Contoh Soal Pembelian Aset Tetap dengan Menggunakan Wesel Berbunga

Konten [Tampil]

Contoh soal pembelian aset tetap dengan menggunakan wesel berbunga merupakan aktivitas perusahaan mendatangkan aktiva agar dapat membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas produk yang dijual. Aset tetap artinya segala mesin, kendaraan, bangunan dan tanah untuk membantu kegiatan produksi.

Contoh soal jurnal pembelian aset tetap dengan menggunakan wesel berbunga dan wesel tanpa bunga akan mendatangkan biaya tambahan. Termin pembayaran merupakan waktu yang disepakati dengan penjual untuk menyediakan kas dan setara kas sebagai metode pembayaran atas barang dan jasa yang telah dikirimkan.

Jurnal pembelian aset secara kredit dan tunai dicatat agar dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan. Contoh soal harga perolehan mesin, tanah dan bangunan harus diukur berdasarkan nilai wajar pada saat transaksi berlangsung. Nilai wajar adalah harga yang berlaku pada saat transaksi diselenggarakan entitas.

Contoh Soal Pembelian Aset Tetap dengan Menggunakan Wesel Berbunga

Harga Perolehan Aktiva Tetap dengan Menggunakan Wesel Berbunga

Harga perolehan aktiva tetap dengan menggunakan wesel berbunga harus diaplikasikan setelah entitas menyerahkan uang muka pembelian. Wesel berbunga adalah wesel yang mencantumkan informasi bunga pada surat perintah pengeluaran kas dan setara kas setelah entitas menyerahkan sejumlah dana tertentu.

Contoh soal pembelian aset tetap dengan menggunakan wesel berbunga akan menambah deductible expance perusahaan. Biaya yang dapat mengurangi pendapatan kena pajak harus dicatat dalam laporan laba rugi menyesuaikan aktivitas bisnis untuk menghindari pemeriksaan laporan keuangan atau neraca saldo.

Harga perolehan aktiva tetap dengan menggunakan wesel berbunga terjadi saat entitas membeli aset dengan nilai material. Materialitas artinya pencatatan harga jual yang akan berpengaruh terhadap kesepakatan dengan pemegang saham. Masalah khusus dalam penentuan biaya perolehan terdiri dari 3 masalah yakni

  1. Pembelian aset dalam satu paket
  2. Pembelian aset dengan menggunakan wesel berbunga dan wesel tanpa bunga
  3. Pembangunan aset tetap secara mandiri

Baca Juga: Contoh Jurnal Asuransi Dibayar Dimuka dan Penyesuaiannya

Contoh Soal Harga Perolehan Tanah dan Bangunan dalam Satu Paket

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan dalam satu paket mewajibkan entitas memperhitungkan total pengeluaran secara proporsional untuk tiap aset yang dibeli. Catatan atas laporan posisi keuangan sebaiknya menghindari adanya koreksi fiskal saat entitas membayarkan pajak penghasilan.

Contoh soal perolehan aktiva tetap secara kredit mengharuskan entitas melaporkan setiap penambahan dan pengurangan aset. Daftar aktiva tetap adalah informasi rincian aset yang dimiliki perusahaan meliputi informasi harga perolehan, tanggal pembelian dan tanggal pakai, biaya penyusutan dan metode depresiasi yang digunakan.

Contoh soal pembelian aset tetap dengan menggunakan wesel berbunga terjadi ketika PT Masraffi menyepakati pengadaan tanah dan bangunan senilai Rp 49.000.000. PT Masraffi memberikan uang muka sebesar 40% dan sisanya diterbitkan wesel bayar dengan bunga 8% per tahun. Bagaimana jurnal pembelian dan pencatatan bunga wesel tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2023Tanah dan Bangunan Rp 49.000.000
PPN Masukan Rp 5.390.000
Kas Rp 24.990.000
Wesel Bayar Rp 29.400.000
(Pencatatan Pembelian Tanah dan Bangunan)
27/05/2024Wesel Bayar Rp 29.400.000
Biaya Bunga Wesel Rp 1.960.000
Kas Rp 31.360.000
(Pencatatan pembayaran wesel bayar)

Baca Juga: Perbedaan Harga Beli dan Harga Perolehan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Perolehan Aktiva Tetap

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga perolehan aktiva tetap merupakan informasi yang diperlukan perusahaan dalam rangka memperjuangkan perhitungan harga pokok produksi. Pemakaian mesin dan kendaraan akan menambah harga pokok produksi sebagai biaya bahan penolong atau biaya overhead pabrik.

Contoh soal pembelian aset tetap dengan menggunakan wesel berbunga sebaiknya dihindari agar entitas tetap dapat memperoleh laba maksimal dari penjualan barang dagang. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga perolehan aktiva tetap terdiri dari beberapa informasi sebagai berikut:

  1. Harga Beli
  2. Umur Manfaat
  3. Metode Penyusutan

Jika anda membeli tanah maka yang bukan komponen harga perolehan adalah biaya perpajakan yang muncul seperti bphtb dan ppn masukan. Perbedaan harga beli dan harga perolehan terletak pada perhitungan total kekayaan perusahaan yang diatribusikan sesuai komponen di laporan posisi keuangannya.

Baca Juga: Karakteristik dan Contoh Aktiva Tetap di Perusahaan Manufaktur

Demikian contoh soal pembelian aktiva tetap dengan menggunakan wesel berbunga dan wesel tanpa bunga. Setiap perusahaan berhak mengadakan perjanjian kerjasama dengan melibatkan aktivitas bisnis untuk mempertimbangkan perhitungan anggaran akun di neraca saldo dan laporan laba rugi komprehensif.

0 Response to "Contoh Soal Pembelian Aset Tetap dengan Menggunakan Wesel Berbunga"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel