Contoh Soal Essay Dana Kas Kecil dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal essay dana kas kecil dan jawabannya merupakan materi akuntansi keuangan menengah yang harus diketahui agar laporan posisi keuangan dapat dibentuk sesuai standar yang ditetapkan. Kas kecil adalah alat pembayaran yang diperuntukkan bagi lawan transaksi dengan pembayaran secara tunai tanpa perantara perbankan.

Apa yang menyebabkan terjadinya selisih kas pada pembukuan perusahaan dikarenakan entitas tidak memahami sepenuhnya perihal sistem pengendalian internal. Kas adalah akun di laporan keuangan yang memiliki risiko kecurangan paling besar terutama bagian pembayaran dan otorisasi adanya kas keluar.

Apakah penting bagi perusahaan menyiapkan dana kas kecil? apa tujuan pembentukan dana kas kecil? pertanyaan pilihan ganda dan soal essay kas dan bank menjadi pembahasan terutama bagi entitas umkm yang baru menjalankan usaha bersama dengan partner atau sekutu bisnis untuk mendatangkan keuntungannya.

Contoh Soal Essay Dana Kas Kecil dan Jawabannya

Hal Apa Saja yang Menjadi Penyebab Selisih Kas Kecil

Hal apa saja yang menjadi penyebab selisih kas kecil harus dipelajari terutama bagi calon karyawan ketika mau melaksanakan interview staff finance. Kas kecil menjadi bagian dari aset perusahaan yang harus dijaga agar dapat dimaksimalkan sesuai peruntukkannya agar dapat membantu mengendalikan pengeluaran perusahaan.

Apa yang harus dilakukan jika dari hasil kas opname ternyata jumlah dana kas kecil berbeda dengan saldo menurut pembukuan adalah entitas wajib menyelenggarakan internal control atau standar operasional prosedur. Mengapa suatu perusahaan selalu membentuk dana kas kecil sebab untuk membantu pembayaran tagihan secara tunai.

Contoh soal essay dana kas kecil dan jawabannya harus diberlakukan menyesuaikan kebijakan keuangannya. Apa yang akan terjadi jika pengelolaan yang tidak memadai atau cenderung buruk dalam kas kecil adalah penyelewenagan pembayaran tagihan untuk transaksi fiktif atau transaksi yang tidak sebenarnya terjadi.

Baca Juga: Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli

Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay Kas Kecil Metode Imprest

Contoh soal pilihan ganda dan essay kas kecil metode imprest ditujukan bagi calon karyawan untuk membantu kegiatan perusahaan. Analisis laporan keuangan harus dimaksimalkan untuk tujuan pengendalian pemakaian dana yang tidak sesuai peruntukkannya dan mengakibatkkan keterlambatan pembayaran tagihan.

Contoh soal essay dana kas kecil dan jawabannya perlu diselenggarakan secara wajar untuk menghindari kerugian bisnis. Apakah setiap perusahaan wajib menggunakan kas kecil? tentu dapat disesuaikan dengan kebiasaan dimana apabila pembayaran kecil dapat dilakukan melalui transfer bank.

Contoh soal selisih kas kecil dalam pembukuan terjadi saat PT Masraffi menetapkan saldo kas kecil di brankas kantor pusat sebesar Rp 24.000.000. Selama satu periode, PT Masraffi telah mengeluarkan biaya diantaranya pembelian materi Rp 900.000, peralatan kantor Rp 9.000.000 dan parkir mobil Rp 100.000. Bagaimana jurnal pencatatan pemakaian kas kecil tersebut?

Baca Juga: Metode Imprest VS Metode Fluktuasi

Contoh Jurnal Kas Kecil Metode Imprest dalam Pembukuan Perusahaan

Contoh jurnal kas kecil metode imprest dalam pembukuan perusahaan terdiri dari jurnal pembentukan dana kas kecil, jurnal pengisian kembali kas kecil dan jurnal menambah saldo kas kecil agar dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Adapun karakteristik kas kecil dan langkah-langkah membuat jurnal sebagai berikut:

Jurnal Pembentukan Dana Kas Kecil

Jurnal pembentukan dana kas kecil adalah pencatatan yang diselenggarakan untuk mencairkan cek atau bilyet giro agar dapat membantu kegiatan pembelian secara tunai perusahaan. Setiap perusahaan memiliki kebijakan pembayaran tagihan sesuai masa jatuh tempo yang diselenggarakannya selama satu tahun.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 14.000.000
Mandiri Bank Rp 14.000.000

Jurnal Pengisian Kembali Dana Kas Kecil

Jurnal pengisian kembali dana kas kecil diperuntukkan bagi seseorang yang menjalankan aktivitas bisnis. Pengisian dana kas kecil dapat menggunakan metode imprest dan metode fluktuatif. Metode imprest dianjurkan untuk mengurangi adanya ketidaksesuaian pemakaian dana yang berakibat pada kerugian perusahaan

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Park Expance Rp 100.000
Buy Equipment Rp 9.000.000
Stamp Expance Rp 900.000
Mandiri Bank Rp 10.000.000

Jurnal Menambah Saldo Kas Kecil di Brankas

Contoh soal essay dana kas kecil dan jawabannya tidak terlepas dengan adanya penambahan kas kecil untuk membantu kegiatan perusahaan. Ciri-ciri kas kecil adalah entitas hanya menggunakannya untuk pembayaran tagihan sesuai tujuan pembentukan perusahaan untuk menghindari risiko bisnis yang timbul

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 46.000.000
Mandiri Bank Rp 46.000.000

Baca Juga: Karakteristik Kas Kecil

Demikian contoh soal essay dana kas kecil dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap perkembangan perusahaan harus diimbangi dengan pendapatan dan pengeluaran agar dapat mendukung setiap aktivitas bisnis sehingga para pemegang saham menambah kekayaannya.

0 Response to "Contoh Soal Essay Dana Kas Kecil dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel