Contoh Soal dan Jawaban Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban penyusutan metode saldo menurun berganda merupakan dasar bagi perusahaan menetapkan biaya depresiasi aktiva tetap per periodenya. Biaya depresiasi merupakan biaya tetap yang dibebankan atas pemakaian mesin, kendaraan, bangunan bahkan gedung saat menyelenggarakan produksi.

Bagaimana cara menghitung metode penyusutan metode saldo menurun berganda sering disebut dengan double declining balance method. Pada metode ini, setiap tahunnya penyusutan yang dialami perusahaan akan menurun sebanding dengan umur aset dan tingkat produktivitas yang diinginkan perusahaan per periodenya.

Tabel rumus depresiasi aset tetap metode saldo menurun berganda layak dipertimbangkan sebab entitas mendapatkan kesempatan mengurangi total laba rugi setiap periodenya. Penyusutan fiskal memperkenankan entitas memilih cara depresiasi ini untuk melaporkan segala aspek perpajakan yang muncul.

Contoh Soal dan Jawaban Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda

Apa itu Metode Depresiasi Dipercepat

Pengertian metode depresiasi dipercepat adalah cara yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan perhitungan penyusutan terbesar pada aktiva lancar pada awal tahun pengerjaan. Depresiasi dimulai pada saat entitas mempersiapkan aset tetap untuk produksi pertama kali sehingga menambah harta kekayaannya.

Apa itu penyusutan metode saldo menurun berganda adalah prosedur yang dilalui perusahaan untuk mendapatkan aset berdasarkan tingkatan depresiasi terbesar pada awal periode. Tingginya biaya penyusutan mengakibatkan entitas mengurangi biaya pembayaran pph badan sebab laba semakin berkurang.

Perbedaan saldo menurun dan saldo menurun berganda pada depresiasi terletak pada sebutan atau istilah penamaannya. Kebijakan penyusutan mengikuti aturan perpajakan untuk menghindari adanya aktiva dan liabilitas pajak tangguhan. Depresiasi diakui pertama kali saat entitas mencatatnya di laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Alur Siklus Akuntansi Keuangan

Tabel dan Rumus Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda

Tabel amortisasi, deplesi dan depresiasi aktiva tetap menggunakan double declining balance method dianjurkan saat entitas memprediksi terjadinya penurunan signifikan terhadap aset yang dibelinya. Nilai buku adalah nilai tercatat atas biaya perolehan dan biaya pemakaian selama proses produksi dijalankan.

Tarif depresiasi metode saldo menurun tetap sama tetapi nilai buku aktiva tetap mengalami perubahan. Berapakah tarif depresiasi untuk kelompok 1 saldo menurun adalah 25% dari biaya perolehan. Penyebab penyusutan adalah entitas memakai aset setiap kali produksi dijalankannya.

Tujuan penyusutan aktiva tetap adalah mempersiapkan sebagian besar kekayaan perusahaan yang dikorbankan untuk investasi aktiva tetap. Pembelian aset tetap akan memerlukan dana dalam jumlah besar sehingga keseimbangan arus kas perusahaan dapat mengalami defisit. 

Tabel Depresiasi Saldo Menurun Berganda

Adapun tabel depresiasi aktiva tetap metode saldo menurun berganda adalah

Kelompok AktivaTahun PenyusutanPersentase
1425%
2813%
3166%
4205%

Rumus Penyusutan Double Declining Balance Method

Rumus depresiasi aset tetap menggunakan metode saldo menurun memiliki perbedaan dalam nilai buku setiap periodenya. Metode depresiasi dipercepat merupakan dasar bagi entitas dalam rangka menetapkan jumlah biaya yang dapat dialokasikan untuk sebagian besar kekayaan yang dibelinya.

Beban Depresiasi Per Periode = Tarif Saldo Menurun x Nilai Buku Awal Periode

Baca Juga: Cara Mengetahui Penyebab Tidak Cocoknya Neraca Saldo

Contoh Soal dan Jawaban Depresiasi Metode Saldo Menurun dalam Akuntansi Pengantar

Contoh soal dan jawaban depresiasi metode saldo menurun dalam akuntansi pengantar bertujuan agar setiap kekayaan perusahaan yang digunakan investasi dapat diperhitungkan dengan handal. Gaji dan upah karyawan harus diperhatikan agar pekerjaan yang dibebankan dapat efisien dikerjakan setiap periodenya.

Kapan penyusutan mulai dihitung saat entitas siap memakai aset untuk keperluan perusahaan. Biaya perolehan terdiri dari seluruh kas yang dikorbankan untuk menciptakan aset tertentu. Nilai residu adalah harga jual diakhir periode yang diperkirakan diperoleh perusahaan selama proses penjualan barang sisa.

Contoh soal depresiasi dengan menggunakan double declining balance method terjadi ketika PT Masraffi membeli program komputer akuntansi sebesar Rp 50.000.000. Program komputer akuntansi merupakan aktiva tetap perusahaan dan dikategorikan sebagai kelompok aset 1. Bagaimana cara menghitung biaya penyusutan setiap periodenya?

TahunBiaya PenyusutanNilai Buku Awal Periode
0 Rp 50.000.000
1 Rp 25.000.000 Rp 25.000.000
2 Rp 12.500.000 Rp 12.500.000
3 Rp 6.250.000 Rp 6.250.000
4 Rp 6.250.000 Rp -

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Perolehan Aktiva Tetap dengan Menggunakan Wesel Tagih

Demikian contoh soal dan jawaban penyusutan metode saldo menurun berganda dalam materi akuntansi pengantar. Program audit dan prosedur audit pemeriksaan aktiva tetap diharapkan mampu memperlihatkan bukti pembelian aset tetap yang disetujui oleh pejabat peusahaan berwenang selama satu periodenya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel