Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Persentase Penyelesaian

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian terjadi ketika entitas mengirimkan barang dagang kepada pelanggannya. Pelanggan adalah pihak yang ingin membeli barang atau menggunakan jasa perusahaan sesuai kebutuhannya yang didasarkan pada kesepakatan harga jual.

Contoh soal pengakuan pendapatan dan jawabannya perlu mempertimbangkan aspek prinsip-prinsip akuntansi berterima umum. Laporan posisi keuangan terdiri dari aktiva, passiva dan ekuitas yang dipertanggungjawabkan selama kegiatan produksi sesuai rencana dan tujuan pemeliharaan ekosistem perusahaan.

Kapan pendapatan dapat diakui harus mempertimbangkan kelayakan pengakuan kinerja keuangan perusahaan. Penghasilan adalah tambahan aktiva tetap dan lancar perusahaan selama satu periode akuntansi yang bertujuan meningkatkan kekayaan selama periode tertentu sesuai pembentukan entitasnya.

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Persentase Penyelesaian

Kapan Pendapatan Dapat Diakui di Laporan Laba Rugi

Kapan pendapatan dapat diakui di laporan laba rugi bergantung pada kebijakan pengiriman barang kepada lawan transaksi. Pendapatan adalah segala sesuatu yang diserahkan kepada pelanggan sesuai surat pesanan untuk mengakuisisi hak milik seperti risiko dan manfaat penggunaan barang bahkan penggunaan jasa kena pajaknya.

Kapan pendapatan dapat diakui pada laporan laba rugi ketika entitas memastikan perusahaan telah mengakuisisi informasi keuangannya. Entitas wajib melaporkan tambahan penghasilan sebagai bukti terjadinya omzet di spt tahunan badan usaha. Pembentukan persekutuan harus didasari pada kenyataan informasi keuangannya.

Pendapatan kontrak konstruksi dapat diakui dengan metode kontrak selesai atau persentase penyelesaian sesuai tingkatan pembangunan perusahaan. Kinerja keuangan adalah informasi yang diperlukan manajemen untuk menentukan kelanjutan bisnis entitas selama menjalankan operasionalnya periode berikutnya.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Produk Bersama dan Sampingan

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan dan Pemalsuan Pembukuan

Contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan dapat terjadi saat kelemahan sistem pengendalian internal. Sistem pengendalian internal bertujuan agar entitas memastikan bukti transaksi yang tercatat sesuai keberlangsungan informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis perusahaan selama beroperasi.

Contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan hendaknya dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk mengatur aktivitas bisnisnya. Pendapatan dan biaya merupakan unsur kinerja keuangan untuk menilai kemampuan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dimasa mendatangnya.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian terjadi ketika PT Masraffi memberikan pesanan kepada pelanggan senilai Rp 99.000.000. PT Masraffi menyepakati pemberian diskon dengan termin 2/10 n/45 yang dicatat terlebih dahulu. Apabila pelanggan telat melakukan pembayaran, bagaimana jurnal penghapusan diskon yang harus dicatat?

Baca Juga: Cara Membuat Invoice di Accurate dan Myob Accounting

Pengakuan Pendapatan Pada Saat Penjualan dan Proses Produksi

Pengakuan pendapatan pada saat penjualan dan proses produksi dilaksanakan setiap akhir tahun. Sistem pengendalian internal pendapatan harus dapat mencegah terjadinya pengakuan pendapatan yang belum jelas. Pendapatan menjadi akun laba rugi yang memperlihatkan kemampuan perdagangan entitas.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian menjadi strategi akuntansi keuangan menengah. Kemampuan pembayaran pelanggan harus dikoreksi ketika menyepakati pembayaran secara kredit. Penjualan kredit mengakibatkan omzet perusahaan bertambah setiap periodenya.

Jurnal pencatatan pendapatan penjualan barang dan pemberian jasa kepada pelanggan akan terutang pajak pertambahan nilai. Bagi pengusaha kena pajak, hendaknya melakukan pemotongan pph pasal 4 ayat 2 sesuai ketentuan umum perpajakan apabila terdapat objek penghasilan dan subjek penghasilan terutang.

Adapun jurnal pencatatan pengakuan pendapatan dan jurnal penghapusan pemberian diskon di awal periode adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Piutang Rp 107.692.200
Diskon Penjualan Rp 1.980.000
PPN Keluaran Rp 217.800
Penjualan Barang Rp 99.000.000
PPN Keluaran Rp 10.890.000
(Jurnal penjualan)
16/05/2022Piutang Rp 2.197.800
Diskon Penjualan Rp 1.980.000
PPN keluaran Rp 217.800
(jurnal penghapusan diskon penjualan)

Baca Juga: Cara Menghitung Total Tagihan dan Pajak Pertambahan Nilai

Demikian contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap tambahan manfaat ekonomis hendaknya dijadikan dasar bagi entitas melaporkan total kekayaan yang dihasilkan selama satu tahun fiskal sesuai spt tahunan orang pribadi.

0 Response to "Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Persentase Penyelesaian"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel