Contoh Soal Selisih Kas Kecil Metode Imprest dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal selisih kas kecil dan jawabannya merupakan bagian dari prosedur perusahaan mencatat setiap pengeluaran dan pendapatan selama tahun berjalan. Jika terjadi selisih kas kecil lebih maka pengakuannya sebagai pendapatan lain-lain yang membantu memberikan tambahan manfaat operasional bagi entitas.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan metode fluktuatif beserta jawabannya menjadi awal dari kegiatan pencatatan sistem informasi akuntansi. Saldo fisik kas kecil lebih besar daripada saldo kas kecil dalam catatan sehingga entitas harus membuat jurnal penyesuaian agar dapat sesuai keadaan yang sebenarnya.

Apa yang harus dilakukan perusahaan apabila selisih kas tidak diketahui sama sekali perlu dilakukan pemeriksaan. Cash opname adalah kegiatan kantor akuntan publik membuktikan ketepatan saldo di laporan keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis yang memungkinkan pembayaran tagihan jatuh temponya.

Contoh Soal Selisih Kas Kecil Metode Imprest dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Selisih Kas dan Bagaimana Akuntansinya

Pengertian selisih kas menurut para ahli adalah ketidaksesuaian saldo kas kecil dalam catatan buku besar dan brankas yang berakibat pada kesalahan pengambilan keputusan. Kas kecil harus dilakukan pemeliharaan untuk menghindari pemakaian dana yang tidak sesuai peruntukkan selama operasional berlangsung.

Apa yang dimaksud selisih kas dan bagaimana akuntansinya? Pengertian selisih kas adalah akun yang digunakan menampung sementara saldo kas yang tidak sesuai untuk dicaritahu penyebabnya. Jika terjadi selisih kas kecil lebih daripada kas dalam catatan maka perusahaan berhak mengadakan prosedur rekonsiliasi.

Contoh soal selisih kas kecil metode imprest dan jawabannya dapat diberlakukan menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Apa yang harus dilakukan oleh pemegang kas kecil untuk mengisi kembali kas kecil adalah bukti transaksi yang didapatkan selama mengeluarkan uang tunai untuk kegiatan administrasi perusahaan.

Baca Juga: Karakteristik Kas Kecil di Laporan Keuangan

Apa Penyebab Terjadinya Selisih Kas Kecil di Perusahaan

Contoh soal selisih kas kecil metode impret dan fluktuatif diberikan sebagai upaya perusahaan menciptakan aliran pendapatan. Pendapatan adalah kegiatan administrasi perusahaan dalam rangka mencapai informasi perpajakan guna mengakuisisi informasi keuangan berdasarkan kesehariannya.

Kesalahan Jurnal Umum

Penyebab terjadinya selisih kas yang pertama adalah akuntan perusahaan salah membuat jurnal umum untuk pemakaian kas atau penerimaan kas. Kas kecil adalah akun yang dipergunakan mencatat aktivitas pembiayaan perusahaan yang tidak dapat dilakukan menggunakan cek atau bilyet giro.

Kesalahan Perhitungan Transaksi

Kesalahan perhitungan transaksi kas kecil berakibat pada ketidaksesuaian proses pembayaran tagihan. Sistem pengendalian internal kas kecil harus dilaksanakan berdasarkan kondisi keuangan yang berlaku menyesuaikan aktivitas bisnisnya. Entitas diharapkan mampu mengerjakan informasi sesuai kondisi keuangannya.

Baca Juga: Contoh Soal Ijarah dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Soal Perhitungan Selisih Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal selisih kas kecil metode imprest dan jawabannya menjadi pilihan bagi entitas dalam rangka menyelenggarakan kegiatan bisnis. Jika kas kecil yang diambil dari rekening bank terlalu banyak menandakan perusahaan kurang efektif dalam mengalokasikan kegiatan pembayaran tagihannya.

Mengapa perusahaan harus memiliki kas dalam jumlah cukup untuk membiayai kebutuhan operasional dikarenakan kas kecil menjadi cadangan bagi kegiatan pembiayaan yang tidak menyertakan aliran kas. Cara mengelola kas yang baik di perusahaan dagang dan jasa adalah mengendalian informasi perpajakannya.

Contoh soal selisih kas kecil metode imprest terjadi ketika PT Masraffi mengadakan cash opname yang menunjukkan saldo sebesar Rp 8.000.000. Berdasarkan catatan buku besar, saldo kas kecil terakhir adalah Rp 7.800.000. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaikan kas kecil yang tidak sesuai pencatatannya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 200.000
Other revenue Rp 200.000

Baca Juga: Perbedaan Metode Imprest dan Fluktuatif

Demikian contoh soal selisih kas kecil dan jawabannya dalam sistem informasi keuangan perusahaan dagang dan jasa. Akuntansi keuangan menengah adalah materi tentang informasi perpajakan yang harus disertai adanya kondisi keuangan yang sejalan untuk menyesuaikan aliran kas perusahaan tahun berjalan.

0 Response to "Contoh Soal Selisih Kas Kecil Metode Imprest dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel