Contoh Soal Pilihan Ganda Selisih Kas Kecil Metode Fluktuatif

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda selisih kas kecil metode fluktuatif dan metode imprest merupakan langkah yang digunakan perusahaan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai prosedur yang dilakukannya. Pengertian kas menurut para ahli adalah alat pembayaran yang paling likuid untuk sebagian besar tagihan perusahaan.

Contoh soal selisih kas kecil menurut perhitungan fisik dan catatan perusahaan bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat dimaksimalkan untuk pemungutan pajak. Pendapatan dan pengeluaran adalah aktivitas rutin yang harus dikerjakan guna memaksimalkan prosedur pemakaian dana di laporan posisi keuangannya.

Pertanyaan akuntansi kas dan bank merupakan bagian dari pekerjaan di perusahaan. Perbedaan staff akuntansi dan staff finance terletak pada proses pencatatan bukti transaksi. Staff finance berkaitan dengan prosedur pembayaran tagihan atas invoice yang telah jatuh tempo dari masing-masing supplier atau pemasok perusahaan.

Contoh Soal Pilihan Ganda Selisih Kas Kecil Metode Fluktuatif

Contoh Soal Selisih Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal selisih kas kecil dan jawabannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka menciptakan aliran pendapatan dan pengeluaran. Pemakaian dana kas kecil harus dioptimalkan untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan pemegang sahamnya.

Contoh soal pilihan ganda selisih kas kecil metode fluktuatif dan metode imprest ditujukan bagi departemen kasir. Pengertian kasir adalah tenaga kerja yang diperuntukkan mengatasi permintaan pembayaran dan penerimaan kas dari berbagai departemen di perusahaan untuk kegiatan operasionalnya.

Contoh soal selisih kas kecil dan jawabannya terjadi ketika PT Masraffi menjalankan kegiatan pemeriksaan kas di brankas. Adapun hasil pemeriksaan kas terdapat uang senilai Rp 90.000.000. Berdasarkan catatan di sistem informasi akuntansi bahkan saldo kas kecil sebesar Rp 90.450.000. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 500.000
Other revenue Rp 500.000

Baca Juga: Pertanyaan Diskusi Tentang Akuntansi Kas dan Bank

Contoh Soal Pilihan Ganda Kas Bank dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda kas bank dan jawabannya berkaitan dengan bukti transaksi yang didapatkan oleh kasir. Setiap bukti transaksi dapat dilakukan klaim atau reimbursement karyawan agar membantu operasional perusahaan untuk menciptakan aliran penghasilan kena pajak dan pajak pertambahan nilainya.

Contoh soal pilihan ganda selisih kas kecil metode fluktuatif dan metode imprest ditujuan bagi para pemegang saham untuk yakin melakukan pengisian kembali brankas kas. Apa yang terjadi jika pengelolaan yang tidak memadai atau cenderung buruk dalam kas kecil adalah penyelewengan pemakaian kas.

Apa penyebab terjadinya selisih kas pada waktu perhitungan fisik uang tunai di brankas adalah ketidaksesuaian atau keterlambatan pencatatan atas bukti transaksi yang dibuat perusahaan. Entitas diharapkan mampu menciptakan internal control yang mampu mengantisipasi tindakan penyelewenagan dana.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang di Perusahaan Jasa

Apa Saja Kegunaan Dana Kas Kecil di Perusahaan

Apa saja kegunaan dana kas kecil di perusahaan adalah membantu pengeluaran perusahaan yang tidak dapat menggunakan cek dan bilyet giro sebagai metode pembayarannya. Biaya administrasi perbankan akan berkurang ketika entitas mempergunakan kas kecil untuk biaya operasional perusahaan di tahun berjalan.

Apa yang menyebabkan terjadinya selisih dana kas kecil adalah ketidakmampuan perusahaan mengalokasikan setiap pengeluaran pada waktu bersamaan. Perlakuan selisih kas kecil di laporan keuangan dapat menambah harga pokok produksi atau menambah pendapatan lain-lain saat terjadi perbedaan.

Ciri-ciri perusahaan yang menerapkan metode imprest dalam mengelola dana kas kecil adalah setiap bukti transaksi digunakan kembali untuk pengisian saldo kas kecil. Akun selisih kas diperuntukkan menampung sementara terjadinya perbedaan pencatatan antara saldo kas kecil di akuntansi dan dibagian kasir.

Baca Juga: Manakah yang lebih Baik Antara Metode Imprest dan Metode Fluktuatif

Demikian contoh soal pilihan ganda selisih kas kecil metode fluktuatif dan metode imprest dalam pengelolaan dana kas kecil di perusahaan dagang dan jasa. Setiap perusahaan berhak mengadakan pembukuan sesuai standar operasional prosedur untuk memberitahu pemakaian dana yang sesuai keadaannya.

0 Response to "Contoh Soal Pilihan Ganda Selisih Kas Kecil Metode Fluktuatif"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel