Contoh Soal Harga Perolehan Tanah dan Bangunan Secara Tunai

Konten [Tampil]

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan secara tunai dan kredit berpengaruh terhadap komponen aktiva lancar perusahaan. Aktiva lancar adalah segala bentuk metode pembayaran yang diperuntukkan agar dapat menyelenggarakan kegiatan bisnis dalam waktu singkat sesuai perkembangan yang dilakukannya.

Cara menentukan biaya perolehan aktiva tetap dalam satu paket dapat terjadi saat pembelian tanah dan bangunan. Pembangunan sendiri aset tetap akan terutang pajak pertambahan nilai yang wajib disetorkan ke kas negara bersamaan dengan penyetoran pemungutan pajak saat terjadi penjualan barang dan jasa.

Cara menghitung harga perolehan mesin dan peralatan kantor beserta jurnalnya harus disesuaikan standar akuntansi keuangan. Cara mendapatkan aktiva tetap dapat dilakukan dengan cuma-cuma seperti hibah atau pertukaran aset tetap sejenis, melaksanakan leasing dengan lembaga keuangan bahkan meminta modal tambahan.

Contoh Soal Harga Perolehan Tanah dan Bangunan Secara Tunai

Contoh Soal Harga Perolehan Tanah dan Bangunan Secara Tunai dan Kredit

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan secara tunai dan kredit akan diperlakukan untuk menyesuaikan perkembangan bisnis perusahaan. Penentuan biaya perolehan berbagai aset dengan cara hibah perlu meminta surat rekomendasi dari kantor pelayanan pajak setempat untuk menghindari pemeriksaan.

Contoh soal pembelian aktiva tetap dalam satu paket mengindikasikan perusahaan telah menyerahkan sejumlah dana ke pihak ketiga. Perjanjian pembelian aset tetap harus tertulis untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari saat setelah penyelesaian pembayaran tanah dan bangunan secara kredit.

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan secara kredit dan tunai harus diaplikasikan berdasarkan kemampuan perusahaan selama satu periode. Sebutkan 5 cara pemilikan aset tetap harus disesuaikan kondisi keuangan perusahaan saat terjadi penjualan atau perolehan aset sesuai periodenya.

Cara Memperoleh Aktiva Tetap

  1. Pembelian tunai dan kredit dalam satu paket
  2. Leasing dengan lembaga keuangan
  3. Hibah atau pemberian cuma-cuma
  4. Ditukarkan dengan aktiva milik perusahaan
  5. Dibangun sendiri

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Cara Menghitung Biaya Perolehan Tanah dan Bangunan dalam Satu Paket

Cara menghitung biaya perolehan tanah dan bangunan dalam satu paket merupakan prosedur alokasi untuk mendapatkan potongan harga. Diskon atau potongan harga harus dicantumkan pada faktur penjualan terutama faktur pajak untuk mengurangi setiap pemotongan tagihan sesuai yang ditentukannya.

Bagaimana pencatatan aset tetap yang didapat dari pembelian secara tunai adalah dilaksanakan dengan mempergunakan kas sebagai metode pembayaran. Kas adalah aktiva lancar yang diperuntukkan sebagai metode pembayaran jangka pendek dan menjadi jantung dari perusahaan ketika melaksanakan transaksi pembelian.

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan secara tunai terjadi saat PT Masraffi mendapatkan penawaran harga untuk pembelian secara paket senilai Rp 56.000.000. Apabila pembelian dilakukan secara satuan akan dikenakan biaya pembelian tanah senilai Rp 39.000.000 dan bangunan senilai Rp 34.000.000. Bagaimana cara menghitung harga perolehan masing-masing aset tetap?

Nama Barang Harga Satuan Persentase Harga Paket
Tanah Rp 39.000.000 53% Rp 29.917.808
Bangunan Rp 34.000.000 47% Rp 26.082.192

Baca Juga: Contoh Soal Penilaian Persediaan Metode Periodik dan Perpetual

Jurnal Pembelian Tanah dan Bangunan dalam Satu Paket

Jurnal pembelian tanah dan bangunan dalam satu paket dapat menjadi tujuan bagi entitas ketika menyelenggarakan kegiatan bisnis. Perusahaan dagang dan perusahaan jasa diwajibkan melaporkan setiap pemungutan pajak dari transaksi pembelian atau penjualan saat telah menjadi objek pph atau ppn.

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan secara tunai harus diimbangi dengan kemampuan perusahaan saat melaksanakan pembayaran tagihan. Cara menentukan biaya penyusutan aset dilakukan dengan menggunakan dasar pengenaan pajak sesuai periode yang telah dilaporkan selama tahun fiskal.

Jurnal pembelian tanah dan bangunan dalam satu paket sebaiknya menghindari adanya ketidaksesuaian antara kondisi keuangan dengan perpajakannya. Pembelian tanah memerlukan kas atau hutang dagang untuk membantu aktivitas operasionalnya dikemudian hari jika terjadi kesulitan keuangan saat terjadi pembayaran.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/05/2023 Tanah Rp 29.917.808
Bangunan Rp 26.082.192
PPN Masukan Rp 6.160.000
Kas Rp 62.160.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Demikian contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan secara tunai dalam pembelian lump-sum atau satu paket. Perusahaan dapat memperoleh aset dengan cara membangun sendiri atau diberikan secara cuma-cuma dari pihak ketiga untuk membantu meningkatkan perekonomian saat perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Harga Perolehan Tanah dan Bangunan Secara Tunai"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel