Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek Provisi dan Kontinjensi Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal liabilitas jangka pendek, provisi dan kontinjensi beserta jurnal pencatatannya merupakan prosedur dalam rangka mengelola total hutang dagang dan kewajiban yang perlu dibayarkan kepada pihak ketiga. Perusahaan jasa dan dagang harus terlibat dalam transaksi hutang piutang saat terjadi penjualan kredit.

Cara menghitung liabilitas jangka pendek dapat diberlakukan menyesuaikan aturan termin pembayaran perusahaan. Makalah liabilitas jangka pendek, provisi dan kontinjensi harus diatur dalam catatan atas laporan posisi keuangan untuk meminimalisir kemungkinan kerugian saat pelaporan neraca saldo perusahaan.

Contoh soal liabilitas jangka pendek, provisi dan kontinjensi tidak perlu diakui pada neraca saldo disebabkan mungkin mengandung penghasilan yang tidak pernah terealisasi. Mengapa pendapatan diterima dimuka diakui sebagai hutang dagang sebab entitas belum menyerahkan pesanan pelanggan.

Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek Provisi dan Kontinjensi Beserta Jawabannya

Apa itu Liabilitas Jangka Pendek dan Provisi

Pengertian liabilitas jangka pendek adalah pemakaian sumber daya pihak ketiga dimasa lampau yang mengakibatkan berkurangnya aset atau total aktiva perusahaan dikemudian harinya. Hutang dagang adalah komponen laporan keuangan yang diatribusikan berdasarkan kemampuan pembayaran sesuai nilai invoicenya/

Apa yang dimaksud dengan liabilitas jangka pendek? Pengertian hutang dagang adalah pemberian barang dagang dan jasa milik pihak ketiga yang mengakibatkan perpindahan hak milik dan hak manfaat serta harus dilunasi pada masa yang akan datang. Hutang diakui sebagai komponen neraca saldo selama satu periodenya.

Contoh soal liabilitas jangka pendek provisi dan kontinjensi merupakan komponen neraca saldo tentang setiap pendapatan perusahaan. Bagaimana cara menghitung hutang dagang? perhitungan hutang dagang dilaksanakan dengan menggunakan nilai tagihan yang dapat diukur dengan handak.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai CIF (Cost Insurance and Freight)

Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay Liabilitas Jangka Pendek

Contoh soal pilihan ganda dan essay liabilitas jangka pendek perlu diatribusikan sesuai standar akuntansi keuangan. Pengertian provisi adalah kewajiban perusahaan atas penyerahan barang dan jasa kepada pihak ketiga yang tidak dapat diukur dengan handal seperti biaya pemberian garansi produk.

Contoh soal hutang jangka pendek berkaitan dengan pemberian termin pembayaran. Term of payment adalah jangka waktu pembayaran tagihan yang disesuaikan kondisi perusahaan dengan cara negosiasi harga. Mengapa kewajiban kontinjensi tidak diakui dalam laporan keuangan sebab tidak dapat diukur dengan handak.

Contoh soal liabilitas jangka pendek terjadi ketika PT Masraffi mengadakan pembelian barang senilai Rp 7.000.000 dengan term of payment 2/10, n/30. Bagaimana cara menghitung hutang dagang, pembuatan jurnal pengiriman barang, penerbitan invoice hutang dan pembayaran hutang sesuai terminnya?

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 23 atas Jasa Manajemen

Jurnal Pencatatan Liabilitas Jangka Pendek

Jurnal pencatatan liabilitas jangka pendek dapat dibuat saat perusahaan mampu memperhitungkan dengan jelas setiap pengeluaran kas. Syarat apakah yang harus dipenuhi agar suatu utang dapat dikelompokkan dalam utang yang sudah pasti adalah adanya satuan moneter yang diperhitungkannya.

Jurnal Penerimaan Barang Pesanan

Jurnal penerimaan barang pesanan dibuat saat perusahaan mendapatkan barang berdasarkan surat pesanan yang dikeluarkannya. Purchase order menjadi dasar bagi entitas dalam memperhitungkan total hutang yang harus dibayarkan berdasarkan nilai invoice jatuh tempo. Adapun jurnal pencatatan saat invoice diterbitkan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
07/08/2023Persediaan Barang Rp 7.000.000
PPN Masukan Rp 770.000
Hutang Dagang Rp 7.770.000

Jurnal Pembayaran Hutang Dagang

Jurnal pembayaran hutang dagang dapat dibuat dengan menyesuaikan termin pembayaran. Pemberian diskon atau potongan harga diperlukan agar konsumen segera membayarkan barang hasil perjanjian penjualan kredit. Hutang diakui pada neraca saldo sesuai nilai yang diatribusikannya oleh supplier.

TanggalKeterangan Debit Kredit
16/08/2023Hutang Dagang Rp 7.770.000
Potongan Pembelian Rp 140.000
PPN Masukan Rp 15.400
Kas Rp 7.614.600

Baca Juga: Contoh Soal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Demikian contoh soal liabilitas jangka pendek provisi dan kontinjensi beserta jawabannya dalam prosedur siklus penjualan kredit. Dasar akrual menjadi pertimbangan bagi perusahaan ketika menentukan adanya keterlibatan kas dan setara kas sebagai sumber daya keuangan selama satu periode.

0 Response to "Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek Provisi dan Kontinjensi Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel