Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan pembahasannya dapat menjadi sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Pendapatan adalah kekayaan yang didapatkan perusahaan dari pemberian barang dan jasa kepada pihak ketiga sesuai nilai jual yang disepakati pada perjanjian kerjasama.

Cara menghitung pendapatan metode kontrak selesai hendaknya dipertimbangkan sebagai sarana publikasi informasi keuangan perusahaan. Akuntansi kontrak konstruksi bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai tagihan yang seharusnya dibayarkan oleh perusahaan secara penuh diakhir periode.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi diatur pada PSAK 72 dan PSAK 34 agar masing-masing perusahaan dapat mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran bisnisnya. Kekayaan yang didapatkan harus dilaporkan ke direktorat jendral pajak agar dapat membantu pihak lain yang berkonsultasinya.

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Pembahasannya

Apa yang Dimaksud Metode Kontrak Selesai dan Persentase Penyelesaian

Apa yang dimaksud metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian hendaknya diatur pada catatan atas laporan keuangan perusahaan. Perusahaan kontraktor menjadi entitas yang melaksanakan kegiatan perencanaan, pembangunan dan penghancuran aktiva tetap perusahaan sesuai kesepakatan bisnisnya.

Pengertian pengakuan pendapatan metode kontrak selesai adalah kegiatan perusahaan mengakui adanya penghasilan ketika entitas telah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh klien. Penyimpangan, klaim dan pemberian insentif menjadi bagian dari biaya perolehan aktiva tetap untuk mempercepat proses aktiva tetap dibangun sendiri.

Pengertian pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian adalah kegiatan perusahaan mengakui pendapatan diakhir tahun fiskal dengan memperhatikan tingkat pekerjaan yang diberikan ke klien. Akuntansi kontrak konstruksi memberikan kebebasan bagi lawan transaksi mengadakan kerjasama bisnis.

Baca Juga: Contoh Kasus Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai akan terjadi terutama pada kegiatan bisnis yang berjalan. Informasi keuangan perusahaan perlu dipertimbangkan sebagai tambahan informasi pendapatan kena pajak yang wajib dilaporkan pada spt tahunan badan usaha sesuai periode yang diusahakan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyesalaian dan kontrak selesai hendaknya dipertimbangkan untuk menjalankan aktivitas bisnis tertentu. Pengakuan pendapatan kontruksi pada psak 34 dan psak 72 harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan terutama kebijakan penilaian kinerja keuangan.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi terjadi ketika PT Masraffi berhasil menyepakati kegiatan pembangunan gedung senilai Rp 890.000.000 yang ditaksir menelan biaya sebesar Rp 784.000.000. Bagaimana jurnal pemotongan pph pasal 4 ayat 2 atas penghasilan yang diterima oleh kontraktor bangunan?

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penerimaan Kas dan Jawabannya

Pertanyaan tentang Kontrak Konstruksi Jangka Panjang

Pertanyaan tentang kontrak konstruksi jangka panjang diberlakukan terutama ketika wajib pajak menyelenggarakan kegiatan bisnisnya. Akuntansi pendapatan konstruksi terdiri dari metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai. Entitas dapat menerapkan pengakuan pendapatan sesuai kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian memerlukan informasi tambahan berupa kekayaan dari wajib pajak. Adapun pendapatan dari kontraktor terdiri dari nilai nominal kesepakatan, klaim, penyimpangan dan penerimaan insentif tertentu.

Pertanyaan tentang kontrak konstruksi jangka panjang bertujuan agar entitas mampu mengalokasikan secara jelas bagaimana dan kapan sebuah penerimaan dapat diakui sebagai pendapatan. PPh pasal 4 ayat 2 atas perencanaan dan pembangunan harus dipotongkan pph final berdasarkan npwp yang dimilikinya.

Adapun jurnal pemotongan penghasilan kontraktor dan pengakuan pendapatan metode kontrak selesai adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/11/2022Kas Rp 952.300.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 35.600.000
HPP Rp 784.000.000
Penjualan Jasa Rp 890.000.000
PPN keluaran Rp 97.900.000
Persediaan Bahan Baku Rp 784.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan

Demikian contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai yang dapat diterapkan pada perusahaan dagang, jasa dan manufaktur. Biaya operasional terdiri dari biaya administrasi dan biaya pemasaran hendaknya dikurangi agar entitas mampu menunjukkan keberlangsungan usaha menggunakan asetnya.

0 Response to "Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel