Contoh Soal Pemeriksaan Rekening Koran dan Kertas Kerja Audit

Konten [Tampil]

Contoh soal pemeriksaan rekening koran dan kertas kerja audit merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka memperjelas peluang bisnis tentang keterkaitan data informasi kas dan setara kas. Cara melakukan koreksi kesalahan yang tidak berulang pada periode berjalan adalah memaksimalkan kondisi perpajakannya.

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu adalah kegiatan perusahaan melaksanakan pemeriksaan antara catatan keuangan dengan catatan rekening giro perusahaan. Hal apa yang harus dihindari saat melakukan rekonsiliasi bank agar terhindar dari kesalahan adalah ketepatan pemilihan bukti transaksi keuangan.

Apa saja yang menyebabkan perbedaan rekening di bank dengan catatan perusahaan adalah bedanya waktu pencatatan transaksi. Jurnal penyesuaian atas transaksi rekonsiliasi bank hanya dibuat pada catatan perusahaan seperti pembebanan biaya administrasi dan pemberian jasa giro yang dimiliki perusahaan tersebut.

Contoh Soal Pemeriksaan Rekening Koran dan Kertas Kerja Audit

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Rahayu dan Jawabannya

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jawabannya merupakan aktivitas perusahaan menciptakan aliran kas dan setara kas untuk menjalankan kegiatan pembayaran. Bank merupakan lembaga keuangan untuk mempermudah transaksi pembelian dan pembayaran tagihan secara online tanpa harus bertemu langsung.

Contoh soal rekonsiliasi bank dan jurnal penyesuaian dilaksanakan untuk menyakinkan para pemegang saham berkaitan dengan proses pembayaran dan penerimaan kas. Bank dan lembaga keuangan berfungsi memberikan pinjaman jangka pendek dan jangka panjang untuk keberlangsungan kegiatan operasional entitas.

Contoh kasus pemeriksaan rekening koran dan kertas kerja audit terjadi ketika PT Masraffi mengadakan pemeriksaan giro dimana ditemukan cek kosong dari pelanggan sebesar Rp 84.400.000. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat atas transaksi keuangan tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Mandiri Bank Rp 84.400.000
Account Payable Rp 84.400.000

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Akad Salam Perbankan Syariah dalam Kehidupan Sehari-hari

Penyebab Terjadinya Perbedaan Saldo Rekening Bank dan Catatan Perusahaan

Penyebab terjadinya perbedaan saldo rekening bank dan catatan perusahaan merupakan dasar yang dikerjakan perusahaan sebagai upaya mempublikasikan laporan keuangannya. Bagaimana pengaruh adanya cek kosong dalam rekonsiliasi bank adalah bertambahnya hutang dagang yang tidak dapat dilunasi.

Apa saja kesalahan yang sering terjadi dalam proses rekonsiliasi bank adalah keterlambatan proses pencatatan yang dikarenakan tertundanya informasi pada rekening koran perusahaan. Ketidaksesuaian antara saldo rekening giro dengan cek dan bilyet yang dikeluarkan berakibat pada penurunan performa perusahaan.

Penyebab terjadinya perbedaan saldo rekening bank dan catatan perusahaan adalah perbedaan waktu pencatatan bukti transaksi. Bank sebagai lembaga keuangan memiliki hak untuk melakukan pemotongan biaya jasa layanan seperti transfer bank, proses kliring dan produk investasi sejenis yang dimilikinya.

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Hal Apa yang Harus Dihindari Saat Melakukan Rekonsiliasi Bank

Hal apa yang harus dihindari saat melakukan rekonsiliasi bank adalah seluruh aktivitas perusahaan yang memprioritaskan pada pencatatan rekening giro dan pemakaian cek tertentu. Bagaimana pengaruh cek kosong dalam rekonsiliasi bank adalah ketidakpastian tentang pendapatan yang diperdagangkan perusahaan.

Hal apa yang harus dihindari saat melakukan rekonsiliasi bank adalah pencatatan atas seluruh pencapaian yang dimiliki perusahaan setiap periodenya. Mengapa terjadi selisih saldo kas dan saldo bank sebab entitas menggunakan layanan perbankan untuk menjalankan aktivitas bisnis seperti transfer.

Apa kesalahan yang sering terjadi dalam proses rekonsiliasi bank adalah tidak memakainya informasi rekening koran sebagai dasar pencatatan pemakaian kas perusahaan. Cara mencocokkan saldo rekening giro dengan buku besar kas perusahaan adalah mempergunakan catatan perbankan yang terbaru setiap harinya.

Baca Juga: Prosedur Rekonsiliasi Bank yang Benar

Demikian contoh soal pemeriksaan rekening koran dan kertas kerja audit pemeriksaan kas dan setara kas dalam materi praktikum pengauditan berbasis komputer. Perusahaan dagang dan jasa diperkenankan menggunakan layanan perbankan untuk mengevaluasi aktivitas bisnis selama berjalannya transaksi jual beli.

0 Response to "Contoh Soal Pemeriksaan Rekening Koran dan Kertas Kerja Audit"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel