Contoh Soal Revaluasi Aset Tetap Menurut Perpajakan dan Akuntansi

Konten [Tampil]

Contoh soal revaluasi aset tetap menurut perpajakan dan akuntansi merupakan bagian dari prosedur entitas menentukan nilai buku baru berdasarkan hasil penilaian dari appraisal. Keuntungan dan kerugian dalam melaksanakan revaluasi terhadap aset harus dipertimbangkan terhadap laporan laba rugi di tahun berjalan.

Jurnal revaluasi aset tetap pajak dan akuntansi harus menghindari adanya aktivitas aktiva dan liabilitas pajak tangguhan. Makalah penilaian kembali aset tetap atau revaluasi aktiva wajib diperhatikan terutama kesempatan perusahaan menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai kegiatan administrasinya.

Contoh soal audit pemeriksaan revaluasi aset tetap jarang dipergunakan perusahaan sebab adanya revaluasi mengakibatkan entitas harus melaporkan pph pasal 4 ayat 2 secara mandiri. Perusahaan harus dapat menjelaskan informasi penyimpangan kekayaan yang diatribusikan sesuai prosedur yang diinginkannya.

Contoh Soal Revaluasi Aset Tetap Menurut Perpajakan dan Akuntansi

Contoh Kasus Revaluasi Aset Tetap di Indonesia

Revaluasi aktiva tetap merupakan tindakan perusahaan dalam rangka memperoleh keuntungan dari selisih harga wajar dengan nilai buku. Nilai buku adalah nilai tercatat atas prosedur pengurangan biaya perolehan dengan akumulasi penyusutan. Karakteristik aset tetap mewajibkan entitas untuk memperhitungkan biaya penyusutan per periodenya.

Contoh kasus revaluasi aktiva tetap di indonesia akan terjadi tatkala pemerintah melakukan penilaian ulang terhadap kelayakan gedung atau bangunan. Mengapa revaluasi tidak diperkenankan dalam standar akuntansi pemerintahan sebab entitas harus melaporkan aset berdasarkan perhitungan biaya perolehan atau harga pertukarannya.

Kasus revaluasi aset tetap di indonesia dapat terjadi di perusahaan manufaktur, jasa dan dagang. Mengapa negara melaksanakan revaluasi? untuk menyakinkan para pemegang saham atas sumber daya keuangannya. Audit pemeriksaan liabilitas dan ekuitas akan menghasilkan informasi sumber daya modal yang dimiliki perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Kas dan Setara Kas di Perusahaan

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak dan Jawabannya

Contoh soal revaluasi aktiva tetap menurut pajak dan jawabannya akan memberikan kepastian perihal total kekayaan yang dimiliki. Apa dampak bagi perekonomian suatu negara apabila pemerintah melakukan revaluasi adalah menstabilkan nilai mata uang yang menandakan perekonomian perusahaan semakin baik.

Perbedaan revaluasi dan apresiasi terletak pada kemampuan entitas menghasilkan informasi keuangan. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya perolehan perusahaan terletak pada kemampuan berbisnisnya. Penyetoran pph pasal 4 ayat 2 secara mandiri wajib dilakukan maksimal tanggal 15 bulan berikutnya sesuai spt masanya.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap menurut pajak terjadi ketika PT Masraffi yang membeli bangunan senilai Rp 80.000.000 dan didepresiasi selama 8 tahun. Pada tahun akhir tahun ke 2, PT Masraffi melakukan penilaian ulang aset oleh appraisal dan diperoleh nilai Rp 71.000.000. Bagaimana cara menghitung biaya depresiasi, akumulasi depresiasi dan surplus revaluasi yang muncul di transaksi tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Jurnal Revaluasi Aset Tetap Menurut PSAK No 16

Jurnal revaluasi aset tetap menurut psak no 16 dimulai dengan menentukan nilai buku pada saat transaksi terjadi. Keuntungan selisih nilai revaluasi dan nilai buku menjadi objek pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 dengan tarif 10%. Penyajian laporan keuangan harus disesuaikan standar akuntansi yang berlaku di indonesia.

Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus harus dibuat perusahaan selama satu periode. Penyusutan adalah hal wajib yang dialami seluruh aset perusahaan sebab adanya masa pakainya. Metode depresiasi di percepat artinya aset tetap pada awal periode akan mengalami penurunan nilai lebih banyak.

Contoh soal depresiasi metode garis lurus adalah cara yang banyak digunakan perusahaan untuk mempertimbangkan biaya penyusutan per periodenya. Biaya penyusutan akan mempengaruhi nilai laba rugi di tahun berjalan. Nilai residu adalah harga jual di akhir periode setelah pemakaian aset yang dimilikinya.

Adapun jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus yang dibuat selama 2 periode sekaligus adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
13/03/2023Biaya Depresiasi Aktiva Tetap Rp 20.000.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 20.000.000

Jurnal Revaluasi Aset Tetap Menurut Akuntansi Perpajakan

Jurnal revaluasi aset tetap menurut akuntansi perpajakan mewajibkan entitas menyelenggarakan kegiatan penyetoran hasil keuntungan dari surplus yang terjadi. Tujuan dilakukannya revaluasi dalam perencanaan pajak adalah menyakinkan para pemegang saham terhadap kemampuan memperoleh keuntungannya.

Adapun cara menghitung surplus revaluasi yang didapatkan dari keuntungan perusahaan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
18/03/2023 Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 20.000.000
Biaya Revaluasi Rp 1.100.000
Bangunan Rp 9.000.000
Surplus Revaluasi Rp 11.000.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.100.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Pelunasan Piutang yang Sudah Dihapus

Demikian contoh soal revaluasi aset tetap menurut pajak dan akuntansi keuangan. Keuntungan dan kerugian kegiatan penilaian ulang nilai aktiva tetap harus dipertimbangkan sebab entitas tetap melaporkan pemungutan pajak penghasilan secara mandiri sesuai periode yang dilalui perusahaannya.

0 Response to "Contoh Soal Revaluasi Aset Tetap Menurut Perpajakan dan Akuntansi"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel