Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dan Contoh Soalnya

Konten [Tampil]

Cara menghitung harga jual obligasi dan contoh soal akuntansi keuangan menengah menjadi bagian dari laporan posisi keuangan. Kewajiban perusahaan adalah mengembalikan pinjaman yang telah diterima dari pihak lain untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam prosedur penagihan utang yang dapat dikonversikan.

Jurnal penerbitan obligasi dan pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo harus memperhitungan beban bunga dan pokok hutang. Tabel amortisasi diskonto obligasi dan premium obligasi memungkinkan lawan transaksi mengadakan kerjasama pelaksanaan pembayaran tagihan hutang yang jatuh temponya.

Contoh soal obligasi premium dan diskonto obligasi harus dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan per periodenya. Penjualan obligasi atau surat hutang menjadi bagian dari neraca saldo. Passiva adalah sumber daya keuangan yang digunakan untuk memenuhi aktiva lancar dan aktiva tetap selama satu periode.

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dan Contoh Soalnya

Akuntansi untuk Penerbitan Obligasi

Akuntansi untuk penerbitan obligasi dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis dari lawan transaksi terutama pemenuhan pinjaman jangka panjangnya. Penyelesaian kewajiban dapat menyerahkan kas, aktiva tetap, pergantian dengan liabilitas dan saham perusahaan dimana entitas tidak perlu menyetorkan aset lancarnya.

Cara menghitung harga jual obligasi diawali dengan penerbitan obligasi oleh perusahaan yang meminjam sejumlah dana dan meminta trustee untuk memperdagangkannya. Tugas trustee adalah memaksimalkan pemungutan dana dari pihak ketiga dan membantu agar entitas tepat waktu dalam pelunasan obligasi jatuh tempo.

Akuntansi untuk penerbitan obligasi terdapat beberapa istilah diantaranya

  1. Nilai nominal obligasi adalah nilai tercantum pada surat hutang yang diperdagangkan.
  2. Tanggal jatuh tempo adalah waktu pelunasan pokok hutang bagi penerbit obligasi
  3. Bunga obligasi adalah imbal balik yang ditawarkan penerbit obligasi kepada calon investor.

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh Soal Obligasi Dijual Diantara Dua Tanggal Bunga

Contoh soal obligasi dijual diantara dua tanggal bunga terjadi ketika lawan transaksi mau memaksimalkan bunga berjalan. Bunga berjalan adalah bunga sejak tanggal pembayaran terakhir sampai transaksi penjualan terjadi. Bunga obligasi dihitung berdasarkan nilai nominal dan bunga yang ditawarkan penerbit.

Contoh soal penerbitan obligasi dengan premium dan diskonto berakibat pada bertambah dan berkurangnya beban bunga. Cara menghitung harga jual obligasi dapat menggunakan kurs dan metode suku bunga efektif yang menyesuaikan permintaan dan penawaran melalui transaksi di pasar modal.

Contoh soal obligasi dijual diantara dua tanggal bunga terjadi ketika PT Masraffi menerbitkan obligasi senilai Rp 125.500.000, bunga 8% dan jangka waktu 4 tahun. Bagaimana cara menghitung harga jual obligasi dengan kurs 97 dan tingkat suku bunga pasar yang berlaku sebesar 10% menggunakan nilai present value?

Baca Juga: Contoh Soal Metode Periodik dan Perpetual dalam Penilaian Persediaan

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dengan Kurs

Cara menghitung harga jual obligasi dengan kurs dapat menggunakan kurs yang ditetapkan oleh pasar modal. Pengertian pasar modal adalah tempat terjadinya jual beli surat-surat berharga seperti obligasi, wesel dan saham. Pasar modal berfungsi mempertemukan pihak yang kekurangan dana dengan pihak yang kelebihan dana.

Cara menghitung harga jual obligasi dengan kurs mewajibkan lawan transaksi mengadakan transaksi pinjaman jangka pendek. Pada saat kapan obligasi akan dijual dengan diskonto atau premium ketika perusahaan memberikan bunga yang tidak sesuai tingkat suku bunga pasar. Adapun contoh perhitungan harga jual obligasi adalah

Harga jual obligasi dengan kurs = Rp 125.500.000 x 97%
Harga jual obligasi dengan kurs = Rp 121.735.000

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Metode Suku Bunga Efektif

Cara menghitung harga jual obligasi metode suku bunga efektif akan mengakibatkan terjadinya premium dan diskonto obligasi. Mengapa obligasi dijual dengan diskonto atau premium sebab entitas tentu menyesuaikan harga obligasi berdasarkan tingkat suku bunga dipasar sebagai dasar pengenaan pajak.

Cara menghitung harga jual obligasi metode suku bunga efektif dapat menggunakan nilai present value pembayaran kupon dan present value nilai nominal. Bagaimana cara menentukan harga jual obligasi yang benar dan memperhitungkan bunga obligasi tahunan memerlukan informasi surat berharganya. Adapun cara menghitung harga jual obligasi metode suku bunga efektif adalah

PV Nilai Nominal = Rp 125,500.000 x (1/(1+10%)^4) Rp 85.718.189
PV Pembayaran Bunga = (Rp 125,500.000*8%) x ((1-(1+10%)^-4)/10%) Rp 31.825.449
Harga Jual Obligasi Rp 117.543.638

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi dan Jawabannya

Demikian contoh perhitungan harga jual obligasi dan contoh soal kewajiban jangka panjang dalam pengantar akuntansi yang dapat dijadikan soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester sesuai tugas akhir dari mahasiswa akuntansi. Kesimpulannya, obligasi merupakan bukti pemberian pinjaman kepada perusahaan.

0 Response to "Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel