjuangkan nilai keuangannya. Jurnal umum dan jurnal khusus menjadi bukti pencatatan pertama kali atas bukti transaksi yang didapatkan oleh lawan transaksi sesuai keinginan dari perusahaannya.

Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Tunai dan Kredit Serta Cara Pembuatannya

Macam-Macam Penjualan Barang

Macam-macam penjualan barang mempengaruhi kinerja keuangan yang dilaporkan kepada manajerial. Informasi keuangan bertujuan agar entitas dapat melaporkan kekayaan yang telah disetorkan pemegang saham dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan imbal balik berupa dividen atau manfaat lainnya.

Penjualan barang dagang terdiri dari penjualan kredit, penjualan tunai dan penjualan konsinyasi. Masing-masing penjualan memiliki kelebihan dan kekurangan yang didapatkan ketika melaporkan kondisi keuangannya. Setiap penjualan barang berkaitan dengan harga pokok produksi yang diperoleh dari pembelian atau job order costing.

Penjualan Tunai dan Kredit

Pengertian tunai adalah penjualan barang yang dilakukan dimana pelanggan wajib membayarkan barang terlebih dahulu sebelum dikirimkan. Termin pembayaran yang diberikan adalah CBD atau cash before delivery artinya barang pesanan hanya akan dikirimkan setelah terjadinya transfer sejumlah dana tertentu.

Penjualan Konsinyasi

Pengertian penjualan konsinyasi adalah penjualan yang dilakukan perusahaan dengan menitipkan barang dagang ke pihak ketiga untuk dilakukannya transaksi jualbeli. Contoh jurnal penjualan barang secara tunai dan kredit akan diberikannya laporan penjualan oleh komisioner setiap akhir periode berikutnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Variable Costing dan Full Costing

Contoh Soal Jurnal Khusus Penjualan Barang Perusahaan Dagang

Contoh soal jurnal khusus penjualan barang perusahaan dagang dapat menerapkan sistem perpetual dan sistem periodik. Sistem perpetual mewajibkan entitas memperhitungkan harga pokok produksi setiap kali barang dikirimkan ke pelanggan. Sistem periodik akan menghitung hpp berdasarkan hasil stock opname.

Contoh soal jurnal penjualan barang secara tunai dan kredit serta cara pembuatannya perlu diterapkan sistem pengendalian internal kas. Penerimaan kas dan pembayaran kas hendaknya dilakukan oleh pihak yang memiliki otoritas agar kebenaran saldo rekening koran dan rekening giro dapat dipertanggungjawabkan.

Contoh soal jurnal khusus penjualan barang perusahaan dagang terjadi pada PT Masraffi yang menjual barang seharga Rp 850.000 sebanyak 23 buah. Setiap barang memiliki harga pokok sebesar Rp 413.000. Buatlah jurnal pencatatan apabila barang dibayarkan secara tunai dan secara kredit oleh pelanggan?

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi bagi Komisioner

Cara Membuat Jurnal Penjualan Tunai dan Kredit

Cara membuat jurnal penjualan tunai dan kredit berdasarkan bukti transaksi memerlukan informasi persetujuan cicilan sesuai credit score. Credit score adalah nilai pembayaran cicilan yang dilakukan pelanggan dimasa sebelumnya atas tagihan yang diberikan setelah barang diterima dengan baik.

Cara membuat jurnal penjualan tunai harus disiapkan metode pembayaran seperti bank atau bilyet giro. Cek mundur adalah cek yang tertera nominal tertentu dan tanggal cek dapat dicairkan ke bank terkait. Adapun jurnal khusus untuk pencatatan penjualan tunai atau penjualan cash sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/02/2022Kas Rp 21.700.500
HPP Rp 9.499.000
Penjualan Rp 19.550.000
PPN Keluaran Rp 2.150.500
Persediaan Rp 9.499.000
(Jurnal penjualan secara tunai

Contoh jurnal penjualan barang secara tunai dan kredit serta cara pembuatannya berlaku untuk setiap barang baik sistem perpetual atau sistem periodik. Sistem perpetual mewajibkan entitas memperhitungkan harga pokok barang setiap kali aktivitas jualbeli berlangsung. Adapun jurnal yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/02/2022Piutang Rp 21.700.500
HPP Rp 9.499.000
Penjualan Rp 19.550.000
PPN Keluaran Rp 2.150.500
Persediaan Rp 9.499.000
(Jurnal penjualan secara kredit)
03/02/2022Kas Rp 21.700.500
Piutang Rp 21.700.500
(Jurnal penerimaan pelunasan piutang)

Baca Juga: Contoh Soal Metode Periodik dan Perpetual

Demikian contoh jurnal penjualan barang secara tunai dan kredit serta cara pembuatannya berdasarkan standar akuntansi keuangan dan ketentuan umum perpajakan yang berlaku. Penjualan hanya boleh diakui ketika entitas mendapatkan kenaikan aktiva atau penurunan liabilitas selama periode berjalan. 

0 Response to "Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Tunai dan Kredit Serta Cara Pembuatannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel