Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berperan sebagai informasi awal tentang kondisi keuangan yang didapatkan perusahaan agar dapat meramalkan keuangan dimasa depan. Setiap layanan perpajakan hendaknya dialokasikan berdasarkan kemampuan teknis dan peraturan berlaku.

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang dan metode penghapusan piutang langsung akan mengakibatkan keseluruhan perusahaan mendapatkan kas dan setara kas. Setiap entitas diharapkan mampu mengakuisisi informasi keuangan agar dapat memprediksi kelancaran pembayarannya.

Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih adalah mempertimbangkan adanya kondisi keuangan yang berlaku. Cara menghadapi risiko pelanggan yang tidak mampu membayarkan tagihan adalah mempertimbangkan kebijakan penjualan kredit dengan memberikan kebebasan pengiriman barang tidak laku.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Faktor yang Mempengaruhi Adanya Piutang Tak Tertagih

Faktor yang mempengaruhi adanya piutang tak tertagih diperlukan sebagai dasar pengambilan keputusan taktis bagi pelanggan. Ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan berakibat pada kondisi keuangan perusahaan yang tidak mampu membayarkan bahan baku dan pemakaian jasa dari para suppliernya.

Penjualan Kredit

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berakibat pada tertundanya proses pembayaran tagihan kepada supplier. Penjualan kredit menjadi faktor utama munculnya piutang. Piutang hanya dapat diakui saat entitas telah menyerahkan sejumlah barang dan jasa kena pajak selama operasionalnya.

Termin Pembayaran

Pengertian termin pembayaran adalah jangka waktu yang diperkenankan oleh penjual agar pelanggan mampu menyediakan kas dan setara kas sesuai tagihan. Setiap pelaksanaan kegiatan administrasi hendaknya melaksanakan pembayaran sesuai term of payment yang telah disepakati untuk memperlancar proses produksi.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dalam Perbankan Syariah

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang harus dipublikasikan sesuai kebutuhan perusahaan selama operasionalnya berlangsung. Perusahaan jasa dan dagang harap mengaplikasikan informasi perpajakannya menyesuaikan pertimbangan yang telah diserahkan kepada pelanggan.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung dapat ditujukan bagi entitas untuk mengembangkan aplikasi akuntansi. Ketentuan umum perpajakan mengenai cadangan kerugian piutang harus diterapkan untuk menghindari sanksi dan denda administrasi perpajakan yang dikenakannya.

Metode yang digunakan untuk mencatat kerugian piutang tak tertagih baik menurut akuntansi dan pajak didasarkan pada kebijakan akuntansinya. PT Masraffi telah menerima beberapa surat pesanan dan mengirimkannya kepada para pelanggannya, adapun laporan penjualan kredit sebagai berikut

TanggalNama PerusahaanTermin Total tagihan
01/07/2022PT Safelock Medicaln/30 Rp 8.945.000
26/08/2022PT Sumber Berkahn/30 Rp 14.925.000
15/10/2022CV Cyntia Boxn/30 Rp 9.458.200

Baca Juga: Cara Membuat Skedul Umur Piutang dan Perhitungannya

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berakibat pada tertundanya prosedur pembayaran tagihannya. Setiap perusahaan berhak menolak permintaan dari pelanggan untuk menyerahkan barang terlebih dahulu sebelum pembayaran kas dan setara kas tertentu.

Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih dapat didasarkan pada perhitungan total penjualan kredit atau skedul umur piutang. Setiap perusahaan memiliki kebijakan akuntansi yang berbeda untuk mengevaluasi kemampuan pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo sesuai kebenarannya.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung diutamakan bagi perusahaan jasa dan perdagangan. Berdasarkan ketentuan umum perpajakan, biaya kerugian piutang tidak diperkenankan mengurangi penghasilan kena pajak. Adapun jurnal penyisihan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Beban Kerugian Piutang Rp 1.666.410
Cadangan Kerugian Piutang Rp 1.666.410

Baca Juga: Cara Posting ke Buku Besar

Demikian contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung dalam sistem pengolahan tagihan pelanggan. Piutang adalah tagihan yang dikenakan perusahaan kepada para pelanggannya akibat diserahkannya barang dan jasa sesuai surat pesanan berdasarkan karakteristik tertentu.

0 Response to "Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel